Contact Us
MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia

Kumpulan Resep Khas Tapanuli Sumatera Utara

Kuliner Sumatera Utara menjadi salah satu hal yang perlu disambangi dan disandingkan untuk Wonderful Indonesia. Sumatera Utara bukan hanya ke indahan alamnya saja yang terkenal sampe ke pelosok negeri, tapi kulinernya juga sering sekali kita jumpai disekitar kita, pada umumnya sih orang lihat Lapo (Rumah Makan Batak), dan ekspektasi orang pasti makanan itu haram. Memang benar, tapi tidak semuanya haram. Ada banyak sekali kuliner sumatera utara yang bisa dimakan oleh Non Muslim kok.

Kekayaan cita rasa dan bumbu / rempah-rempah khas di Sumatera adalah alasannya. Buat yang merasa orang Sumatera Utara a.k.a Batak, monggo di share pengalaman kalian mengenai Resep Masakan khas Batak, biar yang lain tau dan berani mencoba nikmatnya makanan khas Batak.

Nah, buat batak yang gak tau, kelewatan Dale (Bahasa Batak: Gak Tau Adat), wajib belajar, supaya gak dibilang Dale.

Oke, Cookers drop your recipe here. As example:

[align=center]Resep-Masakan-Mie-Gomak-Pedas-Khas-Medan-300x300.jpg
Mie Gomak[/align]
Resep Masakan Mie Gomak Pedas Khas Medan

Bagi yang sudah pernah ke medan pasti pernah dengar ataupun mencoba makanan khas medan satu ini. Kalo orang medan sendiri pasti sudah tidak asing dengan masakan ini, khususnya Batak.

Mie merupakan makanan khas Batak Toba Sumatera Utara. Sebagian menyebutkan, mungkin karena cara penyediaannya digomak-gomak (digenggam pakai tangan) hingga sampai saat ini disebut mie gomak, meski pun pada akhirnya tidak menggenggamnya dengan tangan di saat menghidangkannya. Ada juga yang bilang Spageti Batak karena mirip dengan spageti dari Itali. Dan yang menjadi pembeda dari Mie Gomak adalah bumbu Andalimannya yang menggetarkan lidah. Nah, jadi seperti itu Cookers asal-muasal mie gomak.

Oke Cookers cukup cuap-cuap nya, kita lanjut memasak. Tapi sebelumnya jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu yaa Cookers, kebersihan awal dari rasa dan kesehatan masakan anda nantinya

Bahan-bahan:
  • 1 bungkus Mie Lidi 800 gr
  • 1 gelas Santan Kental
  • 1 1/2 gelas Santan Encer
  • 2 sendok makan Kelapa parut, kemudian anda sangrai dan dihaluskan
  • Labu Siam atau Buncis, kemudian anda iris (sesuaikan selera jika suka)
Bumbu-bumbu Halus:
  • 5 buah Cabai Merah
  • 4 siung Bawang Merah
  • 1 siung Bawang Putih
  • 1 sendok teh Merica
  • 2 cm Lengkuas
  • 3 ruas Sereh
  • 1 cm Kunyit
  • 1 sendok makan Andaliman (bumbu khas masakan Batak, lidah kebas maunya tambah makannya)
[align=center]Bumbu-Andaliman-300x199.jpg
Bumbu Andaliman[/align]

Setelah semua bahan-bahan siap, lanjut memasak. Pastikan semua bahan-bahan atau bumbu-bumbu sesuai dengan diatas yaa Cookers, nanti rasanya beda.

Cara Membuat:
  • Pertama mie lidi anda rebus terlebih dahulu hingga kenyal dan lembut, tiriskan dan beri minyak goreng sedikit agar tidak lengket.
  • Kemudian anda haluskan semua bumbunya yaitu cabai merah, bawang merah, bawang putih, merica, lengkuas, sereh, kunyit dan andaliman.
  • Setelah bumbunya dihaluskan lalu anda tumis hingga warnanya kecoklatan dan harum.
  • Setelah itu anda tuangkan santan encer, masukkan labu siam yang sudah diiris, dan masak hingga matang.
  • Jika labu sudah matang, anda masukkan santan kental sambil diaduk-aduk agar santak tidak pecah.
  • Masukkan kelapa yang sudah dihaluskan dan aduk hingga matang.
  • Tambahkan garam secukupnya.
  • Siram bumbu diatas mie yang sudah dihidangkan diatas piring.
Selesai memasak, lajut makan. Sajikan untuk 4 porsi. Mauliate.

Sumber: http://www.dapurpalma.com/resep-masakan-mie-gomak-pedas-khas-medan/

Salam,

Dapur Palma

Komentar

  • [align=center]Resep-Masakan-Kue-Lapet-Khas-Batak-300x300.jpg[/align]
    [align=center]Kue Lapet Khas Batak[/align]


    [size=x-large]Resep Masakan Kue Lapet Khas Batak[/size]

    Sumatera Utara bukan hanya ke indahan alamnya saja yang terkenal, tapi kulinernya pun banyak sekali yang terkenal dan enak di lidah. Salah satu yang akan dibahas pada postingan kali ini adalah Resep Masakan Kue Lapet Khas Batak.
    Ada dua jenis Kue Lapet, ada yang berbahan dasar beras ada juga ketan, tapi di postingan kali ini yang akan kita buat adalah Lapet Beras. Makanan ini merupakan makanan khas tradisional Sumatera Utara, khususnya adat Batak. Bahan dasar dari makanan ini adalah beras, jadi kalo kamu udah makan makanan ini pasti cepat kenyang (Mental Indonesia, Gak Ketemu Nasi Gak Kenyang).
    Cara pembuatannya tergolong mudah, tapi agak memakan waktu sih. Untuk lebih jelasnya langsung aja kita mulai memasak. Yang merasa Boru Batak, wajib baca dan pelajari, biar ngak dibilang “Dale” (Gak Tau Adat) ^_^. Tapi seperti biasa Cookers sebelumnya kalian harus cuci tangan terlebih dahulu yaa Cookers. Kebersihan merupakan kunci kesuksesan dalam memasak.

    Bahan-bahan:
    • 50 g tepung ketan
    • 50 ml air
    • 150 g kelapa yang muda, bersihkan kulitnya, parut memanjang
    • Daun pisang untuk membungkus
    • 200 g beras
    Bumbu-bumbu Halus:
    • 100 g gula pasir
    • 1 sdt garam
    • Semua bahan-bahan dan bumbu-bumbu sudah siap, kita lanjut memasak.
    Cara Membuat:
    • Hari Pertama:
      • Cuci hingga bersih beras, kemudian rendam beras semalaman, tiriskan.
    • Hari Kedua:
      • Jemur beras hingga kering, lalu masukkan di dalam grinder atau food processor, haluskan. Ayak, sisihkan (Jadilah Tepung Beras).
      • Campur tepung beras, tepung ketan, air, gula pasir, dan garam. Uleni hingga tercampur rata.
      • Masukkan kelapa, remas-remas hingga kelapa menyatu dengan adonan. Sisihkan.
      • Ambil daun pisang, sendokkan 3 sdm adonan ke bagian tengah daun. Bentuk seperti limas, sematkan daun pisang di bagian dasar untuk menguncinya. Ulangi proses yang sama hingga adonan habis.
      • Cara-Membentuk-Kue-Lapet-300x242.jpg
        Cara Membentuk Kue Lapet
      • Kukus di dalam dandang panas hingga matang (30 s/d 45 menit).
      • Angkat dan sajikan selagi hangat.
    Duh tergolong mudah sih iyaa, tapi makan waktu. Pasti diantar kalian ada yang ngedumel seperti itu yaa Cookers, tapi maklumlah, namanya juga masakan tradisional, pasti pembuatannyapun sangat tradisional dan memakan waktu. Tapi dari itu semua saya yakin kalian pasti puas dengan hasilnya  :cool: .

    Sumber: http://www.dapurpalma.com/resep-masakan-kue-lapet-khas-batak/

    Salam,

    Dapur Palma
  • indriyani23 menulis:
    Bikin ngiler, ndan

    hehehhehhe. Makanan batak gak ada yang gak enak.
    Daging b1 ato b2 biar haram sekalipun, tapi kalo dimasak harum   :ngakak:
  • Resep-Sambal-Goreng-Teri-Medan-300x268.jpg


    [size=x-large]Resep Sambal Goreng Ikan Teri Medan[/size]

    Masih dari tanah Batak. Kali ini kita akan membahas resep “Sambal Goreng Ikan Teri Medan“. Pamali jika orang Sumatra khususnya orang Medan tidak kenal dengan masakan ini. Yukk cookers, kita mulai memasak. Mulai Siapkan bahan-bahan dan alat masaknya yaa.


    Bahan:
    • 100 gram ikan teri
    • 50 gram kacang tanah goreng
    Bumbu:
    • 25 gram cabai merah
    • 6 siung bawang merah
    • 2 siung bawang putih
    • 1 ruas lengkuas geprek/haluskan
    • 2 sendok makan air asam jawa
    • Secukupnya garam
    • secukupnya gula pasir
    • 3 sendok makan minyak, (menumis)
    Setelah semua bahan-bahan dan bumbu-bumbu selesai kita siapkan, selanjutnya kita mulai masak-masak. Yukk Cookers, kita ikutin langkah-langkahnya di bawah ini.

    Cara Memasak:
    • Goreng ikan teri terlebih dahulu.
    • Tumis bumbu halus dan lengkuas hingga wangi,
    • Kemudian tambahkan air asam jawa aduk aduk sampai rata, matikan api.
    • Lalu Setelah agak dingin, campurkan ikan teri goreng dan kacang tanah goreng agar keduanya tak cepat melempem. selesai
    • Angkat Sajikan

    Suit, suit cookers, kami kasih satu hal rahasia dari “Sambal Goreng Ikan Teri Medan” ini yaa. Makanan ini bisa bertahan lama loh, tanpa mengurangi kerenyahan dan kenikmatan rasanya. Satu lagi rahasia dari “Sambal Goreng Ikan Teri Medan” ini yaitu, makanan ini akan lebih nikmat jika ditemani dengan “Daun Singkong Tumbuk“. Selamat menikmati
    :top:


    Sumber: http://www.dapurpalma.com/resep-sambal-goreng-ikan-teri-medan/


    Salam,


    Dapur Palma
  • [size=medium][size=x-large]Resep Sambal Andaliman[/size][/size]

    [size=medium]Resep-Sambal-Andaliman.jpg[/size]
    [size=medium][size=xx-small]Sambal Andaliman[/size][/size]

    [size=medium]Sambal Andaliman merupakan sambal yang berasal dari Sumatera Utara (Batak). Sekali coba, lidah langsung kebas  :blah: [/size]

    [size=medium]Bahan-bahan:[/size]
    • 25 gram cabai rawit hijau
    • 4 butir bawang merah, diiris
    • 2 siung bawang putih
    • 5 butir kemiri, disangrai
    • 2 batang serai, diambil bagian putihnya, diiris halus
    • 1/4 sendok teh air jeruk nipis
    • 1/2 sendok teh garam
    • 1/2 sendok teh andaliman
    [size=medium]Cara Membuat:[/size]
    • Campur cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri, serai dan garam. Tumbuk halus
    • Tambahkan andaliman dan air jeruk nipis. Tumbuk
    • Sajikan
    Lebih Detail: http://www.dapurpalma.com/11-resep-sambal-terenak-nusantara/
  • mantap, mantap, mantap.

    Silahkan di share yaa :applause: .
  • [size=x-large]Resep Sambal Tuk-tuk
    [/size]


    [align=center]Resep-Sambal-Tuk-tuk.jpg[/align]

    [size=x-large]Resep Sambal Tuk-tuk[/size]

    Sambal Tuk-tuk merupakan makanan tradisional khas Tapanuli Sumatera Utara. Makanan ini menjadi ciri khas masyarakat Mandailing. Secara garis besar bahan-bahan yang gunakan sambal tuk-tuk tidak berbeda dengan sambal lainnya, hanya yang membedakan ada bumbu Andalimannya. Andaliman adalah bumbu khas Batak Sumatera Utara. Rata-rata masakan Batak selalu ada bumbu andaliman sebagai penyempurnanya. Rasanya aneh jika makanan Batak tidak menggunakan Andaliman. Biasanya untuk menjumpai bumbu Andaliman ini anda bisa mencarinya di supermarket terdekat atau di pasar tradisional. Kalo di tukang sayur lewat, agak jarang mereka menjualnya.

    [align=center]Bumbu-Andaliman-300x199.jpg
    Bumbu Andaliman[/align]

    Resep yang kita bahas kali ini adalah Resep Sambal Tuk-tuk Khas Tapanuli Sumatera Utara. Sambal pedas, dipadukan dengan andaliman dan Ikan aso-aso goreng, menjadikan rasa yang gurih dan mengigit di lidah anda. Untuk pembuatan sambal ini sangat mudah kok Cookers. Kita langsung aja yaa ke pembuatannya. Let’s Cook! Tapi sebelum mulai memasak, kita cuci tangan terlebih dahulu yaa Cookers. Kebersihan merupakan kunci dari kesuksesan masakan anda.

    Bahan-bahan:
    • 2 ekor ikan aso-aso / Ikan Kembung yang sudah diasapi (bisa juga menggunakan ikan teri 100 gr)
    • 1 sdm andaliman
    • 2 butir kemiri
    • 5 buah bawang merah
    • 1 siung bawang putih
    • 10 buah cabe / cabai merah kriting
    • 5 buah cabe / cabai rawit
    • ½ sdt garam
    • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan
    Cara Membuat Sambal Tuktuk:
    • Goreng ikan sampai matang, tiriskan.
    • Sangrai semua bahan kecuali garam sampai harum dan matang
    • Haluskan semua bahan yang telah disangrai, lalu tambahkan suwiran ikan aso-aso yang telah digoreng.
    • Haluskan kembali semua bahan, bumbui dengan garam, sajikan.
    • Sambal Tuk-tuk siap disajikan dan disantap untuk 3-4 porsi. Untuk menyantap sambal Tuk-tuk ini enaknya dipadukan dengan Sayur Daun Singkong Tumbuk. Untuk referensi resep sambal khas Indonesia lainnya, kalian bisa lihat disini.
    Catatan:
    Anda bisa mengganti ikan aso-aso (Ikan kembung yang diasapi) dengan ikan teri medan sesuai selera.


    Pelaku Utama: http://www.dapurpalma.com/resep-sambal-tuk-tuk/
  • [size=x-large]Resep Sasagun Khas Batak Toba[/size]


    Resep-Sasagun-Khas-Batak-Toba.jpg


    [size=x-large]Resep Sasagun Khas Batak Toba[/size]


    Filosofi:
    Dahulu makanan ini selalu disertakan oleh orang tua kepada anak-anaknya yang akan merantau, dan juga kepada mereka yang akan pulang ke perantauan.

    Tepung beras dan kelapa parut yang di gongseng di padukan dengan sirup gula merah dan selai buah-buahan memberikan rasa yang berbeda dan khas pada lidah anda. Untuk pembuatannya mudah tapi cukup memakan waktu untuk prosesnya. Tapi tidak ada salahnya bagi anda orang batak untuk mencobanya, sekalian nostalgia juga dengan kampung halaman. Dari pada nanti di bilang Batak Dalle, heheh.

    Bahan-bahan:
    • 1 kg tepung beras
    • 2 butir kelapa parut
    Bahan-bahan Sirup Gula Merah:
    • ½ kg gula merah
    • ½ sdt garam
    • 300 ml air
    Bahan Tambahan (Opsional):
    • Buah Nanas / Durian yang sudah di hancurkan, secukupnya
    Setelah semua bahan-bahan telah tersedia, kita langsung aja yuk memulai pembuatan Sasagun ini. Let’s Cook!?

    [size=large]Cara Membuat Sasagun:[/size]
    • [size=large]Sirup Gula Merah[/size]
      • Siapkan panci, masukkan air dan gula merah, lalu rebus hingga mendidih dan gula merah mencair. Kemudian tambahkan sedikit garam, aduk-aduk hingga rata. Rebus hingga gula merah mengental.
    • [size=large]Sasagun[/size]
      • Siapkan baskom, masukkan tepung beras dan kelapa parut lalu aduk-aduk hingga tercampur rata tepung beras dan kelapa parut nya. Diamkan selama ± 1 jam agar kelapa parut meresap di tepung beras.
      • Siapkan wajan, gongseng adonan hingga matang. Aduk-aduk terus selama ± 1 ½ jam hingga adonan kering dan berwarna dan agak mutung / gosong kemerah-merahan. Jika ada adonan yang menggumpal segera ratakan. Setelah dirasa matang, matikan api lalu tiriskan.
      • Siram sirup gula merah dengan adonan tepung beras dan parutan kelapa, kemudian aduk-aduk hingga rata menggunakan tangan. Tambahkan juga buah nanas / durian yang sudah di hancurkan, aduk-aduk kembali hingga semua bahan-bahan tercampur rata.
      • Siapkan cetakan (bisa menggunakan cetakan kue/es lilin), lalu masukkan adonan kedalam cetakan, lakukan hingga adonan habis.
      • Masukkan sasagun ke dalam lemari es, diamkan 2-3 jam hingga sasagun mengeras.
      • Sasagun siap di sajikan dan disantap
    Sasagun siap disajikan dan disantap. Anda bisa menambahkan teh manis sebagai pelengkapnya. Untuk referensi resep masakan batak lainnya kalian bisa lihat disini yaa Cookers.

    Catatan:
    Pastikan tidak ada adonan yang menggumpal pada saat menggongseng.


    Narasumber: http://www.dapurpalma.com/resep-sasagun-khas-batak-toba/
  • enak enak bangett ..
    jadii laperrrrr ,................
  • kok saya ngiler ya lihat gambar sambal andaliman kwkwkwkwk kayaknya enak tuh dimakan pakai lalap atau ayam bakar dan nasi hangat :D
  • lanjutkan ito dengan resep-resep yang lain..
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori