Contact Us

Heboh Video Latihan Ekstrim Kopasus Dikecam

Video yang menunjukan sebuah latihan militer yang keras menarik perhatian media asing, Daily Mail. Video itu menunjukan latihan anggota Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU. Namun dalam laporannya, Daily Mail menyatakan itu adalah latihan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Dalam artikel yang berjudul "Lihat Latihan Mengerikan Tentara Indonesia yang Dihujani Peluru Ketika Merayap di Lumpur" pada 29 Desember 2015, Daily Mail menggambarkan latihan itu sebagai sesuatu yang sangat keras dan ekstrim.

2FA923D000000578-3377085-image-a-58_1451368775378.jpg

Rekaman itu menunjukan enam prajurit Paskhas melakukan kamuflase dan merangkak di tengah lumpur. Sementara, dua tentara lain menghujani mereka dengan peluru dari atas.

Semburan lumpur akibat peluru yang mendarat dekat tentara yang merayap dapat dilihat dengan jelas. "Tidak jelas persis di mana video tersebut direkam, tapi diyakini menunjukan militer Indonesia dalam pasukan khusus yang dikenal sebagai Kopassus," tulis Daily Mail.

Kopassus, lanjut media itu, telah melakukan latihan kontra-terorisme bersama pasukan SAS Australia. "Kopassus terkenal karena latihan-latihan mereka yang keras," tulis Daily Mail. 

2FA923CC00000578-3377085-image-a-59_1451368789307.jpg

"Pasukan (Kopassus) ini telah dikutuk oleh beberapa pasukan militer Barat karena sedang dibayangi dengan tuduhan pelanggaran hak asasi manusia."

Di Barat, Kopassus memang sering diserang isu pelanggaran HAM, tapi kehebatan pasukan ini tetap dikagumi.

2FA9326500000578-3377085-image-a-60_1451368832366.jpg

Sumber : Data Republika.co.id http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/01/06/o0ie5n361-video-latihan-paskhas-tni-gegerkan-media-asing
Related News: http://www.dailymail.co.uk/news/article-3377085/Indoneian-troops-narrowly-escape-barrage-bullets-alarming-drill.html

Videonya dari Youtube bisa ditonton disini

Atau langsung ke
never feel bother....

Komentar

  • Laporan Republika.co.id pada 29 September 2010 menunjukan bagaimana militer Autralia mengagumi Kopassus. Komandan Komando Operasi Khusus (SOCOM) Australia, Mayor Jenderal Tim MacOwen, mengaku terkesima atas kemampuan tentara Indonesia yang dinilainya profesional. Sehingga dirinya cukup puas ketika menyaksikan latihan penanggulangan teror bersama jajaran Kopassus TNI Angkatan Darat.

    "Kami mendapat banyak masukan berharga dari latihan bersama ini. Pasukan komando Anda sangat mumpuni dalam operasi penanggulangan teror seperti ini dan ini menjadi aset tidak ternilai untuk Indonesia," katanya di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, Selasa (28/9).

    Saat itu, MacOwen bersama sejawatnya, Komandan Kopassus TNI AD, Mayor Jenderal TNI Lodewijk Paulus, menyaksikan secara langsung operasi latihan bersama penanggulangan aksi teror di bandar udara internasional itu. Hanya perlu waktu tiga menit saja bagi pasukan khusus gabungan kedua negara itu untuk menggulung kawanan teroris yang dipimpin tokoh fiktif bernama 'Umar Patek', yang menuntut pembebasan para narapidana dan tahanan politik ditambah uang sebanyak Rp 5 miliar.

    Beberapa lantai bandar udara di Bali yang ramai itu bisa diduduki 'Patek' dan kawan-kawan. Untuk mempertegas tuntutannya, kawanan teroris itu menembak mati satu dari puluhan sandera dari lantai dua Terminal Keberangkatan Internasional Bandar Udara Ngurah Rai, yang diduduki mereka sejak dua hari sebelumnya.

    Panglima TNI tidak ingin keadaan bertambah buruk dan langsung memerintahkan Komando Pasukan Khusus TNI AD membentuk satuan tugas penanggulangan teror itu. Selain itu, ikut dibajak pula sebuah pesawat terbang maskapai penerbangan nasional di jalur Jakarta-Perth yang melengkapi jumlah sandera, yang sebagian adalah warga negara Australia.

    Komando Operasi Khusus Australia, atas perintah pemerintah negara itu, lalu menghubungi Markas Besar TNI agar bisa dilibatkan dalam operasi gabungan penanggulangan teror itu karena sebagian sandera adalah warga negaranya. Alhasil, waktu yang diperlukan guna membentuk satu satuan tugas gabungan menjadi sangat singkat sampai operasi itu pun digelar.

    "Salah satu bukti profesionalitas tentara Indonesia, dalam hal ini Kopassus TNI AD, adalah mampu melakukan koordinasi dan melakukan prosedur penyelamatan sandera dalam waktu singkat sekali. Kami sendiri juga lakukan hal serupa, akan tetapi waktu persis yang diperlukan tidak bisa saya ungkap pada Anda," katanya.

    Menurut MacOwen, pasukan khusus Indonesia memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dalam ketepatan dan kecepatan aksi. "Lihat saja, dalam waktu singkat bisa ditumpas para teroris itu. Kami mendapat pengalaman berharga."

    Komando Operasi Khusus Australia merupakan satu badan gabungan dari tujuh pasukan khusus yang dimiliki Australia. Dua di antara tujuh pasukan khusus itu telah sangat dikenal, yaitu 'Special Air Force' (SAS) Australia dan 'Australian Army Defence Force Commando'. Berlainan dengan Indonesia, di Angkatan Pertahanan Australia, ketujuh pasukan elit dari berbagai matra dan korps ini dikoordinasikan pembinaan dan pengerahannya ke dalam satu badan gabungan, yaitu SOCOM.

    Mereka juga menguasai prosedur-prosedur khusus yang berasal dari pasukan elit mitranya karena mereka sering saling berlatih. Di Indonesia, organisasi serupa dalam tubuh militer Indonesia tidak pernah terbentuk. Jika ada aksi teror maka pendekatan pengerahan pasukan yang ditunjuk menanggulangi hal itu lebih dilihat dari aspek wahana dan lokasi di mana aksi teror itu terjadi.

    http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/01/06/o0ie5n361-video-latihan-paskhas-tni-gegerkan-media-asing-part3
    never feel bother....
  • salut dan hormat untuk semua pasukan tentara yang menjaga Indonesia
  • tapi setau ane dulu waktu masih SMA (skitar 10th lalu) punya temen anak TNI juga, dia sering main ke tempat latihan TNI dan cerita tentang latihan kayak gitu..
    merayap di lumpur dan ditembaki dari atas..kok baru sekarang ya hebohnya..
    tips nya sih katanya cepet aja pas merayap di lumpur, jadi penembak juga akan mikir 2x buat membrondong tembakan :D
    kalau lambat pas merayap ya penembak dengan senang hati membrondong kanan kiri tentara yg sedang merayap
  • makanya pasukan indonesia sangat kuat.... karena latihanya simulasi perang sungguhan....

    bagi bule ... itu mengerikan.... bagi tentara indonesia... itu adalah standar minimal....
  • standart latihan TNI dari dulu juga gini dah....kan udah sering berita pasukan yang gugur latihan gara2 kena peluru :-P nape baru rame sekarang ya hahahahahaha
  • Kopasus memang top jer. itu latihannya sungguhan dan mengerikan siap hadapi ancaman an tantangan gangguan yang berasal dari dalam dan dari luar.
    Tapi harus diiringin dengan cinta agar mereka masih tetap manusiawi.
    Salam revolusi mental
  • Kopassus salah 1 army yg ditakutin didunia..Dan Kopassus juga masuk di peringkat 3 didunia best of army in the world..

    SALUT & SALAM HORMAT UNTUK KOPASSUS..SALAM KOMANDO!!!

    KOMANDO!!! KOMANDO!!! KOMANDO!!!
  • Kenapa dunia barat permasalahinnya sekarang?? Dari dulu juga udah kaya gini ko latihannya...
    Kebetulan mertua saya TNI AD, dia sering certa soal latihan Kopasus.. Kalau mereka gugur dalam latihan, itu udah bukan hal aneh..

    Makanya Kopasus itu, adalah Prajurit Elit yang sama sekali ga takut mati. Pokonya RESPEK berat deh, sama mereka..
  • menuruk aku biasa aja sih, karena di lapangan lebih berbahaya dari sekedar latihan..Kopasus mantap!
  • kan mau ngadepin tugas berat tuh kalau menurut ane si ok ok aja. biar pada pinter pas di medan nyata,
  • salut buat kopasus Indonesia, bakal bisa diandalkan !!!
    katanya sih kalo di luar itu menang teknologi, gak tau kenyataanya gimana.
  • Kopasus telah terbukti handal...
  • waiting for aksi kopassus bantai para koruptor...
  • widih, serem banget itu latihannya, ditembakin begitu
  • wiiihhhhhhh..

    ngeri kali ini, hohoho
  • kalau memang itu prosedurnya harus mau bagaimana lagi , latihan itu kan mempersiapkan pada kondisi nanti yang sebenarnya.
  • Bangga punya tentara yang disegani oleh negara luar..,maksud mereka HAM itu apa..mereka jadi tentara bukan karena paksaan tetapi memang pilihan mereka untuk mengabdi kepada negara
  • salut dengan tentara Indonesia smoga menjadi yg terbaik. prima plastik
  • saya kok malah bangga ya ... semoga kopasus tetap kuat dan tidak melempem karena demokrasi
  • Salut dan sukses buat TNI qt,NKRI harga mati
  • ya gitulah... barat kalo gak seneng terus main tuduh gak bener.
  • jadi inget :) , temen sampe ada yang kena (langganan) tembak di helm bajanya kalau lambat merayap :D
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori