Contact Us

Tips Membersihkan Kotoran Telinga Secara Alami Tanpa Cutton Bud

air-garam-aman-bersihkan-kotoran-telinga-Afr8ZZEEtk.jpg

Kotoran telinga berfungsi melindungi saluran telinga Anda agar tidak kering dan rentan terhadap infeksi. Namun, jika kotoran telinga sudah menumpuk maka dapat memblokir saluran telinga Anda dan menyebabkan rasa sakit bahkan infeksi. 

Kotoran telinga yang menumpuk dapat menjadi situasi yang tidak menyenangkan dan dapat merusak fungsi kesehatan. Kebanyakan orang tidak tahu cara mengangkat kotoran telinga tanpa menimbulkan rasa sakit di telinga mereka. Berikut beberapa tips membersihkan kotoran telinga secara alami tanpa menggunakan cotton bud dilansir dari Okezone:

1. Air garam

Larutkan satu sendok teh garam ke air hangat dan aduk sampai Atidak dapat melihat garam lagi. Setelah garam benar-benar larut rendam kapas atau juga bisa menggunakan suntikan untuk meneteskan air garam ke telinga Anda. Berbaringlah dengan posisi telinga menghadap ke atas selama 3-5 menit dan kemudian berbaring dengan posisi telinga yang sama menghadap ke bawah sehingga secara alami cairan garam keluar bersama kotoran telinga.

2. Minyak zaitun

Teteskan 2 atau 3 tetes minyak zaitun ke dalam telinga yang mengalami penumpukan kotoran telinga kemudian berbaring dengan posisi telinga menghadap ke atas selama 10 menit kemudian berganti ke sisi lain telinga dan biarkan minyak zaitun mengalir keluar bersamaan dengan kotoran telinga. Bersihkan sisa minyak zaitun di lubang telinga menggunakan kain atau handuk bersih.

3. Cuka apel

Larutan cuka apel dapat digunakan untuk mengangkat kotoran telinga, disamping itu larutan cuka apel mengembalikan pH normal telinga. Cara menggunakan cuka apel ini adalah dengan mencampurkan 1 atau 2 tetes cuka apel dengan air hangat dan meneteskan ke bagian telinga yang mengalami penumpukan kotoran telinga.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori