Contact Us

Cara Membuat Website Yang Mobile Friendly

DIGITALSQUAD – website yang mobile friendly menjadi sangat penting di jaman seperti sekarang ini. Penetrasi pengguna smartphone, hingga peningkatan layanan provider internet menjadi pemicu maraknya perkembangan user mobile di dunia khususnya Indonesia.
Bahkan baru-baru ini Google turut merilis sebuah fitur pada search engine mereka yang diberi nama “mobileGedon” dimana fitur tersebut adalah sebuah fitur penjaringan yang siap menurunkan ranking sebuah website di pencarian mobile apabila sebuah website tidak mobile friendly.
Nah, bagi Anda yang saat ini belum memiliki website dan berencana untuk membuat, atau bahkan sudah memiliki namun masih belum mobile friendly, maka ada baiknya Anda menyimak beberapa tips dari Digitalsquad tentang cara membuat website berikut ini.
  1. Tinggalkan metode dua website
Sebelum mobile marak seperti sekarang ini, para pengembang website sering mengunakan metode pemisahan web antara yang desktop view dengan mobile view. Untuk jaman seperti sekarang ini sebaiknya tinggalkan metode seperti itu, karena selain sudah kuno, cara seperti ini juga akan merepotkan Anda sebagai pemilik dan admin website. Satu lagi kerugian bila Anda masih menggunakan metode ini adalah salah satu website Anda akanbada yang diberi nilai buruk oleh Google karena terhitung sebagai duplikat konten.
  1. Gunakan Responsive Design!
Jangan ragu untuk menggunakan template-template atau fitur responsive, karena design responsive akan memudahkan pengguna untuk mengakses website Anda di ukuran layar berapapun.
  1. Gunakan Font Yang “Pas”
Saat mendesign sebuah website, pastikan Anda menggunakan ukuran tulisan yang pas. Idealnya adalah sekitar 13 atau 14px. Adapun minimal ukuran huruf menurut para pakar website adalah 12px, jangan set lebih rendah lagi agar tidak terlalu kecil ketika dilihat pada layar ukuran mobile.
  1. Ukuran Tombol Yang Cukup Besar
Pastikan Anda yakin bahwa website Anda sudah memiliki tombol-tombol yang cukup besar untuk ditekan oleh jempol. Ukuran ideal untuk sebuah tombol adalah 44px.
  1. Singkirkan Fitur Yang Tidak Perlu
Agar website Anda bisa dengan mudah diakses dan tidak terlalu berat, singkirkan fitur-fitur atau plugin yang tidak perlu dari website Anda. Ya meskipun saat ini sudah banyak provider internet, namun tidak dapat dipungkiri kalau internet di Indonesia ini belum secepat akses internet di negara tetangga, so pastikan website Anda mudah diakses meskipun visitor hanya dilengkapi dengna jaringan yang terbatas.

Demikian beberapa tips sederhana yang mungkin bisa Anda pertimbangkan ketika ingin membuat sebuah mobile web. Yang terpenting adalah jangan pernah berhenti untuk terus mencoba dan melakukan tes berulang kali, karena dari situlah akan terlihat website seperti apa yang Anda butuhkan namun anda tidak perlu kuatir jika DigitalSquad yang menjadi digital agency anda.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori