Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Posisi Tidur Ibu Hamil Menentukan Perkembangan Bayi Dalam Kandungan

65ttbyqe5p98.jpg

Mulai sekarang, tidak ada yang akan menyepelekan posisi tidur ibu hamil. Karena menurut ahli kesehatan kehamilan, tidur dengan posisi yang salah bisa berakibat buruk bagi perkembangan janin di dalam kandungan. Oleh sebab itu, setiap ibu hamil wajib tahu tentang bagaimana posisi tidur yang tepat.

Jika ibu sekarang sedang hamil, pasti ibu sudah banyak tahu mengenai nutrisi kehamilan. Ternyata, tidak hanya nutrisi saja yang berperan dalam mengoptimalkan perkembangan bayi di dalam kandungan. Ada hal lain yang juga tak kalah berpengaruh, termasuk olahraga dan juga posisi tidur ketika hamil.

Posisi Tidur Saat Hamil Muda
Saat ibu sedang hamil muda, tidak ada pantangan mengenai posisi tidur. Pasalnya, kondisi perut ibu belum membesar. Posisi tidur ibu masih bebas, entah itu miring, terlentang, dan bahkan tengkurap.

Hanya saja, posisi tidur tengkurap tidak begitu disarankan. Hal ini dikarenakan posisi tidur seperti ini bisa menekan rahim walaupun masih kecil. Dan jika rahim tertekan, dikhawatirkan hal tersebut berpengaruh terhadap perkembangan janin yang masih sangat rentan mengalami keguguran.

Ada baiknya ibu pada saat hamil muda lebih sering tidur miring. Apalagi jika ibu tidak terbiasa tidur posisi miring. Ini sebagai awal untuk membiasakan diri tidur miring. Saat kehamilan sudah menginjak usia trimester kedua dan bahkan ketiga, posisi tidur saat hamil yang paling baik adalah miring, entah itu ke kiri atau ke kanan. Jadi, saat kehamilan muda, ibu bisa membiasakan dulu melakukan posisi tidur miring.

Posisi Tidur Miring Saat Hamil
Kondisi perut sudah terlihat membesar saat usia kehamilan mencapai trimester kedua. Namun, ada juga ibu hamil yang kondisi perutnya masih kecil saat usia kehamilan itu. Ini tergantung pada postur tubuh ibu hamil serta berat badan janin yang ia kandung. Namun, secara umum, ukuran perut sudah membesar saat usia kandungan mencapai usia di atas 4 bulan.
Hal ini membuat ibu tidak bisa leluasa dalam bergerak. Bahkan, ketika tidur pun, ibu tidak bisa merasa bebas seperti sebelumnya. Dalam hal ini, para peneliti kesehatan ibu hamil menyarankan agar ibu tidur dengan posisi miring ke kiri. Ini lebih direkomendasikan daripada posisi tidur miring ke kanan.

Ibu ingin tahu alasannya?
Ada banyak sekali manfaat ketika posisi tidur miring ke kiri. Posisi tidur seperti ini tidak akan membahayakan janin di dalam kandungan. Tidak seperti posisi tidur tengkurap yang bisa menekan bayi yang ada di dalam rahim.

Lebih dari itu, posisi tidur miring saat hamil ternyata bisa memperlancar sirkulasi darah. Inilah yang paling penting. Bagaimana bayi bisa berkembangan dengan baik jika sirkulasi darah terganggu? Ini menjadi alasan utama mengapa posisi tidur saat hamil sangat menentukan bagaimana perkembangan bayi di dalam kandungan.

Menurut penelitian, saat ibu tidur miring ke kiri, jantung akan memompa darah lebih lancar, entah itu ke seluruh tubuh maupun menuju ke rahim. Dengan sirkulasi darah yang lancar, oksigen yang didapatkan oleh janin pun bagus. Begitu juga nutrisi dari makanan yang ibu konsumsi bisa disalurkan dan diserah oleh janin dengan baik.

Apakah ibu sering mengalami bengkak pada bagian kaki? Ada banyak sekali cara untuk mengatasi hal tersebut. Keluhan kehamilan yang satu ini biasanya dirasakan oleh ibu hamil tua. Salah satu solusinya ternyata adalah tidur posisi miring. Dokter kandungan mengatakan posisi tidur ibu hamil yang menyamping ke kiri bisa mengurangi pembengkakan pada bagian kaki. Hal ini disebabkan organ tubuh berupa ginjal bisa bekerja lebih optimal dalam hal membersihkan sisa-sisa makan serta cairan yang ada di dalam tubuh.

Keluhan kesehatan saat hamil yang berhubungan dengan sistem pencernaan juga bisa diatasi dengan posisi tidur seperti ini. Faktanya, posisi tidur miring ke kiri membuat abdomen lebih nyaman sehingga keluhan kesehatan yang berhubungan dengan sistem pencernaan bisa dicegah.
Jadi, ibu sekarang tahu kan mengapa posisi tidur terbaik saat hamil itu miring ke kiri? Meskipun demikian, bukan berarti ibu tidak boleh tidur dengan posisi ke kanan ya. Hal tersebut boleh saja. Hanya saja, usahakan agar ibu tidur miring ke kiri.

Hati-Hati Tidur Terlentang Saat Hamil
Sudah jelas sekali jika tidur posisi tengkurap saat hamil trimester kedua dan bahkan trimester ketiga tidak disarankan. Posisi tidur ini menekan bagian perut. Selain ibu tidak akan merasa nyaman, tidur posisi seperti ini pun berbahaya bagi perkembangan bayi di dalam rahim.

Sementara itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, posisi tidur yang sangat bagus untuk ibu hamil adalah miring ke kiri. Lalu, bagaimana dengan posisi tidur terlentang? Sepertinya, posisi tidur seperti ini tidak masalah. Perut tidak tertekan sehingga sepertinya aman-aman saja. Namun, para ahli kesehatan kandungan tidak menyarankan posisi tidur terlentang saat hamil. Alasannya, posisi seperti ini tidak akan membuat ibu merasa nyaman. Apalagi jika perut sudah sangat besar ketika usia kehamilan mencapai trimester ketiga.

Lebih dari itu, ternyata posisi tidur seperti ini membuat pernafasan ibu kurang bagus. Ibu akan sulit bernafas. Jika hal ini terjadi, tentu saja tidak bagus untuk perkembangan bayi di dalam kandungan, bukan?
Jadi, tetap saja yang paling bagus adalah posisi tidur miring ke kiri atau ke kanan. Memang saat ibu tidur ibu tidak bisa mengontrol gerakan tidur dan posisi tidur. Ibu bisa memberitahu suami ibu agar selalu memiringkan tubuh ibu ke kiri saat tidur. Ibu bisa jelaskan terlebih dahulu ke pada suami ibu mengapa posisi tidur ibu hamil yang baik itu miring ke kiri.

Kehamilan ada proses yang membuat jantung ibu yang hamil pertama kali sedikit berdebar-debar. Ibu bisa mencoba metode relaksasi selain tidur dengan posisi yang tepat.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!