Serangan Hacker (DDOS Attack!)

DDos-attack-mode.png

DDOS Attack!

Serangan Distributed-Denial-Of-Service (DDOS) ini sudah dikenal diberbagai tempat, dengan variasi kasus yg beragam. Sebab utama penyerangan ini tidak lain karena ada serangan bertubi2. Beruntungnya serangan yang seperti ini sudah bisa dihandle oleh methode yg terkini. Sebelum kita memasuki bagaimana mencegah dari serangan DDOS attack ini, terlebih dahulu kita bahas tentang apa sih DDOS attack itu?

Serangan DDOS ini sengaja dilakukan oleh hacker dengan tujuan agar tidak dapat diakses oleh user tertentu. Untuk melakukan penyerangan DDOS ini, hacker tidaklah menggunakan komputer asli mereka. Cara yang mereka pakai ialah dengan menggunakan jaringan komputer "Botnet" - komputer yg terjangkit untuk melakukan penyerangan beruntun ke web server tertentu.

Lalu, jika semua BotNet telah berstatus siaga, sang hacker hanya tinggal mengaktifkan mereka untuk menjalankan misi penyerangan. Efeknya tentu saja mengakibatkan traffic suatu jaringan menjadi full, yang nantinya menjadi slow-speed. Kalau sudah seperti itu dan serangan masih dilakukan beruntun, lama kelamaan system akan shut-down secara total!

CARA PENCEGAHAN SERANGAN DDOS

Ada beberapa langkah yang anda dapat lakukan agar terhindar dari serangan DDOS ini. 3 Hal utama diantaranya ialah;

1. Sediakan BandWidth yg lebih aman (besar)
Salah satu cara yang paling aman untuk menjaga website anda agar terhindar dari serangan DDOS ini ialah dengan memperbesar kapasitas bandwith yg digunakan. Karena serangan DDOS ini beruntun dengan skalanya kecil akan tetapi memiliki jumlah yang banyak, maka yg perlu anda lakukan ialah memperbesar kapasitasnya. Misalkan ada sekitar 10,000 computer BotNet yang sekarang ini sedang menyerang website anda. Dengan kalkulasi 1 Mbps berarti jumlah ini hanya dalam hitungan beberapa detik bisa menjadikan alokasi bandwidth traffic membengkak hingga 10GB. Dan itu sungguh terlalu!!

Jika anda ingin menggunakan banyak web server, maka hal yg perlu dilakukan ialah dengan memvariasikan jumlah perkalian data center yg ada. Kemudian lakukan penyeimbangan setting. Dengan begitu anda akan lebih stabil dari segi trafficnya. Meskipun trafficnya membesar sekalipun, anda tetap dalam keadaan aman. Tetapi ingat, kalau memperbesar bandwith berarti anda perlu cost tambahan, siapkah anda?

2. Menggunakan Jasa DDOS Mitigation
Banyak beberapa jasa penyedia webhosting dan domain kini telah mengantisipasi serangan DDOS. Mereka memiliki langkah mitigasi, diantaranya seperti full DDOS full protection, automated tools, dan tentu saja didukung oleh beberapa teknisi yg ahli dalam pencegahan serangan tersebut. Mereka siap kapan saja ketika serangan terjadi dan lebih dikenal sebagai real-time protection.

3. Membatasi Konektifitas
Jika komputer anda memiliki akses langsung ke dunia maya, disarankan menggunakan router + firewall yg mantap. Sehingga anda bisa membatasi beberapa serangan ke dalam (dari external ke intern). Dengan firewall misalnya anda akan mampu membatasi jumlah koneksi dan juga port mana yg diperbolehkan untuk terhubung (http, pop, smtp, dsb).

Sign In or Register to comment.

Welcome to FORUM!

If you want to take part in the discussions, sign in or apply for membership below!