Contact Us

Kiat Memilih Cloud Hosting yang Baik

Di era digital seperti sekarang ini, semakin banyak perusahaan yang mencari Cloud Hosting Indonesia. Banyak perusahaan yang semakin menyadari pengaruh positif yang ditawarkan oleh dunia digital dalam menghadapi persaingan usaha dan berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan di dunia digital.

Dahulu, sebuah perusahaan biasa menyimpan data dalam bentuk fisik pada sebuah kertas. Seiring perkembangan jaman, data tersebut berubah menjadi data non-fisik yang tersimpan di komputer. Di era digital sekarang ini, Anda tidak perlu membangun sebuah infrastruktur database dengan segala macam software yang beredar di pasaran. Anda cukup memanfaatkan jasa Cloud Hosting di Indonesia yang akan membangun infrastruktur database perusahaan di tempat penyimpanan imajiner (Cloud yang berbasis internet).

Memilih_Cloud_Hosting_di_Indonesia_yang_Tepat.jpg


Efisiensi Biaya hingga Mencapai 50%
Dengan menggunakan Cloud Hosting di Indonesia, Anda dapat melakukan efisiensi investasi IT sebesar 50%. Sebuah perusahaan, standarnya harus memiliki sebuah Database Server yang terdiri dari:

SQL Server Standard 2014
8 Core, 32 GB Memory dan 1TB HDD
Passive Redundancy
Total Users: 100


Bila Anda memilih jalan konvensional, investasi awal Database Server perusahaan Anda akan mencapai total USD 96.070 dengan biaya maintenanceper bulan mencapai USD 1.000. Bila Anda memilih untuk menggunakan Cloud, biaya investasi awal mencapai USD 1.600 dengan total biayamaintenance per bulan mencapai USD 2.040.

Memang biaya per bulan Conventional Database Server lebih murah dari Cloud Database Server, akan tetapi bila dibandingkan dengan biaya investasi awal tentunya angka investasi sebesar USD 1.000 jauh lebih murah dari investasi sebesar USD 96.070.

Setelah mengetahui perbandingan harga, Anda juga perlu mengetahui perbandingan jenis-jenis Cloud Hosting di Indonesia sebagai berikut.

Software as a Service (SaaS) yang Lebih Murah
Software as a Service (SaaS) merupakan tipe penyedia jasa yang paling murah. Layanan yang mereka tawarkan ditujukan untuk end user. Namun kurang cocok untuk perusahaan yang sudah dalam tahap advance karena kurangnya kontrol data (diserahkan semua pada penyedia jasa Cloud). Selain itu, ada kemungkinan tipe SaaS ini masih rentan dari sisi regulasi pemerintah.

Infrastructure-as-a-service (IaaS) dan Platform-as-a-service (PaaS) yang Lebih Advance
Tipe yang disarankan adalah Infrastructure-as-a-service (IaaS) dan Platform-as-a-service (PaaS). Tipe IaaS memiliki keuntungan yang memungkinkan Anda untuk menjalankan software sebagai operating system ataupun juga aplikasi dan juga untuk menyimpan data. Sedangkan PaaS menyediakan infrastruktur yang memungkinkan Anda untuk membangun dan mengembangkan aplikasi berbasis Cloud, baik untuk kepentingan sendiri ataupun juga sebagai pelayanan untuk konsumen.

Cermat dalam Memilih Penyedia IaaS dan PaaS
Secara kasat mata, tiga tipe SaaS, IaaS, dan PaaS memiliki keuntungan yang membebaskan Anda dari keharusan untuk mengeluarkan biaya lebih banyak dalam membeli perangkat hardware. Akan tetapi, IaaS, dan PaaS memiliki keunggulan lebih dari sisi regulasi pemerintah dan juga fleksibilitas layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda yang lebih advance.


Dalam memilih tipe yang paling advance yaitu PaaS, Anda harus memperhitungkannya dengan lebih cermat. Pembangunan infrastruktur database yang dilakukan oleh PaaS akan dilakukan berdasarkan proprietary programming interfaces (APIs) yang memungkinkan terjadinya kondisi "lock-in". Walaupun tetap fleksibel dalam beradaptasi sesuai dengan perkembangan jaman, Anda mungkin akan mengalami kesulitan jika harus berpindah dari penyedia jasa yang satu ke yang lainnya. Perpindahan ini bisa memakan effort yang lebih besar, terutama dari segi waktu dan kerumitannya. Jadi, sangat disarankan untuk memilih mereka yang sudah terbukti kapabilitasnya agar selalu bisa Anda andalkan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sebagai pionir teknologi yang selalu berkembang sesuai dengan transformasi era digital yang modern sekarang ini, VibiCloud menyediakan jasa lebih dari hanya sekedar Cloud Hosting di Indonesia. VibiCloud menyediakan layanan End to End Solution dengan infrastruktur lengkap dan terintegrasi yang aman, mudah, dan dapat diandalkan. Semuanya dikembangkan sesuai dengan regulasi pemerintah yang berlaku saat ini.


sumber: Vibicloud.com

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori