Contact Us

Melakukan Senam Ibu Hamil 9 Bulan Supaya Persalinan Lebih Mudah

wmw3wxzej8ir.jpg

Masa kehamilan merupakan masa-masa yang menentukan untuk seorang perempuan,semua wanita ingin sekali bayi dalam kandungan sehat tanpa kekurangan sesuatu apapun. Pada ibu hamil sangat diperlukan tubuh yang sehat, bugar dan tidak gemuk, diusahakan dengan makan teratur, cukup istirahat dan olah tubuh sesuai takaran. Dengan tubuh bugar dan sehat, ibu hamil tetap bisa menjalankan tugas rutin sehari-hari, menurunkan stres akibat rasa cemas yang dihadapi menjelang persalinan. Jenis olah tubuh yang paling sesuai untuk ibu hamil yaitu senam ibu hamil 9 bulan, disesuaikan dengan banyaknya perubahan fisik seperti pada organ genital, perut kian membesar dan lain-lain.

Dengan mengikuti senam hamil secara teratur dn intensif, ibu hamil bisa menjaga kesehatan tubuh dan janin yang dikandung secara optimal. Senam hamil adalah adalah terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil, secara fisik atau mental, pada persalinan cepat, aman dan spontan. Sebelum memulai senam hamil, lakukan dulu gerakan pemanasan sehingga peredaran darah dalam tubuh akan meningkat dan oksigen yang diangkut ke otot-otot dan jaringan tubuh bertambah banyak, serta dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kejang atau luka karena telah disiapkan sebelumnya untuk melakukan gerakan yang lebih aktif.

Gerakan Olah Tubuh Ibu Hamil 9 Bulan Yang Dianjurkan

Berikut ini gerakan senam ibu hamil yang dapat Anda coba dirumah;
- Duduk bersila dengan posisi badan tegak, tangan tetap di depan, pikiran relax. Gerakan ini dapat dilakukan sesering mungkin, atau dapat dilakukan saat anda sedang duduk santai.
- Lakukan gerakan-gerakan berikut dengan posisi badan merangkak, posisi lutut dan telapak tangan sejajar dengan lantai. Setelah itu lakukan gerakan-gerakan seperti; menundukkan kepala sambil melihat perut dan pinggang diangkat, kemudian angkat kepala dan turunkan pinggang. Lakukan dengan aturan nafas yang baik, dengan itu otot-otot perut dan pinggul dapat melemas. Lakukan gerakan ini secara berurut dan teratur dan diulang selama 8 kali.
- Gerakan merangkak, posisi lutut tegak, kepala menyender ke lantai dengan posisi tangan terlentang. Gerakan ini dilakukan dengan kepala menoleh ke kanan juga ke kiri, lakukan beberapa menit atau menurut kemampuan ibu hamil.
- Duduk di atas matras, bantal duduk, sofa, atau kasur dengan posisi mengangkang badan condong ke belakang dengan bantuan tumpuan tangan yang menyangga lantai. Lakukan berbagai gerakan kaki, ke atas, ke bawah, ke samping kiri dan kanan. Lakukan gerakan senam tersebut berulang kali.
- Gerakan berikut dapat anda lakukan saat tidur. Seperti berbaring miring maupun berbaring terlentang dengan kaki diangkat, lutut dipegang oleh kedua tangan. Gerakan ini cukup santai, anda dapat melakukannya setiap malam saat ingin tidur.
- Gerakan lainnya yang dapat diprektekan di saat santai atau saat waktu senggang sambil duduk di kursi, atau sambil menonton televisi, ibu hamil dapat melakukan gerakan seperti mengangkat salah satu kaki lurus sejajar dengan kursi secara bergantian, saat salah satu kaki diangkat tahan beberapa menit dan lakukan itu berulang kali.

Manfaat Dari Senam Ibu Hamil 9 Bulan
Kehamilan adalah anugerah dalam perkawinan. Memasuki hamil 9 bulan tentunya menjadi sebuah kebahagiaan yang tak ternilai bagi Anda yang sedang menantikan kelahiran si kecil. Biasanya memasuki tahap akhir kehamilan banyak ibu hamil yang dilanda perasaan gelisah. Terlebih lagi bagi ibu hamil yang belum pernah melahirkan atau baru pertama kali mengahadapi persalinan. Perasaan cemas menghadapi persalinan bisa berdampak buruk terhadap kesehatan fisik dan psikis sehingga dikhawatirkan akan menghambat persalinan. Dalam hal ini ibu hamil harus pandai untuk mengelola stres dan menjaga kesehatan tubuh.

Dalam upaya untuk mempersiapkan diri menjelang persalinan, sebaiknya Anda melakukan aktivitas sehat seperti berolahraga atau senam khusus ibu hamil. Senam bermanfaat untuk membantu mempersiapkan otot-otot kewanitaan dan membuat Anda lebih rileks. Senam hamil ini memiliki banyak variasi dan bisa dilakukan sendiri di rumah ataupun dengan bantuan instruktur khusus senam. Intensitas senam pada waktu hamil 9 bulan sebaiknya dilakukan dengan benar dan jangan terlalu kelelahan.

Gerakan lain yang bisa dilakukan dalam posisi merangkak untuk melatih persalinan yaitu mletakkan kepala dan leher di lantai. Lakukan pengolahan nafas yaitu tarik nafas dengan keadaan mulut terbuka, kemudian tutup mulut dan disertai dorongan seperti halnya mengejan. Lakukan secara hati-hati supaya tidak membahayakan janin. Gerakan selanjutnya yaitu dengan duduk bersila dan posisi kedua tangan berada diatas paha. Posisi ini mirip dengan posisi yoga atau meditasi. Selama melakukan posisi tersebut, lakukan olah nafas secara perlahan. Tarik dan keluarkan nafas secara teratur. Gerakan ini berguna untuk melatih pernafasan untuk menghadapi persalinan.

Cara melakukan pose kupu-kupu snagat mudah yaitu dengan cara duduk dilantai, lalu pertemukan kedua telapk kaki didepan layaknya bertepuk tangan. Kemudian dorong lutut ke lantai dan lakukan gerakan ini secara teratur. Saat memasuki usia kehamilan 9 bulan, perbanyaklah gerakan ringan berupa jalan kaki. Jalan kaki santai yang dilakukan secara rutin akan memberikan dampak positif untuk kesehatan Anda dan juga janin didalam kandungan.

Manfaat gerakan senam ibu hamil 9 bulan memang cukup banyak. Salah
satunya yaitu untuk melatih pernafasan dan meregangkan otot panggul untuk mempersiapkan persalinan normal. Selain itu, Anda akan merasa lebih tenang dalam menjalani kehamilan 9 bulan sehingga lebih siap untuk mengahdapi proses persalinan. Bahkan manfaat yang lainnya yaitu untuk membuat posisi bayi lebih cepat masuk kedalam jalan lahir. Dengan begitu maka bayi akan terlahir dengan normal dan terhindar dari penyakit.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori