Contact Us

Uniknya Bahasa Jawa vs Indonesia (multitafsir)

Suatu komunikasi yang terjalin diantara manusia sangatlah penting demi tersampaikannya suatu informasi. Bermacam-macam jenis komunikasi dapat mempermudah bagi kedua pihak yaitu sang pemberi informasi dan penerima informasi untuk menyampaikan apa yang menjadi tujuan kedua pihak. Salah satu bentuk komunikasi yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah dengan berbicara antara satu sama lain sehingga terjalin suatu hubungan yang lebih akrab, namun kadang salah satu masalah yang sering menjadi ganjalan saat berkomunikasi yaitu adalah adanya perbedaan bahasa. Indonesia memang mempunyai banyak suku dan bahasa yang berbeda-beda sesuai dengan daerahnya masing-masing. Perbedaan bahasa inilah yang sering menimbulkan keunikan-keunikan tersendiri yang menarik untuk diulas. Salah satu bahasa daerah yang populasinya terbesar di Indonesia yaitu adalah bahasa jawa. Ada hal unik yang dalam bahasa jawa yang tidak dimiliki bahasa indonesia.

555674490fc5e4c16f25947c3dd75f4a.jpg


"Dalam bahasa Indonesia satu kegiatan disebut dengan satu kata, berbeda dengan bahasa jawa satu kegiatan bisa dibagi lagi menjadi beberapa sub kata yang mempunyai arti kata yang berbeda"


Misalnya :


a )  Dalam bahasa Indonesia  orang yang terjatuh disebut “jatuh” walaupun posisinya berbeda-beda, sedangkan dalam bahasa jawa terjatuh dinamakan berdasarkan posisinya jatuh, jika jatuhnya ke depan maka disebut “njlungup” , jika jatuhnya ke belakang disebut “nggeblak atau njungkel”, jika jatuhnya ke samping disebut “njengkang”, jika jatuh dari atas ke bawah disebut “njeblok”


"Dalam bahasa Indonesia satu kata hanya untuk mengungkapkan satu keadaan, berbeda dengan bahasa jawa satu kata memaknai satu keadaan yang terjadi, jadi kata dapat berubah sesuai keadaan"


Misalnya :

b)  Dalam bahasa Indonesia menyebut warna merah hanya warna merah saja walaupun merahnya merah sekali. Sedangkan dalam bahasa jawa kata merah adalah “abang” namun jika merahnya merah sekali dalam bahasa jawa adalah “abing”


Mungkin 2 contoh diatas hanya sebagian keunikan yang dimiliki bahasa jawa yang tidak dimiliki bahasa Indonesia yang mungkin jarang diketahui. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagi anda dan menambah pengetahuan anda mengenai bahasa jawa.



http://sebaiknyaanda-tahu.blogspot.com/2014/11/keunikan-bahasa-jawa-yang-tidak.html?m=1


~~~
sent from TapaTalk for SmartPhone*
never feel bother....

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori