Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Pabrik Rokok PHK Besar-besaran, Menaker Kirim Mediator

74e16ea52e4c611ede44bc0782cb7444

Kementerian Tenaga Kerja telah mengirim tim untuk melakukan mediasi antara karyawan dengan pabrik rokok yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara besar-besaran.

Tim itu, menurut Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri akan berdiskusi dengan perusahaan agar PHK tak terjadi.

"Kita kirim tim untuk mediasi, kalau ada (masalah) begitu kita rembug, jangan langsung PHK," kata Hanif di Kementerian Tenaga Kerja, Jakarta, Rabu 26 November 2014.

Hanif mengimbau, agar pengusaha jangan langsung melakukan PHK jika ada masalah di perusahaannya. "Jangan langsung gunakan hak vetonya masing-masing begitu," lanjutnya.

Sementara itu, untuk buruh, Hanif juga meminta jangan melakukan demonstrasi yang berujung pada kerusuhan dan merusak fasilitas umum. Sebab, hal itu justru akan mempersulit mediasi.

"Jika seperti itu, tidak ada yang simpati, sehingga ke depan lebih susah," lanjutnya.

Sebelumnya, beberapa perusahaan rokok besar seperti Bentoel, Sampoerna, dan Gudang Garam melakukan PHK dan menawarkan pensiun dini kepada karyawannya.

Bentoel Group menawarkan pensiun dini kepada 1.000 dari 8.000 karyawannya. Hal itu dilakukan untuk mengikuti efisiensi perusahaan, akibat turunnya pasar rokok dan naiknya ongkos produksi.

Sumber :cool:

Komentar

  • Wah, ternyata pabrik raksasa seperti Bentoel, Sampoerna, dan Gudang Garam saja sudah mengalami krisis sehingga banyak terjadi PHK.
    Warning buat pabrik2 lain nih. Untung pabrik tempat saya bekerja (Produksi Bedding Goods, Pillow, Geo Textile dan lain-lain) belum menunjukkan tanda2 seperti itu, kasihan juga soalnya kalau harus PHK. Semoga negeri ini bisa segera stabil pertumbuhan ekonominya. Aamiin
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!