Contact Us
MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia

[Java] Updates pada JDK 8, apa aja sih?

java.png

Java Update 8 apa saja isinya?

1) Pengembangan baru Nashorn
Kalau anda belum pernah dengar istilah ini maka saatnya anda terkejut! Karena tujuan utama "Nashorn" ialah mengimplementasikan JavaScript runtime dikombinasikan dengan JVM agar performa yg didapat tetap maksimal. Seperti pada rilis versi 8u40, Oracle telah menerapkan beberapa improvement pada Nashorn scripting engine ini. Karena kedua bahasa JavaScript & Java itu sendiri berbeda, Nashorn telah dikembangkan untuk menghasilkan hasil yang dinamis dari Javascript menjadi bytecode seperti yg dimiliki Java. Dengan Nashorn setiap local variable dan expression yg dipakai tidak akan dapat digunakan secara static. Sehingga semua type yg digunakan akan dianggap sebagai "int".

Pengembangan baru ini menjadikan kecepatan sebagai hasilnya. Karena pada Java 9, yg saat ini sedang dikembangkan oleh Nashorn Team dikatakan bahwa mereka masih mengalami kendala pada warmup time dibandingkan dengan Java 8. 

Maka jika anda ingin menggunakan Nashorn pada tahap ini, terapkan argument -optimistic-types=true. Silahkan baca kembali blog Oracle tentang hal ini. 


2) Cooperative Memory Management (Fitur Komersil)
Tambahan baru yg disertakan oleh Oracle terhadap Java 8 ialah Cooperative Memory Mangement. Dengan fitur ini maka konsep melepaskan memory ketika sudah mencapai puncknya menjadi normal kembali. Kenapa? Karena ketika memory pressure semakin tinggi, maka System dengan sendirinya akan Hang (run out of memory).

JDK akan mengatur penggunaan memory lalu menggunakan pengurangan yg ada untuk mengamankan memory sebelum sampai pada puncaknya (run out of memory). Efeknya, heap size pada Java akan dikurangi, hal itu berarti merubah performa yg digunakan pada umumnya. 

Catat bahwa hal ini hanya akan diperoleh pada fitur komersil, sehingga jika anda developer HotSpot atau OpenJDK, maka fitur ini tidak dapat anda peroleh. Dan kebanyakan dari anda boleh jadi tidak sadar karena keberadaan Commercial dan Open Source yg ada.

Oracle tidak membagikan informasi secara jelas tentang internal testing mereka untuk fitur-fitur komersilnya. Akan tetapi biasanya, fitur-fitur tertentu akan tiba-tiba muncul pada bagian Open-Source, dengan berdalih, "Ini ialah fitur terbaik, meskipun tidak dijelaskan bagaimana detilnya".

Ingin tau listing apa berikutnya pada Java 8? Tunggu dan simak kembali pada artikel berikutnya... sampai jumpa! :iloveindonesias 


Simak video pemprograman Java tutorial disini.
Daftar dan bergabung untuk belajar pemprograman Java dikelas disini.
Unduh Ebook berkaitan dengan pemprograman Java disini.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori