Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Berbagai Macam Hikmah Mandi Wajib yang Bikin Kamu Semangat Mandi

Seandainya dimengerti dengan baik, tujuan utama mandi wajib adalah membersihkan hadast besar biar pelaksanaan setiap ibadah manusia dalam kondisi suci. Namun ternyata mandi wajib juga mengandung kebaikan lainnya yang tak banyak dibahas oleh manusia. Misalnya manfaat dari sisi kesehatan berikut ini:

1. Hikmah mandi wajib setelah senggama atau mimpi basah adalah dapat mengembalikan kekuatan tubuh .
Terdapat hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dzar Al-Ghifary, bahwasannya Rasulullah SAW pernah bersabda: "Saat aku mandi junub (mandi wajib) maka seakan-akan hilanglah dari diri ini 2 beban berat, yakni rasa malas sebagai beban terberat, dan naiknya ruh ke alam luhur, lalu meningkatnya kemampuan untuk menyaksikan keajaiban ciptaan sang Khalik ketika bangkit dari tidur". Intinya mandi wajib dapat memulihkan keceriaan dan vitalitas usai aktifitas suami istri yang sangat – sangat menguras tenaga.

2. Mandi wajib bagi perempuan seusai haid dan nifas bisa memberikan dua kebaikan, yaitu kebaikan badan dan jiwa. Secara jasadiah mandi wajib bagi muslimah yang telah selesai dari haid dan nifas berguna untuk membersihkan tubuh dari bau - bau tak enak dan dari pelbagai macam bakteri dalam darah haid/nifas. Sedangkan secara ruhaniah mandi wajib membuatnya bersyukur kepada Allah SWT lantaran telah selamat dari beban berat saat melahirkan.

Ada yang bertanya, kok saat mengeluarkan air seni yang najis tidak harus mandi, padahal tempat keluarnya sama dengan air mani. Malahan sebetulnya air mani tidak najis, justru air seni yang najis.
Hal ini telah dikaji oleh para ulama'. Itu merupakan kemudahan dari Allah SWT, bahwasannya air seni keluarnya berulang, jika disyariatkan mandi maka akan memberatkan umat muslim. Selain itu Ibnul Qoyyim mengatakan bahwa air mani keluarnya dari sari pati seluruh tubuh, oleh sebab itu efek keluarnya lebih besar dan menyebabkan mandi wajib.

Syaikh Yusuf Al-Qordhowi menerangkan bahwa mandi merupakan ibadah yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu wajib dilaksanakan sesuai dengan syariatNya , baik kamu memahami kebaikannya atau tidak. Oleh sebeb itu lebih baik kamu baca juga nih perihal Tata cara mandi wajib, supaya amal mandimu diridhoi oleh Allah SWT.

Jika mandi wajib dilakukan akan memberikan banyak manfaat , begitu juga apabila tak dikerjakan maka akan menimbulkan kemudhorotan. Silakan baca tulisan - tulisan saya yang lain disini
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori