Contact Us

5 Langkah Awal Sebelum Menjalankan Content Marketing

DIGITALSQUAD – Tidak dapat dipungkiri kalau content marketing adalah salah satu strategi paling jitu dalam dunia digital saat ini. Hampir seluruh bisnis dan brand berlomba untuk memaksimalkan kegiatan yang bertumpu pada kekuatan sebuah informasi dan hiburan ini.
Rata-rata mereka yang mengaku sudah siap untuk menjalankan strategi content marketing sering lupa untuk menggali beberapa informasi penting sebelum memulainya sehingga tak jarang beberapa strategi justru gagal dan sia-sia. Beberapa hal yang mungkin akan terjadi bila seorang marketer menganggap sepele strategi satu ini adalah konten yang tidak relevan dengan bisnis hingga audience yang tidak tepat sasaran. Untuk itu ada baiknya bagi Anda yang ingin mulai menjalankan strategi digital marketing untuk memperhatikan hal-hal berikut ini.
  1. Brand Positioning
Pastikan Anda tahu benar, brand yang Anda kelola dan mengenal karakter dari brand Anda tersebut, seperti mengetahui filosofi, tone/warna dominan, hingga gaya berbicara brand Anda. Semua ini bertujuan agar content yang Anda bagikan bisa sejalan dengan strategi marketing yang sudah disiapkan dengan sedemikian rupa.
  1. Isu Yang Relevan Dengan Bisnis
Anda juga harus mengidentifikasi isu-isu dan topik apa yang relevan dengan bisnis Anda. Cobalah mulai list isu dan topik apa yang bisa Anda angkat ke permukaan, sehingga ketika ada trending topic yang sedang dibicarakan terkait isu-isu tersebut, bisnis/brand Anda bisa ikut melempar opini, pandangan, bahkan ikut berdiskusi.
  1. Konten Sebagai “Jala” Marketing
Identiifikasi minat dan kebutuhan audience Anda. Lalu mulai ciptakan konten yang terkait terhadap minat-minat tersebut, berikan bumbu “dorongan” agar para pembaca konten Anda bisa yakin dengan bisnis Anda. Ketika selesai membaca konten tersebut
  1. Pandangan Terhadap Brand
Cobalah berdiri di posisi para komunitas/fans bisnis Anda. Lihat cara pandang mereka terhadap brand Anda dan benefit apa yang ingin mereka dapatkan ketika melakukan engagement dengan brand/bisnis Anda. Kenali topik apa yang bisa diperbincangkan diluar produk/brand/bisnis Anda.
  1. Review Ulang Seluruh Konten
Bila Anda sudah mencoba menjalankan strategi content marketing, cobalah review seluruh konten yang sudah Anda publish atau posting. Lakukan pengukuran berdasarkan metrics dari masing-masing channel tempat konten tersebut muncul. Cari mana konten yang berhasil dan mana konten yang gagal, dari situ Anda bisa mengetahui konten apa yang tepat dan bisa terus dikembangkan kedepannya. Sebagai alternatifnya, anda bisa menggunakan jasa digital marketing agency.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori