Contact Us

ibadah atau akhlak baik

minggu lalu sayah baca tentang quote di internet yang kalo ngak salah " sayah bukan ahli ibadah yang baik, tapi sayah lebih baik punya akhlah yang baik"

sempet membuat berpikir ulang dalam beberapa hari. lebih penting mana akhlak mulia atau ibadah yang baik.
kita sering banget mendengar, ustad terlibat korupsi. si pulan rajin sholat di masjid tapi mulutnya ngak bisa dijaga, haji udah 3 kali tapi kalo ngamuk semua isi kebun binatang keluar....dan banyak contoh yang luar biasa buruk lainya yang tidak disangka2.


ada juga orang2 yang sholatnya acakadut, puasanya amburadul, haji belum pernah.... omongannya manis, baik terhadap sesama, ngak jahat pada orang dan oang2 senang pada perilaku dia.

lalu bagaimana korelasi yang sebenarnya antara ibadah dan akhlak mulia.
bukan kah sholat mencegah dari perbuatan keji dan munkar.
bukankah Rasulullah diutus untuk menyempurnakan akhlak.
bukankah Rasulullah mengajarkan tata cara ibadah yang benar.
lalu bagaimana bisa orang2 yang beribadah tidak memiliki akhlak mulia...?

ini yang tidak kita habis pikir.... dan jika terus terjadi... muncul keniscayaan pada umat islam.... bahwa dimana kebenaran Islam dibandingkan oleh perilaku buruk para ahli agama dan ahli ibadahnya.
dan bahkan tidak sedikit yang sudah berkata.... "gua jarang sholat, puasa seadanya.... tapi gua ngak pernah ngerampok, nyuri perkosa ... gua masih baik aja sama orang" "mending mana dengan ynag sholat rajin... rajin juga merampok"


kabar baiknya adalah.... masalah bukan ternyata bukan di ibadah atau cara ibadahnya.

tetapi ternyata... pada keimanan dan keyakinan serta ketaatan seseorang. 
kesalahannya adalah ... karena mengaitkan faktor "fisik" atau tampilan dari ibadah... dengan apa yang ada didalam hati dan pikiran orang.
yang akhirnya orang bilang... dont judge book from the cover...

maksudnya adalah
tampilan fisik dari ibadah yang dilakukan seseorang... ternyata banyak hanya karena untuk melaksanakan kewajiban...
sayah ngak mau bersuudzon mengatakan ibadah seorang... mungkin karena riya.
karena sayah yakin banyak sekali yang beribadah bukan karena riya.

namun kebanyakan dari orang memang beribadah karena merasa itu adalah kewajiban. artinya setelah melaksanakan kewajiban itu... dianggap tugasnya selesai, toh tugas ibadah seperti sholat kan hanya gitu2 aja. hal ini biasa terjadi.....
dampaknya tapi luar biasa....
orang yang memang pada dasarnya hanya melaksanakan kewajiban tanpa kesungguhan dan keyakinan....
tidak berhasil... memaknai dan mendapatkan... manfaat duniawi dari ibadah itu... salah satunya menjadikan akhlak mulia...
(entah kalo urusan akhirat-mah.... mudah2an dapat)
sebagai contoh didalam sholat
jangankan urusan menjadikan sholat sarana "mi'raj" kita ... untuk urusan yang ukuran lebih baikpun... sangat sulit dilakukan.
memang akhirnya sholat tanpa kekhusuan (seperti sayah kayanya)....
sholatnya cepat dan secukupnya (jarang yang ruku/sujudnya lama)...  bahkan sholat dimesjidpun... pada ngebut...
bacaan sholat hanya diucapkan saja.... cepat pula.... (jarang yang ketika baca... sambil memang mengingat dan memuji Allah serta berdoa) 
dan lebih lanjut setelah sholat pun.... dzikir... sebatas ucapan aja....
padahal jika kita fahami sedikit aja arti bacaan sholat.... semua bacaan sholat terbagihanya 3 hal....
yaitu janji kita kepada Tuhan, memuji Tuhan, dan meminta pada Tuhan.
(kecuali mungkin bacaan surah... tergantung surah/ ayat apa yang dibaca)

lalu bagaimana orang khusu, orang yang bacaan benar dan dimaknai, sujudnya lama (bukan tertidur ya..) menjadikan orang itu bisa lebih baik.
ini pun masih tanda tanya besar.....
tetapi... ketika khusu... dia akan malu.. karena dia tahu Tuhannya Maha mengetahui perbuatan buruknya...
ketika dia berjanji dalam bacaan sholatnya... dia merasa berdosa telah melanggar janjinya...
ketika dia memuji Tuhanya... dia takut... Tuhanya marah... orang yang memujinya... hanya lip service...
ketika dia berdoa... dia juga khawatir... doanya tidak dikabulkan... karena perilaku buruk dia pada orang lain.


sehingga dia akan berusaha menjaga dirinya dengan lebih baik.....
itu baru sholat.... apalagi dengan puasa dan ibadah2 lainnya....

dan jika sudah jauh lebih baikpun dalam ibadahnya.... tapi masih berperilaku buruk...
tenang saja... Tuhan Maha penyayang.... Dia tidak akan membiarkan hambanya yang sholeh menajdi jahat...
dia akan beri cobaan... sehingga orang itu "dipaksa" berbuat baik.... dan berubah kelakuannya....

Walahu 'alam

Komentar

  • Perilaku baik pastinya. Percuma rajin ibadah tapi kelakuan & pikiran iblis. Munafik jadinya.
  • :lies:
    lucu nya yg ngomong lebih baik berbuat baik dari pada beribadah adalah mereka yg gak pernah ibadah, hanya pembenaran atas ketololan mereka :ngakak: mana mungkin orang yg rajin beribadah bisa jadi orang gak baik? kalo ibadahnya gak bener baru dah ada kemungkinan jadi orang gak baik....so lebih baik ibadah yang baik karna akhlak pun pasti ikut baik :handshake:
  • ga ada ndan orang yang ibadahnya baik akhlaknya buruk,,,

    kalo ada orang terlihat ibadahnya baik tapi akhlaknya buruk berati doi PENCITRAAN..
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori