Contact Us

Mengenal bioaktivator

Bagi rekan-rekan yang  hobinya di dunia tanaman mungkin  kata-kata bioaktivator sudah tidak asing lagi , tapi bagi rekan-rekan yang belum tau apa itu bioaktivator mungkin artikel ini cocok untuk kita baca . Bioaktivator merupakan sekumpulan mikroorganisme yang  berguna untuk mempercepat proses pelapukan bahan organik menjadi kompos, Bioaktivator bisa kita buat sendiri di rumah , berikut ini cara membuat bioaktivator .

[size=medium]Membuat  bioaktivator dari  tape[/size]

Bahan-bahan
  • Tape secukupnya, bisa tape singkong atau bisa juga tape ketan .
  • Gula pasir 
  • Air  sebanyak 1500 ml ( seukuran botol plastik air minum botol besar )
Cara membuatnya

Isi  botol plastik bekar air mineral dengan ukuran 1500 ml , kemudian masukkan gula pasir kedalam botol plastik bekas air minum tadi setelah itu dikocok-kocok hingga semua gula larut dalam air, tujuan pemberian gula tadi adalah pemberian makanan pada mikroorganisme yang akan kita masukkan ke dalam botol plastik tadi. Setelah yakin semua gula larut dalam air tadi kemudian masukkan tape yang sudah kita persiapkan ke dalam air dalam botol plastik tadi. Tunggu 4-5 hari kemudian , akan tercium aroma alkohol. kalau sudah tercium aroma alkohol maka bioaktivator sudah bisa kita gunakan untuk membuat kompos.  Jika kita ingin memperbanyak  bioaktivator maka caranya adalah, tuang cairan bioaktivator dalam botol plastik tadi ke dalam 2 buah botol plastik kemasan 1500 ml  hingga kedua botol tadi terisi 1/2 air , kemudian masing-masing botol plastik tadi tambah dengan air hingga keduanya penuh dan jangan lupa tambahkan gula pada masing-masing botol tadi.

[size=medium]Membuat bioaktivator dari nasi basi [/size]

Jurus yang paling mudah dalam menangani nasi basi adalah memberikannya pada hewan ternak kita seperti ayam , itik , angsa , dll . taukah kita bahwa nasi basi juga bisa kita gunakan sebagai bahan bioaktivator , cara membuatnya adalah sbb :

Bahan-bahan :
  • Nasi basi 
  • Gula pasir 
  • Air secukupnya. 
Cara membuatnya

[align=center]bioaktivator%2Bdari%2Bnasi%2Bbasi.jpg[/align]

Nasi basi  dikepal seukuran bola pingpong / bola golf , sebanyak 7 buah
Simpan di tempat tertutup seperti  tupperware , baskom atau apa saja yang penting tertutup lalu beri tutup diatasnya seperti dedaunan , tapi harus diberi sirkulasi udara. Setelah 7 hari akan terbentuk  jamur , warnanya putih seperti bulu-bulu kapas .
Masukkan nasi basi yang sudah tumbuh jamur tadi ke dalam wadah yang sudah diberi air dan gula dan tunggu / biarkan selama 24 jam
Setelah 24 jam maka bioaktivator siap untuk digunakan


[size=medium]Membuat kompos dengan  bioaktivator [/size]

Sebagaimana sudah saya jelaskan diatas bahwa kegunaan dari bioaktivator adalah untuk membantu proses pembuatan kompos , berikut ini bagaimana caranya membuat  kompos dengan bioaktivator .

Bahan- bahan :
  • Limbah organik 
  • Bioaktivator 
  • kotoran sapi 
  • komposter. 
Cara membuatanya :
Bahan-bahan organik dicacah dengan menggunakan mesin pencacah kompos , atau jika kita belum memiliki mesin ini kita bisa mencacahnya dengan menggunakan pisau .
Setelah dicacah langkah selanjutnya adalah tambahkan bioaktivator kedalam cacahan organik tadi , perhatikan kelembapannya jangan terlalu lembab dan juga jangan terlalu kering.
Setelah ditambahkan bioaktivator , tambahkan juga kotoran sapi , tujuannya adalah sama dengan pemberian bioaktovator yakni mempercepat proses pembentukan kompos.
campuran antara cacahan bahan organik , bioaktivator , kotoran sapi  setelah diaduk rata masukkan kedalam komposter, maksud dari dimasukkan kedalam komposter adalah untuk mempermudah proses pembalikan nantinya , namun jika kita belum memiliki alat komposter ini , kita bisa menyimpannya di atas tanah atau lantai yang diberi penutup.
kompos akan matang setelah 21 hari dengan ciri tidak berbau , massanya ringan , warna coklat kehitaman.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori