Contact Us

Komponen utama mesin diesel

Mesin diesel adalah salah satu mesin yang bekerja atas sistem pembakaran dalam, artinya tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini akibat pembakaran yang terjadi di dalam mesin itu sendiri, mesin diesel ini sangat besar peranannya bagi kemajuan tekhnologi kini, hampir semua sektor menggunakan jasa mesin diesel ini mulai dari mesin kapal, mesin mobil , mesin pencacah rumput hingga mesin untuk alat-alat berat semuanya menggunakan mesin diesel.

komponen%2Bmesin%2Bdiesel.png

Komponen utama mesin diesel :

  • Rocker arm adalah sebuah komponen yang berbentuk seperti tuas, alat ini dihubungkan dengan CAM dan valve, fungsi dari alat ini adalah untuk mengatur valve, kapan sebuah valve harus terbuka dan kapan ia harus tertutup. 
  • Valve spring: adalah sebuah spring yang juga membantu kerjanya valve, spring ini terletak pada antara rocker arm dan valve.
  • Silinder head : atau disebut juga kepala silinder, merupakan logam campuran yang tahan panas, posisinya tepat di bagian atas dari blok mesin, itulah kenapa komponen ini dinamakan silinder head. Pada silinder head inilah terdapat valve , baik katup isap maupun juga katub buang. di atas silinder sendiri untuk mesin diesel adal rocker arm. sedangkan untuk mesin bensin di kepala sileinder ini juga terdapat busi atau spark plug.
  • Valve, untuk mesin diesel terutama yang bekerja dengan sistem 4 tak terdapat 2 valve yakni valve isap dan valve buang. fungsi atau kegunaan dari valve ini adalah sebagai kran pintu masuknya bahan bakar yang sudah bercampur dengan udara seangkan valve buang sebagai pintu keluarnya gas sisa. Pada saat proses hisap, katup hisap terbuka sedangkan katup buang tertutup. pada saat proses kompresi kedua valve akan tertutup , sedangkan pada saat proses buang, valve buang akan terbuka sedangkan valve hisap akan tertututup.
  • Cylinder :  ini ibarat jantung dari sebuah mesin diesel, sebab sebuah usaha yang dihasilkan oleh mesin diesel akibat ledakan yang terjadi didalam silinder ini. silinder sendiri adalah sebuah ruangan kosong di mana didalamnya tempat bahan bahan bakar dan udara di kompress atau dimampatkan.
  • Engine block : merupakan campuran logam yang dbuat tahan panas sehingga tidak mudah meleleh namun ringan, engine block ini merupakan rumah mesin yang fungsinya adalah untuk melindungi komponen-komponen didalamnya.
  • Piston : adalah salah satu komponen yang terdapat di dalam ruang engine block , fungsi dari komponen ini adalah untuk mengompress campuran udara dan bahan bakar pada mesin bensin , sedangkan pada mesin diesel piston berfungsi untuk mengompress udara, sehingga tekanan udara di ruang silinder menjadi panas hingga 500 C, gerakan naik turun dari piston ini dihubungkan ke crankshaft oleh connecting rod, dengan menggunakan komponen inilah gerakan piston yang naik turun menjadi gerakan berputar.
  • Crankshaft timing gear : merupakan komponen yang berfungsi untuk menggerakkan camshaft timing gear, dengan camshaft timing gear inilah nanti akan dihubungkan ke cam follower yang akan mengatur buka tutupnya katup hisap dan katup buang.


Selain yang sudah saya sebutkan diatas masih ada lagi komponen mesin diesel ini yakni chamshaft , cam , cam follower , pushrod, yang akan saya jelaskan secara rinci di tempat terpisah.

Komentar

  • bahasanya yang udah translate an ada gak mas?
  • hmmm... mesin diesel... menggunakan solar ya...? apa bisa pake yang lain...?
  • pembacaberita menulis:
    bahasanya yang udah translate an ada gak mas?


    hehe.... menyusul gan
  • sutisna menulis:
    hmmm... mesin diesel... menggunakan solar ya...? apa bisa pake yang lain...?


    kalau awal sejarahnya dulu pak Karl Diesel menggunakan minyak nabati dan kini sudah menggunakan solar
  • kalau cara kerja dari mesin diesel ini sama gak sih dengan cara kerja pada mesin-mesin otomotif lainnya? soalnya ane pernah liat teori dan animasi kerjanya, dan hampir sama gitu.
  • Indocom menulis:
    kalau cara kerja dari mesin diesel ini sama gak sih dengan cara kerja pada mesin-mesin otomotif lainnya? soalnya ane pernah liat teori dan animasi kerjanya, dan hampir sama gitu.


    Secara general sih sama aja ndan,
    cuman Diesel punya teknologi yang lebih tinggi pada sistem intakenya (Direct Injection, Common Rail), sehingga dapat menghasilkan pembakaran lebih sempurna, dengan kompresi yang lebih tinggi, tidak dibutuhkan adanya pembakaran tambahan (busi). Secara simpelnya seperti itu.
  • sunting Juli 14
    komponen valve pada genset bisa dicari di yangj Jual valve untuk pompa industri gak ya gan?
  • Memang benar mobil diesel alias solar lebih hemat bahan bakar tapi 1 kekurangannya tidak ramah lingkungan dan bisa menyebabkan polusi udara dan itu tidak bagus buat kesehatan.Beda dengan mesin bensin memang dibandingkan dengan mesin solar..
    kendaraan bensin lebih boros...tapi setidaknya mesin bensin agen togel lebih ramah lingkungan..selama kita masih membahas dan membandingkan mesin berbahan bakar bensin dan solar...malah sekarang mobil listrik sekarang sedang dikembangkan dengan sangat gencar dan tidak bisa kita pungkiri bahwa suatu saat nanti mobil listrik ini akan bisa menggoyang pasaran mobil bensin dan solar. Bisa juga kalo mesin bertenaga listrik bisa saja membuat pasaran otomatif beralih ke mereka...Jadi bersiaplah dengan terobosan baru ini..Mungkin 10 tahun lagi apa yang saya tuliskan ini bisa menjadi kenyataan.. bursatoto.com
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori