Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Seting Charger Untuk Merawat Baterai

10338850_567605596736608_5379920362669964301_n.jpg?_nc_eui=ARg1hifWt-HQYkMvBMicIfkxdpFwZJuXcT7PJZz7BbitFbpvzcPP1Q&oh=bef8cb7777d6ea4934c8e1fc14a270d8&oe=5794ED11&__gda__=1469139149_df69d50c51f6ef496493a62a92130370

www.promomainan.com - Merawat baterai NICD dapat dilakukan dengan chrager yang memiliki fungsi cycle. Baterai NICD perlu dirawat bertujuan untuk memperoleh kondisi atau perfoma yang optimal setiap kali digunakan. Ada banyak merk charger baterai yang dapat digunakan untuk merawat baterai NICD, diantaranya adalah powerex MHC9000, Turnigy 4x6S, Hobbyking 4x6S dan masih banyak lagi. Tipe charger tersebut merupakan charger yang dapat digunakan untuk merawat baterai secara detil. Menurut kami merk bukanlah patokan, karena pada prinsipnya teknis dari merawat baterai NICD adalah dengan cara menguras muatan baterai secara maksimal kemudian mengisi muatan baterai lagi secara maksimal secara berulang-ulang.

Baca juga : Regulasi Tamiya STO 75 % (Peraturan STO 75)

Contoh Charger Untuk Merawat Baterai NICD

merawat baterai NICD,mengolah baterai NICD,cara merawat baterai,cara mengolah baterai,charger untuk mengolah baterai,charger untuk merawat baterai,seting charger,seting merawat baterai

Sebelum melalukan proses perawatan baterai sebaiknya kita perlu mengetahui kondisi baterai yang akan dirawat, hal ini penting untuk menentukan seting charger yang akan digunakan untuk merawat. Apabila kita tidak mengetahui history atau kondisi terakhir baterai sebaiknya seting charger di set ke refresh & analyze untuk charger powerex dan cycle sebanyak 1x (1 kali) untuk charger yang lain. Seting arus charge diset sesuai default powerex ke 1A dan 0,5A begitu juga dengan charger tipe lain.

Apabila hasil perawatan tadi menunjukan hasil kapasitas baterai kurang atau tidak sesuai dengan nominal kapasitas baterai, maka perlu dilakukan langkah break-in sesuai nominal kapasitas baterai dan untuk charger selain powerex dengan mode cycle 1x (1 kali) dengan seting arus charge sebesar 1/10 kapasitas baterai dan seting arus discharge sebesar 1/10 kapasitas baterai. Seting perawatan baterai seperti ini bertujuan untuk membangkitkan dan menata ulang struktur sel-sel baterai yang lemah karena efek memori pada baterai NICD sehingga kapasitas muatan baterai kembali normal.

Setelah langkah tersebut selesai, pada dasarnya baterai telah siap digunakan. Tapi apabila masih memiliki waktu sebaiknya dilakukan perawatan yang bertujuan untuk melatih baterai agar mampu mangalirkan arus secara maksimum dengan cara cycle. Untuk melatih baterai yang telah dirawat dan akan digunakan untuk lomba seting cycle pada powerex maupun charger turnigy atau hobbiking dilakukan cycle minimal 3x (3 kali) dengan seting arus charge 0,5A dan arus discharge 0,5A.

Perlu diingat dalam merawat baterai tersebut untuk selalu mencatat data hasil pengolahan baterai yang ditampilkan oleh charger. Yang perlu dicatat adalah data kapasitas baterai (muatan discharge), dimana data ini berguna untuk memasangkan baterai dengan kapasitas yang sama atau mendekati pada saat merawat baterai NICD tersebut.

Baca juga : Regulasi Tamiya STO 75 % (Peraturan STO 75)

sumber : http://bit.ly/Charger_tamiya

Komentar

  • Untuk merawat baterai agar awet tentu membutuhkan kedisiplinan gan. Recharge sebelum benar-benar habis agar tidak mudah soak. Kemudian juga dalam hal peralatan trading seperti smartphone, baterainya bisa dikondisikan biar awet.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori