Contact Us

Bahaya Jika Motor Kekurangan Oli

Perawatan teratur pada kendaraan semestinya harus ditunaikan andaikata mau tunggangan nyaman untuk dikendarai. Kendati sekian, terdapat banyak yang memiliki kendaraan yang abai pada perawatan, walaupun termasuk enteng untuk ditunaikan. Satu diantaranya ganti oli sepeda motor.

Oli di ketahui adalah prasyarat utama pada suatu kendaraan. Oli berperan kurangi gesekan antarkomponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan yang berlangsung sanggup membawa dampak komponen mesin jadi cepat aus, kurangi tenaga yang dibuat, dan membuahkan kotoran serta panas. Supaya gesekan sanggup dikurangi jadi sisi sama-sama bergesekan dilapis oli pelumas.

Oli juga berperan sebagai pendingin dari panas yang dibuat sistem pembakaran didalam silinder serta panas yang dibuat dari gesekan antarkomponen. Tanpa ada oli, motor di pastikan akan memiliki masalah tidak karuan.

Menurut Kepala bengkel Yamaha Jakarta Timur, Dhani, salah satunya persoalan yang bakal acapkali hinggap andaikata motor kurang oli merupakan piston yang cepat rusak. Piston juga disebutkan akan memiliki masalah lantaran penggunaan kendaraan yang sangat dipaksakan, sampai tipe oli yang salah, sampai factor kotoran.

" Ada kotoran dari filter hawa. Dapat jadi kotoran yang di ruangan bakar jatuh ke dinding blok silinder lantas berlangsung baret. Selalu banyak kerak masuk di tepi piston, " kata Dhani pada VIVA. co. id, di Jakarta Timur.

Jika telah sekian, pastinya keadaan itu bakal beresiko pada tenaga yang dibuat jadi tak optimal. Bahkan juga, terparah, mesin dapat rusak keseluruhan atau umum dimaksud mesin jebol. Jadi itu, dia merekomendasikan supaya maudara motor sanggup senantiasa memonitor keadaan oli mesin kendaraannya. Kemampuan oli juga gampang diawasi memakai deepstick yang ada di penutup lubang pengisian oli.

Dhani mengimbuhkan, dinding silinder yang rusak akibat tergores gerakan piston dapat diperbaiki lewat cara jadi besar diameter ukuran tabungnya, atau bhs mekaniknya dikorter. Begitu, tabung silinder yang kembali mulus bakal dijejali piston baru dengan ukuran semakin besar dari standard. Namun, sistem perbaikan ini cukup kuras kantong, lantaran memiliki biaya mahal.

" Di korter (jadi besar diameter silinder) dapat. Kalau tak, ditukar pistonnya, " katanya.

Kapan ganti oli?
Lantas, kapan memang saat yang pas ganti oli? Seperti ditulis web site resmi Honda, biasanya sistem pergantian oli pada motor sekitar pada 4. 000 km.. Namun untuk motor baru, pergantian oli periode waktunya lebih cepat.

Untuk melindungi performa mesin motor supaya tetaplah stabil, baiknya harus juga ganti oli motor dengan cara teratur tiap-tiap dua bln. sekali atau 2. 000 km.. Semua semestinya bergantung dari intensitas penggunaan motor serta keadaan jalan yang dilewati.

Apabila kesibukan keseharian memerlukan perjalanan yang jauh, jadi umur penggunaan serta kwalitas oli motor bakal cepat menyusut serta butuh ditukar dengan oli yang baru. Namun, ada satu hal yang butuh dicermati. Dimana, dianjurkan tak memakai sembarang tipe oli pada sepeda motor. Hal semacam ini utama supaya tak mengakibatkan kerusakan mesin motor Anda.

Sumber :

1. http://modifikasinet.com/harga-oli-samping-terbaru/3229
2. http://modifikasinet.com/harga-karburator-mio/3271
3. http://modifikasinet.com/modifikasi-honda-supra-x-125/3462
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori