Contact Us

Inilah 10 Planet di Luar Tata Surya yang Bisa Dihuni Oleh Manusia

Pada bulan April 2014, Katalog Exoplanets, sebuah katalog berisikan daftar planet di luar tata surya menegeluarkan daftar 21 planet yang kemungkinan bisa dihuni. Planet-planet tersebut dianggap memiliki potensi terbaik untuk menyokong kehidupan di luar tata surya.

Namun tidak semuanya divalidasi kebenarannya dan masih banyak yang harus diteliti mengenai lingkungan mereka. Meskipun demikian, ini merupakan sebuah awalan yang baik. Dikarena mampu membantu para ahli astrobiologi dalam memulai untuk mencari kehidupan di luar Bumi.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas PuertoRico di Arecibo. Langsung saja, berikut adalah daftar 10 Exoplanets yang diperkirakan terdapat kehidupan lain di dalamnya.

1. Kepler-186f
kepler186f_artistconcept_2.jpg
Planet Kepler-186f merupakan planet yang berada di luar tata surya. Planet ini ditemukan berkat bantuan teleskop luar angkasa yang dimiliki NASA (badan antariksa Amerika Serikat). Sebuah planet yang dianggap sangat mirip seperti planet Bumi.

Planet ini juga berevolusi pada sebuah bintang dengan jarak yang relatif dekat. Kondisi tersebut mirip seperti Bumi yang mengelilingi Matahari. Planet Kepler-186f terletak pada konstelasi Cygnus yang berjarak kira-kira 500 tahun cahaya dari Bumi.

2. Gliese 581g
485059main_GJ581g_FNLa_full.jpg
Planet Gliese 581g merupakan planet di luar tata surya yang menrgobit pada sebuah bintang bernama Gliese 581. Sebuah bintang yang berada di termasuk bagian dari rasi bintang Libra yang berjarak sekitar 22,5 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini berada pada urutan ke-4 dalam sistem tata planet bintang Gliese 581.

Penemunya adalah seorang Survei Ekxoplanet bernama Lick-Carnegie berdasarkan hasil pengamatan selama 10 tahun. Hasil temuannya ini kemudian diumumkan pada akhir bulan september tahun 2010. Selain itu planet ini juga dipercaya mirip dengan Bumi dan berpotensi terdpat kehidupan di dalamnya.

Ukuran planet ini diperkirakan mencapai 2 sampai 3 kali ukuran Bumi. Planet ini juga memiliki periode revolussi pada bintang Gliese 581 selama 30 hari. Planet ini secara tidak resmi dinamakan Zarmins olrh seorang astronom bernama Steven Vogt. Nama tersebut diambil dari nama istrinya.

3. Gliese 667Cc
maxresdefault.jpg
Selanjutnya adalah planet Gliese 581g yang berukuran lebuh besar dari Bumi. Sehingga planet ini juga dijuluki sebagai super earth Gliese 667Cc. Jarak planet ini lebih dekat juga lebih dekat dengan Bumi, yaitu sekitar 22 tahun cahaya. Planet ini dapat dijumpai pada rasi bintang Scorpius.

Ukuran planet Gliese 667Cc kira-kira 4,5 kali lebih besar dari ukuran Bumi. Setidaknya dibutuhkan waktu 28 hari bagi planet ini unutk menyelesaikan satu kali revolusi. Bintang induknya adalah GJ 667C, dimana ia merupakan bagian dari sistem tiga bintang. Ukurannya sekitar sepertiga dari masssa matahari dan termasuk kedalam bintang katai kelas-M.

4. Kepler-22b
1200px-Kepler22b-artwork.jpg
Planet Kepler-22 b memiliki ukuran yang lebih besar dari Bumi. Planet ini juga mengelilingi sebuah bintang bernama Kepler-22. Jarak antara planet Kepler-22b dengan bintang Kepler-22 lumayan dekat dan hampir sama seperti jarak Bumi dengan Matahari.

Planet ini kira-kira 2,4 kali lebih besar dari Bumi, suhu planet juga sama sperti Bumi, dan memiliki efek rumah kasa seperti Bumi. Suhu permukaan diperkirakan sekitar 22 derajat celcius. Planet ini kira-kira berjarak 600 tahun cahaya dari Bumi dan terletak di rasi bintang Cygnus.

5. HD 40307g
maxresdefault.jpg
Planet HD 40307g bergerak mengelilingi sebuah bintang induk dalam zona yang memungkinkan terjadi kehidupan di dalamnya. Letak planet ini sekitar 42 tahun cahaya dari Bumi serta terletak di rasi bintang Pictor.

Jarak antara HD 40307g dengan bintang induknya sekitar 90 juta km, jarak ini setengah kali lebih dekat dibanding jarak Bumi dan Matahari. Karena berada pada daerah layak huni, maka memungkinkan terdapat air dalam bentuk cari di permukaan planet ini.

Selain itu planet ini juga mempunyai siang dan malam seperti Bumi , sehingga meningkatkan kemungkinan kehidupan akan dapat berkembang di dalam planet.

6. HD 85512b
1200px-HD_85512_Planetary_system.jpg
Penemuan planet HD 85512 diumumkan pada tahun 2011. Planet ini termasuk bagain dari penemuan berharga berupa 50 planet oleh High Accuracy Radial Velocity Planet Searcher Instrument (HARPS).

Ukurannya kira-kira 3,6 kali lebih besar dari planet Bumi. Planet ini berada pada jarak 35 tahun cahaya dari Bumi serta berada di dlam rasi bintang Vela. Para peneliti berharap suatu saat dapat membuktikan bawha terdapat air di permukaan planet HD 85512b.

7. Tau Ceti e
HEC_HD10700e.jpg
Planet berikutnya adalah Tau Ceti e yang ditemukan pada bulan Desember tahun 2012. Jarak planet ini hanya 11,9 tahun cahaya dari Bumi. Ukuran planet ini sekitar 4,3 kali lebih besar daripada Bumi. Kondisi lingkungan di planet ini tergantung dari keadaan atmosfernya. Suatu saat suhunya hangat sehingga cocok untuk dihuni, namun juga bisa berubah menjadi panas seperti Venus.

8. Gliese 163c
maxresdefault.jpg
Planet Gliese 163c berada dalam zona abu-abu dikarenakan massa planet ini 7 kali lebih besar dari massa Bumi. Sehingga menjadikannya planet terrestial atau kebumian dengan permukaan berbatu yang sangat besar. Namun juga bisa menjadi sebuah planet gas yang berukuran kecil.

Planet ini bergerak mengelilingi sebuah bintang redup denga periode revolusi selama 26 hari. Jarak Gliese 163c sekitar 50 tahun cahaya dari planet Bumi. Dimana bintang yang menjadi pusat sistem planet ini terletak pada rasi bintang Dorado.

9. Gliese 581d
Gliese581d.jpg
Sebuah studi memperkirakan bahwa Gliese 581d dapat ditutupi dengan lapisan gas karbon dioksida yang tebal. Besar planet ini sekitarTujuh kali ukuran Bumi dan mengorbit pada sebuah bintang kerdil berwarna merah. Planet ini juga termasuk bagian dalam sistem planet Gliese 581g.

Dengan jarak hanya 20 tahun cahaya dari matahari, Gliese 581 d suka dianggap seperti berada di halaman belakang bumi. Planet ini tergolong planet super earth. Hal tersebut dikarenakan orbit planet ini berada di ujung terluar zona layak huni dan planet ini diduga mirip dengan Bumi.

10. Tau Ceti f
aarxSPj.png
Tau Ceti f merupakan planet yang menjadi calon super earth, seperti saudara Tau Ceti e. Namun, dia mengorbit pada lintasan yang berada pada batas zona layak huni dari sistem planet Tau Ceti. Planet Tau Ceti f memiliki ukuran kira-kira 6,6 kali lebih besar dibandingkan Bumi. Planet ini juga memiliki potensi unutk dihuni, apabila atmosfer mampu menjaga agar suhu planet tetap hangat.

Itulah 10 planet di luar tata surya yang layak dihuni oleh manusia. Di luar sana kemungkinan masih banyak lagi planet layak huni yang belum ditemukan. Melalui teleskop Kepler kepunyaan NASA setidaknya telah ditemukan 1.000 planet yang berpontesi terdapat kehidupan di dalmnya. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Komentar

  • jbiny77ielsg.jpg
    POKER ONLINE | AGEN POKER | DOMINO QQ | CAPSA
    Http://www.ArmaniQQ.net

    - Agen Poker Yang Memberikan Jaminan Keamanan Dalam Bermain Poker Online Tanpa Boot.
    - Admin Serta Kami Selalu Memberikan Pelayanan Terbaik Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Bermain Poker Online Uang Asli Dengan Kualitas Server Terbaik Serta Tampilan Terbaru

    Kini Semua Member Dapat Bermain Poker, Domino QQ dan Capsa, Kapan Pun Dan Dimanapun, Karena Kami Menyediakan Aplikasi Android Dan Iphone, Sehingga Anda Dapat Bermain Domino QQ Di SmartPhone Anda.

    POKER ONLINE | AGEN POKER | DOMINO QQ | CAPSA
    Http://www.ArmaniQQ.net
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori