Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Orang Papua tidak butuh uang

Penduduk Papua sebanyak 4,3 juta jiwa. adalah jumlah yang sangat sedikit dibandingkan luas wilayahnya. sebenarnya masyarakat papua tidak ada yang miskin, mereka makmur cukup makan cukup tidur semua punya rumah. intinya mereka hidup serba kecukupan. hal ini karena sistem adat yang sangat bagus dan mengutamakan jiwa sosial kemasyarakatan, sehingga jika ada warga yang kekurangan maka akan dibantu oleh anggota adat lainnya.
[align=justify]kata pengingat ; sistem adat. 



[align=center]batangan%2Bemas.jpg
[/align]



[/align]

[align=justify]Orang Papua tidak butuh uang. yang di inginkan oleh masyarakat papua adalah kemudahan akses transportasi dan komunikasi. mereka lebih membutuhkan ini. papua punya banyak hasil alam namun tidak bisa menjualnya keluar pulau atau minimal bisa dibawa dengan mudah ke pesisir pantai. [/align]
[align=justify]kata pengingat ; akses transportasi.



baca juga     ;    5 NEGARA PENGATUR EKONOMI DUNIA




Jika ada itikad baik dari perusahaan tambang disana agar masyarakatnya bisa memperoleh akses transportasi yang mudah. pasti akan mudah terwujud. jika pun pabrik semen berdiri di papua. harga semen akan tetap saja mahal, karena transportasinya harus carter pesawat. pabrik semen di manokwari, sewa pesawat ke merauke Rp 30 juta sekali jalan. harga semen yang di pabrik Rp 100 ribu, sampai di konsumen Rp 900 ribu.
kata pengingat ; biaya transportasi tinggi.



Apabila masyarakat papua berkehendak, tidak perlu perpanjang kontrak karya pertambangan. biarkan mereka bekerja dengan sistem jasa pertambangan dengan bayaran perak dan tembaga. emas menjadi milik rakyat papua dengan cadangan emas terbukti 13 juta ton. jika itu terjadi maka orang papua akan bingung sendiri karena setiap orang memperoleh 1 ton emas. [/align]
kata pengingat ; cadangan emas papua. 






[align=center]hutan%2Blindung%2Blorenzt.jpg[/align]



[align=justify]
Seharusnya papua dibagi dalam 4 atau 5 provinsi administratif, hal ini untuk mempersingkat waktu dan jarak tempuh ke pusat administratif. bayangkan dari merauke ke jayapura jaraknya 1.350 km itu setara dari cilegon ( banten ) sampai Banyuwangi ( jatim ). itu cuma buat urus ijin sekelas provinsi. demikian juga dengan sistem transportasinya, papua lebih cocok dibuat transportasi jalur kereta. selain lebih murah ( Rp 50 milyar/km ) dan cepat selesai daripada jalan raya beton ( Rp 150 milyar/km ).
kata pengingat ; kendala jarak tempuh.




kontur tanah yang berbukit menyulitkan pembangunan jalan raya, lebih mudah dan cepat jika dibuat rel kereta. kemudian akan muncul pertanyaan, dari mana uang untuk membangun ?
kata pengingat ; uangnya dari mana.




total panjang kereta penghubung papua sepanjang 10.000 km dengan biaya Rp 500 trilyun. dibangun dalam 10 tahun dengan target 1000 km tiap tahunnya. uang yang digunakan berasal dari penjualan emas yang proses penambangannya dibuat dengan sistem lelang kerja dan membayarnya kontraktor, pajak, royalty, dll dengan hasil penjualan perak dan tembaga. pertahun diperlukan Rp 50 trilyun untuk bangun 1000 km rel kereta itu setara 120 ton emas.
kata pengingat ; lelang kerja produksi.




[align=center]jarak%2Btempuh.png
[/align]




Merdeka atau lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia itu bukan jawaban. lihat timor leste, mereka keluar dari NKRI, kemudian terjebak dalam belenggu Australia. Solusi terbaik adalah kesepakatan dewan adat untuk menghentikan kontrak pertambangan dan sudah saatnya tembang emas dikelola sendiri. mereka akan ketakutan jika kontrak pertambangan dihentikan dan akan mencoba berbagai cara untuk mempertahankan itu.
kata pengingat ; merdeka bukan jawaban




Banyak jalan untuk menjaga cakar kapitalisme, seperti di lamongan jawa timur ( aktivis anti tambang dibunuh ), di afrika ( perang suku ), irak ( perang sekte agama ), bahkan di australia ( genosida suku asli ). Yang pasti saudaraku, perjuangan untuk kemandirian pasti harus dibarengi dengan pengorbanan. Kami saudaramu satu bangsa Indonesia siap mendukung. [/align]
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori