Contact Us

Siapakah Al Faruq ?

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....

Umar ra berkata," Wahai Rasulullah !, Bukankah kita berada di atas kebenaran. Mati ataupun hidup".

"Tentu saja ! Demi Yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya kalian berada di atas kebenaran. Mati ataupun hidup".

"Lalu, untuk apa kita sembunyi-sembunyi? Demi Yang telah mengutus mu dengan kebenaran, sungguh kita harus menampakkan diri". desak Umar ra.

Nabi Muhammad saw menjawab pertanyaan Umar ra dengan membagi kaum muslimin dalam dua barisan. Satu kelompok dipimpin Hamzah, dan kelompok yang satunya dipimpin oleh Umar bin Khaththab ra.

Kedua kelompok bergerak menuju Masjidil Haram. Setiba di sana, mereka disambut orang-orang Quraisy yang melihat kedatangan kaum Muslimin dengan tercenga. Betapa tidak, mereka menyaksikan di antara kaum Muslimin terdapat Umar dan Hamzah. Orang-orang Quraisy  dilanda kesedihan yang tidak pernah mereka rasakan sebelumnya. Sejak saat itu, Rasulullah saw memberikan nama kepada Umar al-Faruq". (Tarikh Umar bin Khaththab).

Dari Shuhaib bin Sinan ar Rumi, dia berkata,"Ketika Umar masuk Islam, barulah Islam menampakkan diri dan dakwah dilakukan secara terang-terangan. Kami berani duduk-duduk secara melingkar disekitar Baitullah, melakukan thawaf, mengimbangi perlakuan orang yang kasar kepada kami, serta membalas sebagian yang diperbuatnya". (Tarikh Umar bin Khaththab).


Ibnu Mas'ud sering berkata,"Sebelumnya, kami tidak berani melakukan shalat di sisi ka'bah hingga Umar masuk Islam". (Mukthtashar as Sirah, Syaikh Abdullah al Jundi).

Abdullah bin Mas'ud berkata,"Kami senantiasa merasakan izzah (harga diri yang tinggi) sejak Umar masuk Islam". (HR. Bukhari, Bab Islamnya Umar bin Khaththab).

Semoga bermanfaat...
Wassalamu'alaikum.....

:)
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori