Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Kebudayaan Yang Indonesia Banget

[align=justify][align=center]SELAMAT DATANG DI THREAD SAYA![/align]

[align=center]
*perhatian: thread ini adalah buatan nubi, bila ada kesalahan, mohon ditegur, terima kasih*
[/align]
[align=center]
*mudah-mudahan juga gak repost*
[/align]


Hallo Ndan, disini saya mau share tentang beberapa kebudayaan yang ada di Indonesia nih. Ternyata selain kekayaan dan keindahan alam yang berlimpah, Indonesia juga merupakan Negara yang kaya akan keanekaragaman budayanya yang patut dipertahankan kelestariannya. Hampir disetiap daerah dan suku di Indonesia memiliki seni dan budaya tradisionalnya masing-masing.

Yuk kita liat, cekidot!
1. Karapan Sapi, Madura, Jawa Timur

Tradisi khas masyarakat Madura yang merupakan hiburan dan ajang pesta rakyat yang telah menjadi tradisi turun temurun. Pada perlombaan ini sepasang sapi menarik semacam kereta dari kayu dengan seorang joki yang berdiri untuk mengendalikannya. Buat Anda yang ingin menyaksikan tradisi perlombaan ini ada baiknya datang ke Madura sekitar bulan Agustus – Oktober.
de48ee232ffdee940721318b8d58a2da.jpeg.850x500_q85.jpg
2. Reog Ponorogo, Surabaya, Jawa Timur

Budaya yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. Saat dipentaskan biasanya terdiri dari 2 sampai3 tarian pembukaan. Tarian pertama dibawakan oleh 6 sampai 8 pria gagah berani dengan pakaian serba hitam, dengan muka dipoles warna merah, menggambarkan sosok singa yang pemberani. Tarian kedua dibawakan oleh 6 sampai 8 wanita yang menaiki kuda. Adegan terakhir adalah singa barong, dimana pelaku memakai topeng berbentuk kepala singa dengan mahkota yang terbuat dari bulu burung merak.
Tarian ini bisa juga dipentaskan pada acara pernikahan, khitanan dan hari-hari besar Nasional. Uniknya Ndan, jika dipentaskan pada saat acara pernikahan maka nantinya yang akan dipentaskan terdapat adegan percintaan. Sedangkan jika dipentaskan pada saat acara khitanan maka nantinya yang akan dipentaskan terdapat cerita tentang pendekar.
8bc9062960d96513fb80bb540727851e.jpeg.850x500_q85.jpg
3. Hombo Batu, Nias, Sumatera Utara

Ada yang unik dari tradisi ini terutama untuk Ndan-Ndan sekalian nih. Tradisi ini merupakan ritual budaya untuk menentukan apakah seorang pemuda dapat diakui sebagai pemuda yang sudah dewasa atau belum. Para pemuda itu akan diakui sebagai lelaki pemberani dan memenuhi syarat untuk menikah apabila dapat melompati sebuah tumpukan batu yang dibuat sedemikian rupa yang tingginya lebih dari dua meter. Wahhh, apakah Anda tertarik untuk datang dan mencobanya?
16daf78f4aaaa5c59373983bef54ef59.jpeg.850x500_q85.jpg
4. Tekun Tenun, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Sebuah kebiasaan yang telah dilakukan turun temurun bagi para wanita di Desa Sade, Lombok. Dibuat dari tangan-tangan kreatif mereka dengan menggunakan alat-alat tradisional yang masih sederhana, namun kualitas yang dihasilkan tidak kalah dengan cara pembuatan dengan mesin canggih. Buat Ndan yang lagi mampir di Lombok kain tenun ini rekomen banget nih buat jadi oleh-oleh.
716ca2679770a9f47fb1332088fad833.jpeg.850x500_q85.jpg

[align=center]Nah, kebudayaan yang ada sangat perlu untuk dikembangkan dan harus tetap dipertahankan kelestariannya, terutama oleh para generasi muda saat ini seperti Saya dan Ndan-Ndan sekalian.[/align]


[align=center]Terima kasih sudah mampir ke thread pertama Saya. Semoga bermanfaat.
[/align]

[align=center]Kalau Ndan sekalian mau menambahkan, silahkan..[/align]

Sumber
Ane dapet foto-foto keren ini dari sini gan:
- Karapan Sapi
- Reog Ponorogo
- Hombo Batu
- Tekun Tenun

[align=center]Kalo Ndan-Ndan juga punya foto-foto keren, bisa share juga kok di web situ. Karena tujuannya adalah mengenalkan Indonesia kepada dunia melalui mata orang Indonesia.[/align]
[/align]

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori