Contact Us

Haramkah Tahun Baru ?

Menurut pendapat seseorang kalau merayakan tahun baru itu haram bagi komunitas agama tertentu, Benarkah demikian? Padahal tahun baru itu kan berdasarkan perputaran bumi mengelilingi matahari selama setahun. Bukankah yang seharusnya diharamkan perputaran bulan mengelilingi bumi? Dimana kita tinggalnya di bumi, pusatnya matahari. Bukan di bulan yang pusatnya bumi? Mohon maaf kalau saya ada salah ucap. Selamat Tahun Baru 2016.

Komentar

  • hmmm... didalam Islam terjadi dua pendapat ulama....

    1. haram karena mengikuti tradisi diluar tradisi islam
    2. boleh, selama tidak melakukan perayaan berlebihan/ perayaan yang menimbulkan dosa (seperti perayaan sambil minum miras, bakar petasan, di diskotik dsb)
  • Kalau masalah tahun baru islam, menurut om sutisna sendiri bagaimana? Berdasarkan bulan mengelilinfi bumi kan? Kalau masalah merayakan, mungkin tergantung perayaan yang dilakukan secara negatif pasti akan ditolak agama manapun. Hanya saja jika dilakukan secara positif, seperti berdoa apa masih dikatakan haram untuk merayakan ulang tahun bumi?
  • SIBAGARIANG menulis:
    Kalau masalah tahun baru islam, menurut om sutisna sendiri bagaimana? Berdasarkan bulan mengelilinfi bumi kan? Kalau masalah merayakan, mungkin tergantung perayaan yang dilakukan secara negatif pasti akan ditolak agama manapun. Hanya saja jika dilakukan secara positif, seperti berdoa apa masih dikatakan haram untuk merayakan ulang tahun bumi?

    perayaan tahun baru islam... juga merupakan hal baru.... karena di zaman rasul... tidak dilakukan perayaan...
    penentuan 1 muharam dan awal tahun ke 1 hijriyah sendiri dilakukan oleh khalifah ke 2 yaitu umar bin khatab... bukan jaman rasul.
    dan sejauh sayah pernah membaca... saling mengucapkan selamat tahun baru )... tidak dilakukan dizaman rasul... maupun 4 khalifah awal...... baru dilakukan dizaman setelahnya.

    jadi menurut sayah pribadi.... untuk menentukan haram atau tidaknya.... bukan pada perayaan tahun baru-nya....
    tetapi.... pada bagaimana cara merayakannya....
  • Berarti kalau ndan sutisna mengucapkan selamat tahun baru, tidak haram kan?
    Dan saya juga setuju dengan pendapat pribadi ndan sutisna.
  • Jaman dahulu sih gak ada yg namanya ngerayain kembang tahun baru.. Tpi menurut sy sih yg penting niat kita saja klo mau tahun baruan. Kalo niatnya berlibur untuk menyenangkan keluarga menurut sy tidaklah HARAM. Tapi klo niatnya sudah berfoya2 ya bisa juga HARAM karena menghamburkan banyak uang.
  • hukumnya haram merayakan tahun baru sambil bakar sate dan jagung tapi loe kaga ngajak2 g
  • erick2 menulis:
    hukumnya haram merayakan tahun baru sambil bakar sate dan jagung tapi loe kaga ngajak2 g

    ini sayah setuju.....
    karena kikir dan pelit... itu dilarang agama..... :D
  • Hahahahaha..... apa ga takut nanti dikatain berbeda dengan aliran muslim y lain? Hanya karena diajak bakar2 jagung dan sate di malam tahun baru.. hihihi
  • SIBAGARIANG menulis:
    Hahahahaha..... apa ga takut nanti dikatain berbeda dengan aliran muslim y lain? Hanya karena diajak bakar2 jagung dan sate di malam tahun baru.. hihihi

    Tren-nya sekarang memang lagi dipecah pecah antar muslim. Tapi bukan antar agama.
    Soalnya kalau GFT nyaman ajah seperti biasa :p
    never feel bother....
  • Ijin nyimak teman. Tahun baru hanya seremonial bukan acara keagamaan. Terimakasih
  • lasealwin menulis:
    Ijin nyimak teman. Tahun baru hanya seremonial bukan acara keagamaan. Terimakasih

    apa iya?

    http://www.katedralsemarang.or.id/index.php/berkat-katedral-semarang/64-memaknai-natal-dan-tahun-baru
  • ha ha ha..., apa kabar pak dokter, masih eksis ya. mana nih bintang2 GFT seperti mas badrun, uda cie, maylo01, big2besar, arlnov, dll ?

    Pertanyaan saya, apa gunanya merayakan tahun baru ? mengapa kita tidak mengadakan perayaan bulan baru setiap tanggal 1 ? mengapa kita tidak mengadakan perayaan minggu baru setiap hari senin ? atau mengadakan perayaan hari baru setiap jam 00:00 ? toh semuanya juga serba baru. Jadi bagi umat Islam saya rasa itu mubazir dan sia-sia.

    Perbandingan dengan perayaan hari besar dalam Islam (Iedul Fitri dan Iedul Adha), pada hari raya Iedul Fitri ada momen khusus di situ yaitu kembalinya manusia kepada setting awal (fitrah), bahagianya manusia karena dosa-dosanya diampuni (dihapus), dll. Begitu juga dengan Iedul Adha ada momen khusus juga yg perlu di ingat dan disyukuri.

    Monggo yang lain menambahkan :D (hi hi hi, maaf ane bingung nyari menu emoticon)
  • Udah lama enggak Komen ah dirumah ini
    kalau ceritanya begini gimanan ??
  • Tahun baru islam adalah tahun baru Hijriah, jadi sebaiknya kita rayain aja tahun baru islam secara islami, tidak berlebih lebihan dan lebih banyak tafakur merenungi apa saja yang telah kita perbuat selama ini
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori