Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Seberapa Penting Melakukan Testing Aplikasi Pada Mobile?

QUADRA SOLUTIONS – Testing adalah proses yang dibuat sedemikian rupa untuk mengindentifikasikan adanya ketidaksesuaian dari suatu aplikasi atau software dan tentu saja untuk menguji mutu dari suatu produk yang telah dihasilkan, apakah sesuai atau tidak dengan ketentuan yang berlaku?

Pengujian atau testing tool juga dapat dikatakan sebagai proses analisa dan entitas software. Proses ini memiliki tujuan untuk mendeteksi adanya perbedaan antara kondisi software yang ada dengan kondisi yang diinginkan (defects, errors, bugs) dan untuk mengevaluasi fitur-fitur yang ada dalam software tesebut.

Mei_4.png
Testing aplikasi mobile merupakan proses di mana aplikasi yang dikembangkan untuk menguji kegunaan dan konsistensinya pada perangkat mobile. Ada dua macam pengujian aplikasi pada perangkat mobile yang harus gunakan, yaitu pengujian pada hardware dan pengujian pada software. Bagi Anda yang memiliki berbagai macam perangkat mobile, tentunya Anda menginginkan spesifikasi hardware pada perangkat mobile yang digunakan asli.

Melakukan testing hardware pada perangkat mobile merupakan cara terjitu untuk mengetahui kondisi perangkat mobile yang Anda gunakan. Karena dewasa ini tidak sedikit oknum-oknum yang melakukan kecurangan dengan memalsukan spesifikasi yang dipakai. Namun tak hanya itu, pengujian hardware pada perangkat mobile dapat digunakan sebagai pengecekan kerusakan pada perangkat tersebut.

Simaklah dibawah ini pembahasan mengenai testing pada hardware dan testing pada software secara lebih jelas.

Testing Hardware

Prosesor, memori internal, ukuran layar, resolusi, besarnya kapasitas RAM, kemampuan kamera, bluethooth, WIFI, dan lain-lain merupakan bagian pada hardware yang menjadi komponen yang wajib Anda uji apakah sesuai atau tidak.

Testing Software

Dalam tahap ini kemudian aplikasi mobile yang telah dikembangkan akan diuji secara mendetail dan teliti. Fungsi dan konsistensi sebuah aplikasi mobile akan diuji. Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi mobile terbagi menjadi tiga macam yaitu: aplikasi mobile native, aplikasi mobile hybrid, dan aplikasi mobile web. Ketiganya tentu saja memiliki perbedaan dasar yang akan mempengaruhi dalam proses pengujian.

Pengujian aplikasi mobile jauh lebih kompleks dibanding pengujian aplikasi atau web untuk desktop, karena:

Perangkat mobile memiliki banyak macam ukuran layar konfigurasi hardware seperti, keypad, virtual keyboard (Touch Screen), trackball dan lain-lain.
Bermacam-macam sistem operasi yang dipakai, seperti Android dan iOS.
Bermacam-macam jenis jaringan mobile seperti, CDMA atau GSM, Semua rangkaian testing ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua standart kualitas dan kinerja perangkat mobile Anda telah terpenuhi. Maka dari itu sangatlah penting untuk melakukan testing aplikasi pada perangkat mobile yang Anda gunakan.

sumber
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori