Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak Dengan Mengonsumi Buah Dan Sayuran

sunting Mei 17 dalam Info Kesehatan
Saat ini cuaca tidak menentu, banyak yang terjangkit flu. Sudah saatnya menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain berolahraga dan istirahat yang cukup, serta menjaga tingkat stres anda tetap rendah akan membantu menjaga kesehatan Anda.

Tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak juga perlu menjaga sistem imunnya karena relatif lebih rentan sakit dibanding orang dewasa. Menjaga kesehatan anak bisa melalui konsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Ibu bisa mencari makanan yang kaya warna sebab itu adalah tanda bahwa buah/sayuran tersebut mengandung kandungan gizi yang baik bagi tubuh anak.
4x36sccy24jn.jpg
sumber: jalaon.com

Buah-buahan dan sayuran berwarna merah, kuning, ungu, biru, serta oranye memang sesuai dengan yang dianjurkan oleh para ahli gizi. Berikut ini beberapa diantaranya:
  • Ubi Jalar, mempunyai kulit berwarna oranye karena mengandung unsur beta-karoten, yaitu antioksidan yang diubah tubuh menjadi vitamin A, nutrisi penting untuk melawan penyakit dan menjaga kesehatan mata anak-anak. Ubi jalar sebenarnya salah satu sumber segar terbaik untuk meningkatkan kekebalan yang dapat diperoleh di pasar-pasar.
  • Berries, buah ini dilengkapi dengan Vitamin C dan E, berries memang nutrisi bertenaga. Beberapa buah terbaik adalah yang umum seperti raspberry dan blueberry, serta yang kurang umum seperti acai dan goji. Ibu bisa mengolah berries dengan yogurt agar anak lebih tertarik untuk memakannya.
  • Jamur, merupakan salah satu makanan vegetarian untuk mencegah dan melawan penyakit. Sebab jamur membantu pematangan sel darah putih dan sebagaimana hasil dari beberapa penelitian yang dilakukan, jamur dapat membantu menangkal penyakit lebih baik dibanding jenis sayuran lain.
  • Wortel, walau dapat membantu anda menangkal pilek dan flu musiman. Seperti ubi jalar, wortel yang juga berwarna oranye banyak mengandung beta-karoten. Untuk memperoleh kekebalan tubuh yang terbaik, konsumsi wortel dalam keadaan mentah, tapi jangan lupa dicuci dulu.
  • Bawang Putih, beberapa orang sudah menggunakan bawang putih sebagai obat sejak ribuan tahun lalu. Semakin banyak penelitian menganjurkan penggunaan bawang putih, sehingga bukan lagi sekedar obat rakyat. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi suplemen bawang putih akan lebih kebal terhadap gejala flu, dan jika sudah terjangkit flu akan sembuh lebih cepat dibanding yang tidak mengkonsumsi bawang putih.
  • Kiwi, adalah sumber alami vitamin C, nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh anak maupun orang dewasa. Vitamin C membantu melindungi tubuh anda dari infeksi virus dan bakteri. Meskipun masih diperdebatkan apakah vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh, setidaknya buah kiwi mempunyai lebih banyak kandungan vitamin C dibanding buah jeruk.
  • Bayam, sayuran yang sarat dengan vitamin E. Tapi bukan hanya itu saja. Bayam merupakan sayuran dengan paket kumpulan gizi yang lengkap. Mengandung beta-karoten, folat, vitamin A, C dan K, serta mineral seperti tembaga dan besi. Semua nutrisi penting untuk menjaga sistem imun untuk balita dan anak-anak.

Cara Alami Dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh
Sistem imun tubuh melakukan tugas yang luar biasa dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme. Akan tetapi ada saatnya sistem tersebut gagal karena mikroba berhasil menembus pertahanan tubuh dan membuat sakit.
bqpchantio52.jpg
sumber: kompas.com

Banyak faktor yang mempengaruhi daya tahan tubuh anak, salah satunya gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi. Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi maka kesehatan anak akan lebih terjaga. Berikut ini beberapa cara untuk mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh anak secara alami, diantaranya yaitu :
  • Perbanyak makan buah dan sayuran akan memberikan nutrisi yang penting dalam mendukung kekebalan tubuh anak. Ibu bisa menambahkan buah atau sayuran dalam setiap menu makan anak. Pola dan menu makan yang sehat akan memberikan asupan nutrisi bagi anak misalnya saja zinc, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan selenium.
  • Paparan sinar matahari akan membantu tubuh mendapat asupan vitamin D. Kekurangan vitamin D bisa meningkatkan resiko terkena infeksi pernapasan atau gangguan pertumbuhan pada tulang anak. Sebuah penelitian pada anak-anak menunjukkan bahwa asupan vitamin D 1.200 IU/hari akan mengurangi risiko influenza pada anak-anak.
  • Gerak tubuh dan olahraga yang rutin setiap hari tentu akan meningkatkan metabolisme tubuh secara umum, membantu menjaga kebugaran tubuh, dan juga memperkuat sistem pertahanan tubuh anak dari serangan penyakit.
  • Minum susu setiap hari, selain bisa menunjang tumbuh kembang anak juga bisa membantu menjaga sistem imun tubuh anak lebih baik sehingga tidak mudah terjangkit penyakit. Susu anak merupakan sumber gizi tambahan untuk melengkapi nutrisi yang tidak didapat dari buah atau sayuran.

Lalu bagaimana Anda menjaga kekebalan tubuh anak Anda pada musim yang tidak menentu seperti saat ini? Share disini ya.. ;)
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori