Contact Us

Mendalami Makna Cinta

Bicara menyangkut cinta tentu kita tak asing lagi lantaran kata-kata tersebut senantiasa terngiang-ngiang ditelinga kita, umpamanya saja saat kita mendengarkan radio, tentu ada lagu yg mendendangkan berkaitan cinta atau diwaktu kita baca buku atau novel, tentu kita lebih senang tema mengenai percintaan & itu merupakan perihal yg wajar lantaran terhadap umur puber inilah periode di mana seorang mulai sejak tertarik dgn lawan type & hal tersebut senantiasa dikaitkan bersama cinta. 

Pengertian Cinta 

Pengertian cinta itu sendiri susah dibedakan batasan maupun pengertiannya, sebab cinta yakni salah satu wujud emosi & perasaan yg dipunyai individu. & sifatnyapun subyektif maka tiap-tiap individu bakal memiliki makna yg tidak serupa tergantung terhadap penghayatan pula pengalamannya. 

Jenis-jenis Cinta 
Jenis-Jenis Cinta menurut Kelly dalam buku kesehatan reproduksi remaja membagi cinta itu jadi 3 kategori adalah : 

1. Cinta dikarenakan nafsu 
Ialah cinta yg mengakibatkan interaksi antar dua orang tak terkontrol lagi, emosi amat menguasai akal sehat satu orang maka tabiat seolah berlangsung dengan cara spontan utk menjawab rangsangan emosi yg berlebihan 
2. Cinta pragmatis 
adalah cinta berjalan keseimbangan antara dua orang, ada rasa senang & duka, serta adanya timbal balik. 
3. Cinta altruistik 
umumnya berjalan terhadap satu orang ibu pada anaknya, cinta ini disertai kasih sayang yg tak ada batasnya. 
Cinta itu berada terhadap ranah emosional & rasional. Cinta emosional ini datang & bertolak tidak dengan diprediksi,umpamanya : saya mencintaimu terhadap pandangan perdana, biarpun saya tidak bahagia bersamanya saya masih mencintainya dll. 

Ciri-ciri cinta emosional 
Adanya perasaan yg amat kuat, normalnya diarahkan kepada lawan kategori, di mana yg ada kepada pikiran pun hati yaitu bayangan kekasihnya 
Adanya egoisme, umumnya ada harapan-harapan bahwa kekasihnya yakni ideal yg ada dipikirannya & merasa kecewa seandainya kekasihnya berlainan bersama apa yg dia harapkan 

Cinta emosional mengandung unsur erotisme,yg kebanyakan mau mengungkapkan rasa cintanya bersama berpegangan tangan, berpelukan dll. Sedangkan cinta rasional tak didominasi oleh perasaan yg kuat namun lebih terhadap akal pikiran. Cinta rasional ini kebanyakan tak peduli apakah perasaannya terhadap satu orang yg dikuasai ini dibalas atau tak, dikarenakan ciri penting dari cinta ini yaitu berikan tidak dengan pamrih & tidak dengan syarat. 

Reaksi Psikologis & Fisiologis Kepada Dikala Muncul Cinta 
Diwaktu orang lagi jatuh cinta, sehingga dalam tubuhnya dapat memproduksi hormon Phenthylamine ( PEA), efeknya yaitu berlangsung peningkatan suhu badan, gula & tekanan darah, denyut jantung bakal lebih langsung & berkeringat, orang tersebut pun jadi penasaran, salah tingkah, bergairah (bersemangat), & gembira. 

Tanda- tanda Cinta 
Cinta adalah faktor yg amat sangat subyektif, satu orang bersama orang yang lain bakal memaknakan dengan cara berlainan. Tapi ada tanda-tanda yg menunjukkan adanya perasaan cinta : 
1. ada unsur keterkaitan & kekaguman 
kebanyakan cinta didahului oleh rasa minat & kekaguman, baik itu dikarenakan penampakan fisik, sifat, kapabilitas atau materi. Perihal mana yg menjadikan seorang itu tertarik tiap orang itu berbeda-bada. 
2. teringat konsisten dalam ingatan 
perasaan cinta menciptakan bayangan berkaitan orang yg dicintainya senantiasa ada dalam ingatan. 
3. adanya pengorbanan 
perasaan cinta memunculkan perasaan mau berbuat apa saja yg mampu membahagiakan & menyenangkan orang yg dicintai 
4. adanya minat seksual umumnya muncul rasa mau senantiasa berjumpa pun kemauan utk bersentuhan dengan cara fisik 

Arti Cinta Kepada Pandangan Perdana 

Cinta terhadap pandangan perdana ini baru kepada step persona kepada kesukaan fisik saja. Cinta ini digolongkan dalam passionate love yg ditandai oleh rasa rindu yg hebat buat berjumpa. Minat terhadap pandangan perdana ini dapat beralih & berkembang jadi cinta, tetapi mesti diikuti oleh proses kemudian adalah perkenalan & penjajakan. 

Beda Cinta & Sayang Pengertian Cinta 

Kebanyakan penduduk membedakan cinta ini lebih terhadap lawan tipe (pacar atau suami), sementara sayang itu berlaku dengan cara umum (ortu, saudara) 

Efek Cinta Dalam Kehidupan Remaja 

Cinta adalah factor yg normal, bahkan remaja amat sering bertanya-tanya apakah ia normal. Cinta pun menambah keceriaan dalam kehidupan manusia & penuh dgn nuansa emosi & perasaan (benci, sedih, sayang, rindu, kesal dll). 

Resiko cinta itu sendiri merupakan : 
ganti tingkah laku yg progesif. Perasaan cinta kadang memotifasi satu orang utk bertingkah laku lebih baik 
perubahan tingkah laku regresif yakni perasaan yg senantiasa tergantung terhadap orang lain 
menggali ilmu mengenal & menerima orang lain ( kelebihan & kekurangan juga perbedaan yg ada) 
tidak sedikit berfantasi (membayangkan) 

Cemburu 

Cemburu rata rata diperlihatkan oleh seorang kepada dikala satu orang merasa perhatian pasangannya berubah pada lainnya. Cemburu rata rata adalah tanda cinta bersyarat & egoisme, tanda kurang yakin diri & penghargaan diri.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori