Contact Us

Bagaimana mesin hydraulic bekerja

Anda pernah datang ke proyek-proyek besar bukan ? jika tidak pernah setidaknya pernah lihat di TV bukan, contoh proyek-proyek besar yang saya maksud disini adalah pembangunan landasan udara , pembangunan apartement , pembangunan jalan tol , dan lain-lain. Hampir semua mesin-mesin yang mereka gunakan dan bertenaga besar yang digunakan untuk mengangkat barang-barang berat , semuanya bekerja dengan menggunakan bantuan tenaga mesin hydraulic. Tapi tahukah kita seperti apa sistem hydraulic tersebut dan bagaimana ia bekerja ?

                                                 CDMHNi3.jpg

Yang akan saya bahas dalam kesempatan kali ini adalah mesin - mesin yang menggunakan system hydraulic, contohnya mesin press , dongkrak hydraulic , fork lift , press yang digerakkan dengan sistem hydraulic . Apa itu hydraulic ? berikut ini ceritanya, sistem hydraulic bekerja atas hukum pascal , hukum pascal menyebutkan: Jika suatu cairan yang berada di dalam sebuah ruangan, kemudian diberi tekanan, maka cairan tersebut akan menekan ke segala arah dengan besar tekanan yang sama. Berdasarkan hukum pascal itulah kini diciptakan sebuah mesin yang disebut dengan mesin dengan tenaga hydraulic.


                                                              f1xli5E.png


Komponen utama  Mesin press hydraulic :

Reservoir
Reservoir  atau secara kasarnya orang kita menyebutnya dengan sebutan tabung oli , masih ingat bukan dengan hukum pascal ? oli itulah yang kita berikan tekanan sehingga ia mendorong ke arah mana torak cylinder di arahkan, apakah digerakkan maju ataukan digerakkan mundur.  untuk mengirim cairan oli tersebut ini digerakkan oleh  pompa.

Pompa  
Pompa ini tugasnya sangat penting dalam sebuah  mesin hydraulic, sebab ia bertugas untuk mengirimkan sebuah cairan, biasanya pompa ini digerakkan oleh sebuah motor listrik atau ada juga yang digerakkan dengan menggunakan tenaga diesel. masing-masing dari tenaga penggerak pompa mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Control valve
Control valve ini sering juga disebut sebagai handle , ia gunanya adalah sebagai pengontrol kearah mana torak cylinder  di arahkan , apakah digerakkan maju atau mundur . prinsip dasarnya dari alat ini adalah mengatur jalannya oli .

Hydraulic cylinder
Hydraulic silinder ini biasanya berbentuk batangan besi / baja yang sangat kuat , dan permukaannya dilapisi dengan stainless stell , ia haru dibuat sedemikian rupa agar mampu menopang beban berat.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori