Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Menengok Desa Terindah di Dunia, Nagari Pariangan Tanah Datar

Batusangkar, swamedium.com – Nagari Pariangan yang terletak di kaki Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dinobatkan menjadi desa terindah di dunia. Penghargaan ini disematkan oleh Majalah Travel Budget New York akhir tahun 2016 lalu.

“Anugerah yang amat luar biasa kini didapat masyarakat Pariangan, Nagari tuo di Ranah Minang,” ujar Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi, beberapa waktu lalu.

Selain Pariangan, desa-desa lain yang masuk kelompok terindah di dunia versi majalah itu adalah Desa Wengen di Swiss, Eze (Prancis), Niagara on The Lake (Kanada), dan Cesky Krumlov (Ceko).

Pariangan, terletak tidak jauh dari Ibukota Kabupaten Tanah Datar, Batusangkar. Nagari tuo ini
berada di ketinggian 700 hingga 800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di sini terdapat sebuah masjid berusia ratusan tahun tahun. Ada juga kuburan panjang Tantejo Gurhano, sejumlah rumah gadang, kolam air panas, prasasti dan banyak warisan Minangkabau masa lalu.

Nagari Tuo Pariangan bisa dicapai sekitar 2,5 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi dari Kota Padang ke Pariangan, Batusangkar. Jika hendak menggunakan kendaraan umum, silakan memilih bus atau mobil biro perjalanan rute Padang-Batusangkar.

Sekitar 15 kilometer sebelum tiba di Batusangkar terdapat pintu masuk dengan atap bagonjong yang jadi penanda wilayah Nagari Tuo Pariangan. Kita akan disambut dengan hamparan sawah tak lama sesudah memasuki gerbang itu.

Nagari itu terdiri atas empat jorong, yakni Jorong Pariangan, Padangpanjang, Sikaladi, dan Guguak.

Luasnya 2.749 hektar dengan 6.012 penduduk yang mayoritas petani. Dengan sejumlah obyek wisata sejarah, atraksi budaya, dan alam, Nagari Tuo Pariangan tengah gencar berupaya sebagai lokasi kunjungan utama di Tanah Datar.

Untuk keperluan itu, tiga unit rumah gadang dibuka secara gratis sebagai penginapan. Setiap rumah gadang bisa menampung sedikitnya 40 orang.

Atraksi budaya yang khas ialah kebiasaan ziarah dan berzikir yang dilakukan penduduk Nagari seusai ibadah puasa di bulan Syawal. Tradisi setelah enam hari puasa yang dimulai sejak tanggal 2 Syawal itu dilakukan setiap hari Kamis.

Menurut keyakinan warga setempat, penetapan hari Kamis, karena pada saat itulah arwah para pendahulu bisa berkesempatan datang ke tengah- tengah masyarakat Nagari Pariangan.
Beragam obyek lain seperti delapan buah batu sandar yang terdapat di dalam kompleks Kuburan Panjang Datuak Tantejo Gurhano adalah peninggalan sejarah yang mengagumkan. Batu-batu sandar itu menjadi tempat duduk tetua adat masing- masing delapan suku untuk bermusyawarah.
Karena itulah dikenal juga sebagai Medan Nan Bapaneh atau tempat bermusyawarah.

Tokoh adat Nagari Tuo Pariangan, Aswardi Sutan Tumangguang, mengatakan, delapan suku yang sejak awal menghuni Nagari Tuo Pariangan adalah Dalimo, Sikumbang, Koto, Dalimo Panjang, Dalimo Singkek, Pisang, Melayu, dan Piliang.

”Saat ini suku Sikumbang sudah tidak di sini karena pindah ke daerah lain,” kata Aswardi.

Di sini terdapat kuburan Panjang Datuak Tantejo Gurhano yang berukuran 25,5 meter x 7 meter. Panjang Datuak tokoh pembuat Balairung Sari Tabek di Nagari Tabek, Kecamatan Pariangan. Balairung itu merupakan tempat bermusyawarah utama yang terbuat dari kayu dan atap ijuk dengan waktu pembuatan sekitar 450 tahun lalu.

Adapun kompleks Kuburan Panjang Datuak Tantejo Gurhano yang kini sudah ditetapkan sebagai situs cagar budaya oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Batusangkar berada di atas lahan seluas 629 meter persegi. Hampir mirip dengan berbagai kisah di beberapa lokasi kuburan kuno di Indonesia, warga setempat percaya hasil pengukuran panjang kuburan pada waktu berbeda tidak akan pernah sama.

Nagari Tuo Pariangan juga memiliki peninggalan berupa rumah-rumah gadang. Terdapat 35 unit rumah gadang di nagari itu. Namun, tujuh unit rumah gadang rusak berat dan 10 unit lainnya rusak ringan. (*/dari berbagai sumber)

http://www.swamedium.com/2017/01/28/menengok-desa-terindah-di-dunia-nagari-pariangan-tanah-datar/
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!