Contact Us
MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia

MEGA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL TRANS JAWA

[size=x-small]Proyek jalan tol trans jawa merupakan salah satu mega proyek pembangunan jalan tol yang dicanangkan pemerintah dan masih dalam proses hingga saat ini. Tol yang termasuk ke dalam salah satu jaringan jalan asia atau disebut dengan asian highway 2 ini menghubungkan 2 kota besar di indonesia, tepatnya di pulau jawa yaitu jakarta dan surabaya. Mega proyek tol trans jawa ini ditargetkan memiliki panjang sekitar kurang lebih 1000 kilo meter dan akan membentang sekaligus menyatu dengan beberapa ruas tol lain yang telah beroperasi di empat provinsi.[/size]
[size=x-small]Proyek pembangunan jalan merupakan salah satu fasilitas yang diberikan pemerintah untuk memudahkan perjalanan masyarakat. Untuk merencanakan dan menjalankan proyek pembangunan sebuah jalan itu akan melewati sebuah proses yang sangat panjang. Pemerintah, dalam hal ini dinas pekerjaan umum harus berusaha keras menarik para investor untuk menyelesaikan permasalahan biaya. Belum lagi masalah tentang pembebasan lahan. Sebuah jalan, terutama jalan tol akan memerlukan banyak lahan yang biasanya dibangun diatas lahan milik warga seperti persawahan dan lainnya. Hal ini akan sangat membutuhkan cukup usaha untuk melakukan negosiasi dengan pemilik lahan dan negosiasi tersebut tentu saja tidak akan begitu mudah. Hal yang sama juga berlaku bagi proyek trans jawa ini.[/size]
[size=x-small]Mega proyek tol trans jawa merupakan prakarsa dari kementrian pekerjaan umum yang kemudian dijalankan langsung oleh bpjt atau badan pengatur jalan tol. Proyek senilai kurang lebih rp. 46,77 triliun ini sebenarnya merupakan gagasan sejak tahun 1990-an. Namun karena krisis ekonomi yang kian melanda indonesia membuat proyek ini harus terhenti sementara. Baru ketika periode presiden megawati, proposal kemudian dikeluarkan namun baru dijalankan ketika masa jabatan susilo bambang yudhoyono dan masih berlangsung hingga saat ini. Tender proyek ini pun dibuka untuk menarik investor baik dalam negeri ataupun luar negeri. Penarikan investor ini cukup sulit karena ruas yang menjadi lahan proyek terbilang miskin kendaraan lewat. Namun, kemudian bpjt berhasil menarik investor untuk 14 ruas dari jalan tol. Keberhasilan ini pun tak lepas dari insentif pemerintah mengenai jaminan pembebasan lahan dan perolehan kredit konstruksi.[/size]
[size=x-small]Tol trans jawa sendiri merupakan proyek pembangunan yang kini telah menjadi salah satu prioritas utama pemerintahan. Dari hasil berbagai studi kelayakan, tol ini akhirnya menjadi salah satu jaringan jalan asian atau asian highway 2 yang berfungsi untuk menghubungkan dengan berbagai negara di benua asia. Proyek ini juga sejalan dengan salah satu program miliki presiden jokowi dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur yang diharapkan akan membantu dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.[/size]
[size=x-small]Telah kita ketahui bahwa tol trans jawa merupakan mega proyek pembangunan tol yang akan terbentang untuk menghubungkan 2 kota besar yaitu jakarta dan surabaya. Proyek ini tentu saja membutuhkan lahan ruas yang jumlahnya tidak main-main. Untuk merealisasikannya, pemerintah pun harus bekerja ekstra dalam pembebasan lahan-lahan yang akan digunakan untuk pembangunan jalan tol ini. Diantara lahan ruas yang digunakan adalah ruas kartosuro – karanganyar, ruas sragen – ngawi, ngawi – madiun, madiun – caruban dan caruban – nganjuk. Lahan-lahan inilah yang diatasnya akan terbentang jalan tol penghubung jakarta dan surabaya.[/size]
[size=x-small]Dan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa selain menggunakan lahan baru tentu saja, jalan tol trans jawa akan menyatu dengan beberapa ruas tol lain yang kini telah beroperasi. Ruas-ruas tersebut setidaknya ada sembilan ruas yaitu ruas tol cikampek – palimanan, ruas tol pejagan – pemalang, ruas tol pemalang – batang, ruas tol batang – semarang, ruas tol semarang – solo, ruas tol solo – ngawi, ruas tol ngawi – kertosono, ruas tol mojokerto – kertosono dan tol surabaya – mojokerto. Kesembilan ruas tol inilah yang akan membantu menghubungkan tol trans jawa dari jakarta hingga surabaya.[/size]
[size=x-large]Target dan perkembangan terkini proyek tol trans jawa[/size]
[size=x-small]Meruntut dari pengalaman setiap pembangunan jalan tol di indonesia, ternyata masalah pembebasan lahanlah yang paling mendominasi dalam hal menghambat proses pembangunan. Untuk itu, usaha ekstra dari pemerintah dalam membebaskan lahan adalah hal yang sangat penting dan dibutuhkan untuk mengatasi hambatan tersebut. Dan berkat usaha-usaha yang telah dilakukan oleh pemerintah, kini sebagian besar lahan yang dibutuhkan dalam proyek ini telah dibebaskan dan sisanya akan terus bertahap dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2017 mendatang.[/size]
[size=x-small]Hal ini terbukti dari laporan langsung mentri pekerjaan umum dan perumahan rakyat (pupr) yang bernama basuki hadimuljono yang menyatakan bahwa hampir dari semua lahan untuk pembangunan tol trans jawa telah berhasil dibebaskan. Contohnya seperti 94 persen lahan ruas kertosuro – karanganyar sepanjang 10,4 km telah bebas, lalu 91 persen lahan ruas tol karanganyar – sragen sepanjang 13,7 km, 88 persen lahan ruas sragen – ngawi sepanjang 54,5 km, 84 persen lahan ruas ngawi – madiun sepanjang 19,6 km, 69 persen lahan ruas madiun – caruban sepanjang 8,5 km dan juga 63 persen untuk lahan ruas tol caruban – nganjuk sepanjang 35,6 km. Lahan-lahan ini telah bebas sepenuhnya dan sedang dalam proses pengerjaan. Sedangkan penyelesaian tol trans jawa sendiri, ditargetkan akan selesai dan siap beroperasi pada tahun 2018.[/size]
[size=x-large]Manfaat tol trans jawa untuk masyarakat[/size]
[size=x-small]Secara umum, pembangunan jalan tol itu memiliki tujuan dan manfaat tertentu. Tujuannya sendiri diantaranya adalah menjadikan lalu lintas di daerah yang berkembang lancar, menunjang pertumbuhan ekonomi lewat peningkatan pelayanan distribusi jasa dan barang, meningkatkan hasil pembangunan dan juga keadilan serta meringankan beban pemerintah dalam hal dana lewat partisipasi dari pengguna jalan. Sedangkan manfaat dari adanya jalan tol adalah memberikan pengaruh pada peningkatan ekonomi dan perkembangan wilayah melalui pembangunan jalan tol, peningkatan aksebilitas dan mobilitas orang serta barang, penghematan biaya dan waktu bagi pengguna tol dan pengembalian investasi dari tarif tol untuk badan usaha.[/size]
[size=x-small]Selain semua tujuan dan manfaat tersebut, proyek pembangunan tol trans jawa sendiri secara khusus memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya bagi masyarakat indonesia. Berikut beberapa manfaat jalan tol trans jawa yang bisa didapatkan. Pertama, tol trans jawa memberikan pengaruh besar bagi perkembangan berbagai industri lokal seperti meningkatnya nilai properti. Kemudian, tentu saja adanya tol ini akan sangat mengurangi angka kemacetan kendaraan terutama pada saat mudik lebaran. Lalu para pengguna jalan terutama pemudik yang menuju surabaya, akan sangat hemat waktu di perjalanan.[/size]
[size=x-small]Selain itu, adanya tol trans jawa juga sangat bermanfaat dalam peningkatan konektivitas, penyebaran pembangunan dan juga munculnya pilihan pembangunan wilayah lainnya. Itulah beberapa ulasan mengenai letak, perkembangan dan manfaat dari adanya proyek tol trans jawa yang sangat diusahakan pembangunannya oleh pemerintah hingga saat ini. Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi yang anda butuhkan tentang perkembangan terkini jalan tol trans jawa yang ditargetkan akan selesai dan beroperasi pada tahun 2018 mendatang.[/size]
[size=x-small]Deskripsi : jalan tol trans jawa merupakan mega proyek pembangunan jalan tol yang menghubungkan 2 kota besar yaitu jakarta dan surabaya.[/size]

[size=x-small][font=Open Sans, Helvetica, Arial][size=x-small]sumber : http://infotol.org/[/size]
[/font][/size]

Komentar

  • Dengan adanya Mega proyek tol trans jawa yang dikerjakan oleh pemerintah ini, akan semakin mudah para perantau arek suroboyo yang ada di Jakarta buat mudik lebaran. :D
    Karena saya kerja di proyek pembangunan, jadi sedikit tahu yang namanya bahan-bahan untuk memperkuat jalan seperti bahan Non Woven, Geo Textile dan lain-lain
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori