Contact Us

PERCEPAT PEMBANGUNAN, 2017 TOL SEMARANG SOLO SIAP BEROPERASI

[size=small]Tol semarang solo merupakan salah satu target jawa tengah sebagai bagian dari rencana pembangunan trans jawa. Untuk pembangunannya hingga saat ini jalan tol yang menghubungkan dua kota utama di provinsi jawa tengah ini mulai dibangun pada tahun 2007 hingga sekarang dan melalui 6 kabupaten yang antara lain adalah kota semarang, kabupaten semarang, boyolali, karanganyar, sukoharjo dan salatiga. Untuk melaksanakan proyek pembangunan jalan tol yang diperkirakan sepanjang ± 75,8 km ini pihak pengelola jalan tol bekerjasama dengan pt trans marga jateng selaku pemenang tander.[/size]
[size=x-large]Latar belakang dibalik pembangunan tol semarang solo[/size]
[size=small]Jalan tol ini memiliki makna strategis untuk mengembangkan pembangunan di daerah jawa tengah pada khususnya dan kemudian akan berdampak pula pada pengembangan dalam skala regional. Dan apabila pembangunan ini disertai dengan jalur akses yang memadai tentu akan berdampak pada lancarnya mobilitas dan secara berkesinambungan akan menciptakan pengembangan wilayah yang terpadu dan menyeluruh. Terlebih mengingat wilayah semarang hingga bawen merupakan kawasan industry yang potensial di daerah ungaran. Perekonomian yang potensial ini seringkali terhambat akibat kemacetan yang tak teruraikan di beberapa titik, terlebih saat pagi atau sore hari. Untuk itulah dengan dibangunnya tol baru dengan jalur sementara semarang bawen ini aksesibilitas tetap berjalan lancar bahkan dapat lebih singkat dalam segi jarak tempuh maupun waktu perjalanan.[/size]
[size=small]Pembangunan jalan tol alternatif ini juga didasarkan pada jalur jalan raya semarang solo yang telah ada selama ini, dimana pada jalur jalan lama memiliki kontur jalan yang cenderung vertikal yang terjal sehingga beberapa kendaraan khususnya truk dan kendaraan berat lainnya kesulitan untuk melewati jalan yang memiliki topografi berbukit-bukit ini. Untuk perencanaan, kontur pada jalan tol alternatif ini dibuat lebih landai meskipun tetap dengan kelokan-kelokan tajam akibat berada pada jalur perbukitan, namun dipastikan bahwa jalur alternatif yang disediakan jauh lebih mumpuni untuk semua jenis kendaraan yang tentunya merupakan kendaraan dengan mobilitas jarak jauh.[/size]
[size=x-large]Perkembangan pembangunan jalan tol semarang solo[/size]
[size=small]Berdasarkan berita yang dilansir dalam laman pu pembangunan jalan tol yang menghubungkan kota semarang dan solo ini dibagi menjadi 5 seksi. Seksi i adalah ruas jalur semarang ungaran dengan jarak sepanjang 11 km. Tol seksi i ini telah selesai dibangun dan telah dioperasikan sejak tanggal 10 november 2011 lalu. Untuk seksi keduanya adalah ruas ungaran bawen sepanjang 11,95 km yang telah diresmikan pada bulan april lalu. Sementara pembangunan jalan untuk seksi iii yang merupakan ruas bawen salatiga sepanjang 17,29 km hingga kina masih dalam proses pengerjaan. Untuk seksi ke iv ruas salatiga boyolali sepanjang 24,13 km dan seksi v ruas boyolali solo sepanjang 8,41 km masih menunggu untuk dikerjakan selain menunggu pengerjaan dari proyek jalas seksi iii selesai pada pengerjaan proyek jalan seksi iv juga masih sedikit terhambat terkait dengan ijin lahan.[/size]
[size=small]Setelah dioperasikan sejak tahun 2011 lalu dan cukup efektif memperlancar jalur transportasi darat dari semarang menuju ungaran, pada tanggal 4 april 2014 menteri pekerjaan umum (pu) djoko kirmanto meresmikan pengoperasian jalan tol semarang solo seksi ii yang merupakan jalur ungaran bawen. Dalam sambutannya tersebut menteri pu berharap dengan selesainya pembangunan jalan tol ini dapat memberikan dampak pada pengembangan kawasan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah jawa tengah. Dan terselesaikannya pembangunan jalur tol ungaran bawen ini menjadi permulaan bagi pembangunan jalan tol yang menghubungkan wilayah semarang dan solo seksi iii yakni untuk ruas jalur bawen salatiga.[/size]
[size=small]Saat ini seksi ke-3 dari pembangunan tol di semarang-solo ini telah mencapai ruas bawen salatiga yang telah melewati proses tender kontruksi dan telah dikerjakan sejak akhir juli 2015 ini. Untuk proses pembangunannya sendiri, pihak marga melibatkan beberapa kontraktor, dengan menggandeng beberapa kontraktor sekaligus ini diharapkan pengerjaan ruas jalan tol bawen salatiga ini dapat selesai lebih cepat dari perencanaan. Proses pembangunan pada seksi ke-3 ini sendiri tidak terlalu banyak kendala seperti pada proyek seksi ke-2 yang sedikit terhambat terkait dengan pembebasan lahan. Pada seksi ke-3 pembebasan lahan cukup lancar dan ditargetkan dapat selesai sebelum lebaran 2016 mendatang.[/size]
[size=small]Tidak semulus proyek seksi ke-3, pada seksi iv pembangunan ruas jalan alternatif semarang-solo ini yang merupakan ruas jalan salatiga boyolali ini masih terhambat dengan masalah pembebasan lahan. Seperti yang diungkapkan oleh kepala badan pembangunan jalan tol yang dilansir dalam laman pu bahwa masih ada lahan yang belum dapat dibebaskan karena beberapa hal yang diantaranya adalah terkait dengan kepemilikan oleh instansi lain ataupun masih menjadi hak miliki masyarakat. Namun meski demikian percepatan pembangunan jalan tol masih sangat ditekankan selain untuk mengurangi beban kendaraan di jalan utama juga untuk mengejar ketertinggalan dalam pembangunan jalan tol khususnya untuk wilayah jawa tengah.[/size]
[size=small]Selain terkait dengan masalah pembebasan tanah, pada pembangunan ruas jalan tol seksi ke-4 dan ke-5 ini juga memiliki kendala terkait dengan kondisi geologi. Dimana medan yang dilewati untuk pembangunan jalan ini tidak bersahabat, jalannya yang naik turun serta bertebing membuat pengerjaan proyek jalan tol ini membutuhkan perencanaan ekstra. Namun pihak marga telah berkomitmen untuk selalu melakukan monitoring dan evaluasi terkait dengan kondisi jalan yang terjal dan bertebing ini serta akan melakukan segala upaya untuk mempercepat pembangunan sesuai dengan target yang direncanakan.Segala usaha pihak marga dan kementerian pu ini memang sangat diapresiasi oleh pemerintah mengingat pentingnya jalan alternatif ini dalam kelangsungan kegiatan ekonomi jawa tengah.[/size]
[size=x-large]Dampak pembangunan jalan tol semarang solo[/size]
[size=small]Pembangunan ruas jalan tol yang menghubungkan beberapa kota dan kabupaten di jawa tengah ini memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar yang diantaranya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi jawa tengah, dapat menjadi jalur penghubung antara daerah ungaran dan semarang selalu kawasan industry dengan angka kepadatan mobilitas yang tinggi, mengurangi angka kepadatan lalu lintas di semarang yang semakin parah. Selain ketiga hal diatas, yang perubahan yang cukup terlihat dengan pembangunan jalan tol ini adalah perubahan fungsi lahan di kawasan jaringan transportasi. Perubahan ini akan mendorong peningkatan kebutuhan untuk lahan pemukiman, terlebih apabila kawasan industry dan pertumbuhan ekonomi di kawasan pembangunan semakin berkembang.[/size]
[size=small]Namun dibalik semua manfaat yang ditimbulkan pihak marga juga memiliki pr yang harus segera diselesaikan, yakni terkait dengan kontur jalanan yang bertebing, dimana pada kondisi ini bisa berakibat pada longsor atau amblesnya badan jalan. Terlebih untuk perjalanan di malam hari, dibutuhkan kewaspadaan ekstra. Hal ini telah ditegaskan oleh kementerian pu untuk segera diperhatikan oleh pihak marga guna menjamin kenyamanan dan keselamatan para pengguna jalan. Selain pemasangan rambu-rambu dan penerangan yang memadai, pihak marga juga diharapkan selalu melakukan monitoring dan perawatan berkala.[/size]
[size=small]Dalam detik.com david wijayanto selaku corporate secretary dari pt jasa marga mengungkapkan harapannya agar pelaksanaan pembangunan secara keseluruhan dapat terselesaikan sesuai target yang telah direncanakan sebelumnya yakni dapat selesai dan dioperasikan pada akhir 2017 mendatang. Dan jalan tol yang memiliki nilai investasi tak kurang dari rp. 7,30 triliun ini diharapkan dapat memperlancar mobilitas perekonomian di daerah-daerah yang dilaluinya. Selain itu dengan adanya ruas jalan tol semarang solo juga diharapkan akses jalan di kawasan semarang dapat lebih lancar dan terhindar dari kemacetan.[/size]
[size=small]Deskripsi: tol semarang solo telah selesai pengerjaannya pada seksi ke-2, dan diharapkan pada akhir tahun 2017 mendatang pembangunan ruas tol semarang solo ini telah selesai hingga seksi ke-5.[/size]

[size=small]sumber : http://infotol.org/[/size]

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori