Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Cegah Anak Kena Demam Berdarah, Dimulai Dari Sarang Nyamuknya!

Saat musim hujan datang, genangan air ada dimana-mana atau mungkin juga sampai bajir di sekitar rumah. Sisa genangan air hujan atau bekas banjir merupakan tempat idela untuk nyamuk berkembang biak.

Tapi tidak untuk nyamuk demam berdarah, karena nyamuk Aedes Aegypti justru lebih memilih genangan air bersih untuk berkembang biak. Contoh yang banyak ditemukan seperti bak mandi, ember penampungan air, vas bunga, hingga genangan air pada wadah dispenser.

Tak jarang kita melewatkan tempat-tempat tersebut karena fokus pada tempat kotor yang umumnya lebih disukai nyamuk. Untuk mengantisipasi berkembangnya nyamuk demam berdarah, biasakan untuk menutup ember penampungan air, menguras bak mandi secara reguler, membuang air penampungan dispenser dan vas bunga.

Demam-Berdarah-penyakit-yang-sering-menyerang-balita-300x150.png

Dengan mengurangi lingkungan berkembang biaknya, ibu bisa mencegah bayi terjangkit demam berdarah. Cara lain untuk menjaga bayi dari demam berdarah adalah dengan mengenali ciri-ciri bayi yang terkena demam berdarah sebagai berikut:
  • Bentuk dan warna BAB
    Ibu bisa lihat bagaimana warna kotoran si kecil ketika BAB. Jika berwarna sedikit kemerah-merahan atau kekuning-kuningan, itu artinya tidak ada yang perlu ibu khawatirkan. Tapi jika warna BAB kehitam-hitaman dan bentuknya seperti tar. Maka, besar kemungkinan si kecil terkena demam berdarah.
  • Ada bercak merah
    Tanda lain bayi terkena demam berdarah adalah ketika munculnya bercak merah pada kulit. Bercak merah ini disebabkan juga oleh suhu tubuh si kecil yang begitu tinggi. Hal ini terkait dengan bocornya darah yang diakibatkan pembesaran kapiler. Ada sedikit darah yang keluar sehingga terlihat seperti bercak merah.
  • Muntah darah
    Dari sekian banyak tanda demam berdarah pada bayi, sudah bisa dipastikan si kecil positif mengalami DBD jika ia muntah darah. Ibu segera bawa saja si kecil ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis secepat mungkin.

Menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan adalah hal yang paling penting untuk mencegah berkembangnya nyamuk demam berdarah. Tapi bukan tidak mungkin, si kecil tetap terjangkit demam berdarah karena faktor lainnya. Jadi ibu harus tetap waspada jika mulai menemukan tanda-tanda di atas, segeralah cek ke dokter demi kesehatan si kecil.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!