Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Burung Manyar Ternyata Pintar Menenun

Kicau mania, kenalkah Anda dengan burung satu ini, manyar namanya. Ia sebagai burung pemakan biji-bijian yg umumnya diketemukan di lokasi pedesaan yg masihlah punya tempat pertanian atau pinggir rimba.

Burung keluarga Ploceidae ini mulai popular sebagai burung piaraan sesudah di ketahui nada kicauannya bagus serta dapat mengikuti nada burung yang lain. Terkecuali di kenal sebagai burung kicauan, manyar dikenal juga sebagai burung penenun finches lantaran burung ini begitu cekatan dalam menenun daun, ranting, serta serat tumbuhan jadi sarang yg begitu indah.

Dalam bhs Inggris burung ini dimaksud dengan weaver bird, lantaran punya sarang dengan bentuk yg begitu rumit serta unik. Burung ini dapat kerap dimaksud dengan burung penganyam. Konstruksi atau arsitektur sarang burung manyar ini begitu estetik. Sarang dianyam dari ranting serta rumput-rumput kering.

Kurun waktu yg singkat burung ini dapat merangkai tangkai rumput dengan rajutan yg begitu kecil. Walau sebenarnya burung ini mungkin saja memerlukan beberapa ratus atau bahkan juga beberapa ribu tangkai rumput untuk di jalin sehari-harinya.

Selama sistem pembuatan sarang umumnya burung parkit kerap mengakibatkan kerusakan sarang yg di buat lewat langkah mengakibatkan kerusakan atau menarik-narik hubungan yg sudah terbentuk. Hubungan yg telah dirusak oleh burung parkit ini bakal selekasnya diperbaiki oleh burung manyar, peristiwa ini senantiasa berulang serta tanpa ada mengetahui capek, burung manyar tetap melakukan perbaikan sangkar yg di rusak.

Berdasar pada isi buku Birds of South East Asia karangan Craig Robson (2002), di kenali kalau ada 117 spesies manyar didunia serta 4 type salah satunya ada di Asia Tenggara. Indonesia punya 3 spesies burung manyar yakni Ploceus philippinus (manyar tempua), Ploceus manyar (manyar jambul) serta Ploceus hypoxanthus (manyar emas).

Namun saat ini, populasi burung manyar di alam liar memanglah tambah menipis. Banyak tempat pertanian/perkebunan yg dahulu jadi tempat bercengkrama burung manyar, saat ini bertukar jadi lokasi permukiman masyarakat.

Karenanya, sebelumnya populasinya serius habis di alam liar, yuk kita lestarikan lewat langkah menangkarnya.

Sumber:
1. http://hargacara.com/harga-burung-poksay.html
2. http://hargacara.com/harga-burung-blackthroat.html
3. http://hargacara.com/burung-manyar.html
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!