Contact Us

Ketahui 9 Jenis Tempat Hunian Ini Jika Kamu Ingin Memiliki Rumah yang Unik dan Menarik

iefi6ze3ryu3.jpg

Jenis- Jenis Rumah Hunian - Mempunyai hunian idaman merupakan kehendak setiap orang. Ada yang menjadikan sebagai tempat tinggal atau sebagai investasi di masa depan. Namun, apapun niatnya rumah tetaplah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia.


Menurut Richard Untermann & Robert Small (1986) dalam buku Perencanaan Tapak untuk Perumahan, terdapat mecam-macam jenis perumahan yaitu:

1. Rumah Tinggal Tunggal/ Detached
Rumah tinggal tunggal atau rumah terpisah merupakan hunian yang berdiri sendiri. Rumah tinggal tunggal digunakan biasanya hanya untuk satu keluarga yang mana lokasi antar rumahnya saling berjauhan.

Sementara itu cottage, villa, bungalow, dan mansion juga tergolong dalam kelompok hunian tunggal. Rumah tinggal tunggal dibangun diatas tanah yang ukurannya lebih besar dari bangunannya. Rumah tersebut dikelilingi oleh halaman.


2. Rumah Tinggal Koppel ( Semi Detached )
Rumah Tinggal kopel merupakan hunian tunggal yang disekat sama ukurannya antara kanan dan kiri, umumnya rumah tinggal kopel ini untuk disewakan pemiliknya untuk menghemat lahan bangunan.

3. Rumah Tinggal Kota (Town House)
Adalah sama seperti hunian gandeng dengan adanya tambahan area parkir di dalam bangunannya. Parkir di bagian dalam memerlukan halaman depan yang lebih lebar (untuk menampung supir dan jalan masuk dan ruangan bagian dalam untuk kegunaan khusus) dan biasanya dibuat dengankedalaman kira-kira 150 feet.

Hunian kota memberikan kenyamanan yang tinggi untuk sebuah keluarga tunggal kecuali jika dibangun tanpa halaman samping.

4. Rumah Susun (Flat)
Hunian yang fleksibel, yakni bisa menyesuaikan berbagai kondisi. Kekurangan dasar hunian susun merupakan BC yang mengurangi unit-unit yang dapat diorientasikan ke atas tanah. Rumah susun biasanya berisi dobel, maksudnya mempunyai kamar-kamar yang berada di luar pada bagian-bagian tersebut.

5. Hunian berpekarangan Dalam (Patio House)
ialah suatu variasi pada rumah "ranch” berlantai satu tradisional. Dengan pintu masuk di tengah, ruang tamu ada pada sisi dan ruang-ruang tidur pada sisi lainnya.

Untuk menyesuaikan pada bidang tanah yang tidak luas, bentuk tersebut "dibengkokkan” dan kamar-kamar pribadinya dikitari oleh pemagaran. Dengan meniadakan halaman-halaman samping dan juga depan, rumah "ranch” tersebut kini menjadi rumah berhalaman dalam (patio).

6. Maisonet (Maisonette)
Ialah sebuah tipe standar dari bangunan berkapasitas tinggi dan bertingkat rendah. Umum dipakai secara luas di seluruh dunia. Dikatakan berkepadatan tinggi sebab merupakan suatu penumpukan vertikal maksimum dari sebuah bagianunit berlantai dua di atas unit bangunan lainnya, dengan dua tahapan tangga untuk lantai pertama dari unit yang terletak di atasnyalebih atas.

7. Hunian teras bertingkat (Terrace House)
Rumah gandeng dan berpekarangan dalam dapat saja dibangun menjenjang ke atas ataupun ke bawah sebuah perbukitan guna meningkatkan arah pandangan, serta memberikan orientasi yang lebih bagus,

8. Hunian Gandeng (Row Houses)
Hunian gandeng berasal dari rumah berlantai dua tradisional yang terletak di atas sebidang petak yang sempit.

Kegunaan "tempat tinggal” dasarnya terletak pada lantai bawah: meliputi ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi kecil dan kemungkinan sebuah ruang belajar.

9. Hunian Container
Tipe rumah yang satu ini mungkin masih tak terlalu dikenal di Indonesia, tapi di luar negeri banyak orang yang menjadikan container bekas sebagai hunian setelah dimodifikasi sedemikian rupa. Harga container bekas pun juga terbilang murah dibanding harga bahan bangunan.

Rumah berdasarkan bentuk penggunaannya

-Rumah tunggal : memiliki sebuah pintu bebas dengan jalan masuk sendiri, contohnya rumah di kota, villa
-Rumah majemuk : memiliki beberapa pintu masuk
-Rumah berpindah tempat : contohnya trailer pada rumah mobile, rumah dari container bekas
-Rumah bukan huniantempat tinggal : contohnya rumah yang bersifat darurat, non permanen, untuk menanggulangi keadaan darurat, karena bencana alam.

Rumah berdasarkan jenisnya

-Rumah tunggal : Berdiri sendiri dalam persil, tak bergabung dengan rumah di sebelahnya. Tingkat privasi & kenyamanannya yang tertinggi.
-Rumah deret : Seperti pada Huxtable di Cosby Show, hunian di Eropa & Amerika ini diikuti beberapa pemukiman elit di tanah air.
-Rumah kopel ( semi detached houses ) : rumah yang biasanya berada pada satu persil, satu bangunan terdiri dari 2 unit rumah dengan satu atap.
-Rumah deret ( row houses ) : tipe hunian yang unitnya menempel satu sama lain, umumnya maksimal 6 unit berderet.
-Rumah tipe Maisonettee : terdiri 2 lantai, bisa berbentuk satu unit tersendiri, bisa juga, dapat berada dalam massa yang besar, umumnya lantai satu untuk acara umum ( ruang tamu, keluarga, makan, dapur ) dan lantai kedua khusus kamar tidur. Luas bangunan antara 40-70 m2.
-Apartemen : gedung hunian besar bertingkat banyak, terdiri unit hunian, setiap unit terdiri 1 – 3 lantai.
-Rumah inti : hanya terdiri ruang-ruang pokok ( tidak lengkap ) yaitu ; WC, kamar tidur, ruang dapur dan sebuah ruang serbaguna. Rumah sub inti : hanya terdiri kamar mandi/ WC serta satu ruang multifungsi.
-Rumah tumbuh : rumah yang dibangun secara bertahap sesuai kemampuan calon penghuni, tetapi denah semuanya telah dirancang.
-Rumah berjenjang ( terrace house ) : mempunyai taman, umumnya bertingkat, dibangun pada tapak yang berlereng/ miring.
-Rumah spit level ( Spit level house ) : memiliki mezanin untuk kamar keluarga dan ruang tamu yang terpisah lantainya, tapi secara split.
-Court houses : hunian yang mengelilingi satu ruang terbuka di tengah, rumah yang beratrium.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori