Contact Us
MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia

Cara Mudah Menghafal Al-Qur'an

Kebahagiaan paling besar adalah Menyukai dengan Mushaf Alquran, itulah perasaan yang diungkapkan Ustadz Deden Mukhyaruddin yang Allah Ta’ala izinkan kesuksesan menghafal 30 juz pada kurun hanya 56 hari.Hal ini terungkap dalam pengajian "Indahnya hidup dengan Menghafal dan memaknai Qur'an" bersama ust. Bachtiar Nashir di Masjid Al Falah, Jum’at 7/6/2015,

Tahapan mudah Menghafal Qur'an

1. Menghafal tidak Harus hafal

Allah menganugrahkan kemampuan menghafal dan mengingat yang berbeda-beda di tiap orang. Bahkan guru besar dalam ilmu qiroat, pembimbing dari Hafs -yang mana bacaan Umat islam mengacu riwayatnya ialah Imam Asim menghafal Alquran dalam masa 20 tahun.

Tuntutan menghafal kita tidaklah ‘penutup ayat’ tapi menggunakan cara apa kita menghabiskan waktu (lamanya) yang telah kita gunakan HANYA untuk menghafal Al-Qur'an.

2. Tidak Terburu-buru, dan Jangan dilalaikan Jika kita telah memutuskan durasi Menghafal, seperti dari jam 6 hingga jam 7 merupakan WAKTU subjektif untuk menghafal Al-Qur'an, sehingga berapapun ayat yang dapat kita hafal bukan jadi masalah.

Jangan buru-buru meneruskan ke ayat ke-2 jikalau ayat pertama tidaklah benar-benarkita hafal. Nikmati saja masa-masa itu. Masa dimana kita sedang bersama dengan Allah.

3. Menghafal bukan untuk khatam, tapi untuk setia

bersama Al-Qur'an Suasana HATI yang tepat untuk menghafal Qur'an yaitu ketika Hati dalam Kondisi berterimakasih bukan BERSABAR. mungkin kita kadang kala mendengar perkataan “Menghafal memang kudu sabar”, ya kan?

Pada hakikatnya perkataan gak salah.cuman kurang pas saja. Kesannya ayat-ayat Alquran merupakan diumpamakan seperti batu besar di punggung kita, yang kudu cepat-cepat kita buang agar supaya cepat terbebas dari kesulitan (khatam).

4. Senang dirindukan ayat

Ayat-ayat yang habis kita baca berulang-ulang namun tidak juga nyangkut di ingatan kita, Sebenarnya ayat ini lagi kangen sama kita. mungkin saja ayat itu merupakan ‘jawaban’ dari ‘pertanyaan’ kita. Tidak buru-buru biar tak mudah jenuh dan sumpek ketika hafalan. Berbanggalah jadi manusia yang dikangenin ayat Al-Qur'an.

5. Menghafal sedikit-sedikit

enaknya suatu hidangan itu terasa disaat kita dikala melahapnya, bukan sebelum mengunyahnya bukan pula sesudahnya. Nikmatnya menghafal adalah ketika membaca berulang kali. Dan banyaknya hidangan yang suapan juga kudu pas dengan kapasitas mulut kita supaya masakan tetap terasa lezatnya. Makan dengan sendok teh tidak lezatnya karena terlampau sedikit, makan pake centong nasi akan menimbulkan muntah karena terlalu banyak.

Menghafal-pun seperti itu. misal “‘amma yatasa alun” terasa banyak, maka perpendek dengan “‘amma” selanjutnya dibaca diulang-ulang. Jika terlalu sedikit maka teruskan sampai “‘anin nabail ‘adzhim” kemudian baca berulang kali. Sesuaikan dengan skill diri ini.

6. Serius pada perbedaan, biarkan persamaan

“Fabi ayyi alaa’i rabbikuma tukadz dziban” kalau kita hafal 1 ayat itu,1 saja! Maka sebenarnya kita sudah hafal 31 ayat dari 78 ayat yg terdapat surat Ar-Rahman. Sudah tinggal sedikit lagi surat kita hafal. Maka ayat tersebut dihafal 1 kali saja, Fokuslah pada ayat selanjutnya dan sebelumnya dengan menata ayat tersebut.

7. Mengutamakan waktu tersebut

Seperti yang diterangkan pada bagian atas, Beristiqamahlah saat lama waktunya bukan pada banyak ayat yang akan dihafal. Ibarat argo taxi, suasana macet ataupun di tol argo taxi terus berjalan dengan masa yang telah diatur. persembahkan lama waktu hanya satu jam saja pada Rabb semesta Alam Allah. Baiknya bisa lebih dari satu jam. Sejam tersebut tidak lebih dari 5 persen dari banyak waktu kita dalam sehari loh! Lima persen untuk Mushaf Alquran, mesti terlaksana dong ah…

8. Pastikan ayatnya bertajwid

Cari pembimbing yang mampu membenarkan bacaan kita. Jangan pelajar sendiri mentor. Karena suatu apapun yang berkaitan dengan Al-Qur’an; membaca, mempelajari, memahami, atau mengambil hukum dari Al-Quran.

Untuk kamu para ibu rumah ayah atau para ayah yang tinggal di bekasi di sekitarnya. kalau mau belajar bersama membaca dan menghafal Al-Qur'an. jika berminat rumah quran bunda aisyah menyediakan program tersebut.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori