Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Dikritik Rizal Ramli, Pertamina Tetap Bangun Pipa BBM Rp 5,8 Triliun

PT Pertamina (Persero) tetap melanjutkan rencana pembangunan jaringan pipa distribusi bahan bakar minyak (BBM) dengan nilai investasi US$ 400 juta atau sekitar Rp 5,8 triliun. Padahal, sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mempersoalkan rencana tersebut karena dianggap tidak sesuai dengan kebutuhan negara saat ini.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Puspanegoro mengatakan, pihaknya berencana menambah jaringan pipa untuk menyalurkan BBM saat ini yang sepanjang 1.283 kilometer. “Ke depan kami bisa tingkatkan dua kali lipatnya," katanya dalam konferensi pers Pertamina di Jakarta, Jumat (25/9).

Fokus penambahan pipa BBM tersebut di Pulau Jawa. Terdiri atas jalur Balongan-Cikampek, Cikampek-Plumpang, Lomanis-Maos, Maos-Rewulu, Rewulu-Boyolali, Lomanis-Tasikmalaya, Tasikmalaya-Ujung Berung, Ujung Berung-Padalarang, Tuban-Surabaya, Tanjung Priok-Plumpang. Total panjangnya sekitar 956 kilometer. Adapun total kebutuhan pengembangan pipa di seluruh Jawa mencapai 2.239 kilometer.

Selain untuk mendukung pipa yang sudah ada, menurut Wianda, penambahan jaringan pipa ini untuk mengantisipasi risiko pendistribusian BBM ke pelosok daerah. Risiko menggunakan truk untuk mendistribusikan BBM lebih besar karena masalah kemacetan di jalan raya dan potensi bahaya kebakaran.

Sumber

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori