Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Cara kerja mesin diesel

Mesin diesel pertama kali ditemukan oleh seorang warga negara perancis kelahiran jerman, ia bernama Rudolf cristian karl Diesel, beliau pertama kali memperkenalkan sebuah mesin pembakaran dalam, kini mesin diesel berkat hasil temuan pak diesel tersebut sudah digunakan di berbagai sektor industri seperti mesin industri , mesin pencacah rumput , mesin kapal, mesin alat beat dan lain-lain . Cara kerja mesin diesel mengikuti prinsip dasar dari sebuah udara yang dikompress kemudian dibakar, mesin diesel mengadopsi kerja baik itu 4 tak atau juga 2 tak untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasannya dan gambarnya :

ilustrasi-cara-kerja-mesin-diesel.jpg

Cara kerja mesin diesel
  1. Induction : Pada proses ini lebih dikenal dengan sebutan proses hisap, dimana pada saat ini katup buang tertutup dan katup hisap akan terbuka, akibat dari gerakan piston yang bergerak dari TMA menuju ke TMB akan mengakibatkan vacum di dalam kepala silinder sehingga udara akan masuk ke ruang silinder melalui katup hisap.
  • Compression : Dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan sebutan kompresi , pada proses ini kedua katub akan tertutup. Piston akan bergerak dari TMB menuju ke TMA , dari proses inilah akan mengompress udara yang ada di dalam ruang silinder sehingga suhu udara yang ada didalam ruang silinder menjadi panas .
  • Ignition : Ignition atau penyalaan , setelah udara yang ada di dalam ruang silinder menjadi panas maka saat itu pula sebuah bahan bakar yang sudah di kabutkan akan ditembakkan ke ruang silinder, akibatnya adalah sebuah ledakan, akibat dari ledakan itulah akan mendorong silinder bergerak dari TMA menuju ke TMA .
  • Exhaust ; Merupakan proses pembuangan, cara ini merupakan proses pembuangan gas sisa yang dihasilkan dari pembakaran di ruang silinder menuju ke knalpot. prosesnya; Piston bergerak dari TMB menuju ke TMA , disaat itu pula katub buang terbuka dan katup hisap tertutup sehingga akibat dari gerakan piston maka gas akan keluar melalui katup buang dan menuju ke knalpot.

itulah beberapa cara bagaimana sebuah mesin diesel bekerja mulai dari proses hisap sampai dengan proses pembuangan.

Komentar

  • post yang bermanfaat, terima kasih gan buat postnya
  • Permisi,
    saya mau nyumbang beberapa animasi cara kerja mesin diesel:
    diesel.gif

    diesel_blowby_300_GIF.gif
  • Animasi dari cara kerja mesin diesel di atas cukup bagus dan atraktif banget gan. Tapi kalo ane liat hampir sama kaya cara kerja blok mesin pada kendaraan otomoti yah?
  • [size=x-small]Animasi dari cara kerja mesin diesel di atas cukup bagus dan atraktif banget ndan. Tapi kalo ane liat hampir sama kaya cara kerja blok mesin pada kendaraan otomoti yah?[/size]
  • Indocom menulis:
    [size=x-small]Animasi dari cara kerja mesin diesel di atas cukup bagus dan atraktif banget ndan. Tapi kalo ane liat hampir sama kaya cara kerja blok mesin pada kendaraan otomoti yah?[/size]


    Mirip sih ndan,
    bedanya cuman pada diesel tidak ada busi.
    Misalnya ada busi, cuman untuk preheat spark doang, bukan untuk pembakaran.
  • kok apa bedanya sama mesin mobil biasa yang bukan diesel ?
  • venvenla menulis:
    kok apa bedanya sama mesin mobil biasa yang bukan diesel ?

    Seperti udah saya tulis diatas, pembakaran mesin diesel tidak membutuhkan adanya busi. Kalaupun pada arsitektur mesin tsb ada busi, hanyalah berguna untuk preheating mesin aja.
    Lalu, Diesel memiliki compression ratio yang jauh lebih tinggi daripada mesin petrol.
    Diesel paling sederhana aja compression rationya bisa mencapai 1:20, dimana Compression ratio pada mesin petrol tercanggih masih pada angka 1:12 aja. Nah, dengan compression ratio segitu tinggi, untuk pembakaran tidak membutuhkan adanya busi, cukup dengan regenerative torque yang terjadi dan disimpan/dipakai pada flywheel yang disini berfungsi seperti kapasitor.

    Sekian singkatnya perbedaan mesin diesel dan petrol pada umumnya. Yang pasti kalo secara detail, teknologi dan arsitekturnya udah beda banget.. :top:
  • PretPung menulis:

    Seperti udah saya tulis diatas, pembakaran mesin diesel tidak membutuhkan adanya busi. Kalaupun pada arsitektur mesin tsb ada busi, hanyalah berguna untuk preheating mesin aja.
    Lalu, Diesel memiliki compression ratio yang jauh lebih tinggi daripada mesin petrol.
    Diesel paling sederhana aja compression rationya bisa mencapai 1:20, dimana Compression ratio pada mesin petrol tercanggih masih pada angka 1:12 aja. Nah, dengan compression ratio segitu tinggi, untuk pembakaran tidak membutuhkan adanya busi, cukup dengan regenerative torque yang terjadi dan disimpan/dipakai pada flywheel yang disini berfungsi seperti kapasitor.

    Sekian singkatnya perbedaan mesin diesel dan petrol pada umumnya. Yang pasti kalo secara detail, teknologi dan arsitekturnya udah beda banget.. :top:

    owwww... ic ic.. ok saya paham skg ehhehehe thx infonya
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!