Contact Us

membangun yang awet

sayah kebetulan bekerja di beberapa tempat yang merupakan supplier ataupun services untuk kontruksi. (beberapanya di bidang baja, coating dsb....)

makin sering sayah ngobrol dengan marketingnya... makin terlihat sesuatu yang tidak wajar terutama untuk proyek2 pemerintahan dan BUMN.

lebih dari separuh proyek2 pemerintah dan BUMN.... adalah proyek yang memang dirancang rusak dalam 5 tahun atau kurang....
coba kita lihat... proyek abadi pantura.... pembangunan beberapa stadion baru yang kelihatan tak terurus.... gedung2 sekolah yang mudah rubuh....dsb...

pasti sebagian dari pembaca mengatakan.... itu karena bahan bakunya dikorupsi/ dimarkup.....dsb... yang model gini memang ada...... dan banyak terjadi.... ini urusan KPK.... soalnya mudah menyelidikinya....

tapi yang lebih mengerikan bukan hal ini....
ternyata permasalahan dimulai sejak perancangan proyek... jenis bahan2 yang digunakan.... design yang digunakan... teknik rancang bangun ....dan sebagainya...

Pemerintah dan BUMN... punya prinsip yang sangat berbahaya.... yaitu cari yang murah....
bukannya menekankan pada standar mutu tertentu.... dan dianalisis... serta dicomparative dengan negara maju.... tapi... diprinsipkan pada... mana yang lebih murah.... urusan rusak kalo sudah jadi... urusan nanti....

sayah mengatakan bukan dalam segi korupsinya.... tetapi pada saat desainnya.... kebutuhannya....

Ahok (gubernur jakarta)... sampai marah besar... karena bus merek mercedes benz ditolak karena beratnya kurang..... padahal bus china yang mudah berkarat... masuk qualifikasi.... ini contohnya...
hampir semua orang tahu... baja ringan.... lebih kuat dan lebih awet tapi jauh lebih ringan... dari besi murni yang mudah karatan... harganya beda tipis sekitar 10% an

tapi karena memang desainnya dibutakan dengan harga lebih murah dan spesifikasi yang ngawur..... ya pilihannya jatuh ke besi yang mudah karatan....

begitu pula jembatan... kebanyakan besi jembatan hanya di cat biasa... padahal hampir semua orang tahu bahwa rata2 umur cat hanya  4 tahun (tergantung kualitas cat).....
ada beberapa metode untuk jembatan biar bisa bertahan lebih dari 5 tahun bahkan 15-25 tahun.
misalnya bahan baku menggunakan baja khusus .... harga lebih mahal 2 kali... tapi awet sampai 25 tahun...
atau pun jika pake besi biasa... tapi bisa dengan metode galvanizing... yang akan membuat awet sampai 15 tahun... biayanya hanya naik 25%.

pada bangunan, biar murah menggunakan semen biasa... padahal sekarang sudah menjamur semen2 khusus... dan beton2 khusus... yang notabene bisa memperpanjang umur bangunan sampai 20 tahun.
ditempat sayah bekerja dulu.... bahkan ada semen plester dan aci khusus yang tidak perlu lagi cat, yang sangat kuat.... tapi pemerintah/BUMN ngak mau pake... karena spesifikasinya harus cat.... dan memang harganya lebih mahal... jika dihitung2 biayanya adalah 20% lebih mahal.... dari pada semen biasa plus cat

mudah2an pemerintahan sekarang lebih bijak..... tidak lagi hanya berorientasi pembangunan hanya cukup bertahan 5 tahun... tapi yang bisa bertahan sampai 25-30 tahun.. atau lebih....

tapi jika pemerintah menerapkan hal ini.... para kontraktor dan cukong2 curang serta begal2 akan gigit jari... dan akan mati2an... mencegah hal ini.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori