Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Berbagai macam masalah pada motor listrik dan pemecahannya

Motor listrik bekerja atas dasar sebuah kumparan yang terbuat  dari lilitan tembaga yang dialiri arus listrik sehingga timbul medan magnet,   dan prinsip medan magnet yang dipakai dalam motor listrik ini adalah bahwasanya jika kutub medan magnet jika sejenis maka ia akan tolak menolak dan sebaliknya jika berlawanan jenis maka ia akan tarik menarik. Diberbagai sektor industri kini menggunakan motor listrik sebagai tenaga penggeraknya seperti misalnya mesin pencacah rumput pada sektor pertanian , dan sebagai penggerak pompa pada system hydraulic dan masih banyak lagi mesin-mesin yang menggunakan motor listrik.

motor%2Blistrik.jpg

Sebuah motor listrik dalam hal perawatannya memang tidak seribet dengan mesin diesel yang harus selalu diperhatikan oli , filter , pendingin dan lain-lain. tapi meskipun begitu tidak berarti bahwa motor listrik bebas perawatan dan terbebas dari berbagai macam masalah, berikut ini beberapa masalah dan pemecahannya yang biasa sering terjadi pada sebuah motor listrik :

trouble I :
motor tidak dapat distart
Kemungkinan penyebabnya :
  • Tidak ada arus , solusinya adalah periksa semua sekring yang ada di rumah kita, dan pastikan semua bekerja.
  • Salah satu jek / kabel ada yang putus, urut atau check satu persatu untuk memeriksa adanya kabel yang putus.
  • Sakler sentrifugal yang terdapat di dalam motor listrik putus, solusinya adalah dengan membongkar motor listrik untuk diperiksa saklarnya.
  • Motor kelebihan beban , sebagai solusinya adalh dengan cara menjalankan motor listrik dengan tanpa beban dengan cara melepas V-belt yang dikoneksikan dengan mesin-mesin.
Trouble II : Motor bekerja namun suaranya berisik
Kemungkinan penyebabnya : jika hal ini terjadi maka akan ada 2 kemungkinan yang terjadi yakni bantalan bearing kering atau bearingnya yang rusak , sebagai solusi adalah dengan menambahkan grease.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori