Contact Us

Indonesia Siap Hentikan Impor BBM dari Luar Negeri

Hari ini Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bersama jajaran Menteri Kabinet Kerja meresmikan pengoperasian proyek Residual Fluid Catalytic Cracking (RFCC) Kilang Cilacap. Proyek ini akan menambah kapasitas pengolahan Kilang Cilacap dari 350 ribu barel per hari (bph) menjadi 412 ribu bph.

Saat peresmian peresmian tersebut, JK menyatakan bahwa ke depan Indonesia tidak akan lagi mengimpor bahan bakar minyak (BBM). Saat ini saja, dengan beroperasinya RFCC Kilang Cilacap dan Kilang Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) mampu menekan impor BBM hingga 30 persen.

“Penambahan kapasitas kilang yang telah dan akan dilaksanakan Pertamina, kami optimistis Indonesia dapat terbebas sama sekali dari impor BBM,” kata JK dalam keterangan resminya, Kamis (26/11).

Proyek RFCC Kilang Cilacap senilai US$ 846,89 juta akan mengolah produk-produk residu yang selama ini dijual murah, menjadi produk bernilai tinggi. Beberapa produk yang akan dihasilkan adalah BBM dengan angka oktan yang tinggi (HOMC), LPG (liquid petroleum gas), dan produk baru petrokimia.

Selengkapnya : http://katadata.co.id/berita/2015/11/26/jk-optimistis-ke-depan-indonesia-setop-impor-bbm
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori