Contact Us
MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia

Jenis-jenis lem dan fungsinya

Lem adalah zat atau bahan perekat yang berfungsi merekatkan dua bagian(sisi) suatu benda.Secara garis besar material pembentuk lem terbuat dari bahan alami maupun bahan sintetis.

Lem yang terbuat dari bahan alami biasanya menggunakan campuran air sebagai pelarutnya sehingga kekuatannya akan melemah ketika terkena air akan tetapi jenis lem ini tidak mudah terbakar.Sedangkan lem sintetis menggunakan pelarut kimia dan lem akan mengering setelah pelarutnya menguap akan tetapi jenis lem ini sangat mudah terbakar.

Untuk jenis lem yang terbuat dari bahan alami waktu keringnya cenderung lambat tapi hasilnya lebih kuat dan awet.Sedangkan jenis lem yang terbuat dari bahan sintetis waktu keringnya lebih cepat akan tetapi hasilnya kurang kuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan jenis lem dari bahan alami.

Lalu ada juga jenis lem yang terdiri dari dua bagian yaitu epoxy dan hardener.Epoxy berisi lem yang sebenarnya sedangkan hardener berfungsi sebagai katalis atau pengeras.Lem jenis ini sangat bagus untuk merekatkan logam misalnya untuk pengisi bagian yang penyok pada bodi mobil tetapi lem ini harus dicampur dengan benar agar bisa bekerja dengan baik.

Ada beberapa merk lem yang dapat Anda temukan di pasaran sesuai dengan jenis dan fungsinya masing-masing antara lain:

1.Lem Aica Aibon
Lem Aica Aibon adalah lem perekat serbaguna bisa digunakan untuk merekatkan aika melamin/hpl,logam,beton,papan fiber,kulit asli/imitasi,kayu,karpet plywood,packing mesin,tambal ban,plastik(kecuali polyethillene dan polyvinychloridde) dan sebagainya.

Cara Pemakaian

1.Bersihkan dan keringkan kedua permukaan dari segala kotoran dan minyak
2.Oleskan AICA AIBON secara merata sebanyak 150-230 gram permeter persegi
3.Tunggu 10-20 menit untuk menguapkan pelarutnya sampai kering(tidak lengket kalau disentuh)kemudian tempelkan kedua permukaan yang telah dioles dan tekan secara merata

Peringatan
1.Kaleng harus selalu ditutup rapat
2.Jangan dihirup dapat menyebabkan keracunan


2.LEM FOX

Lem Fox adalah lem putih yang bisa digunakan untuk penempelan kayu,kertas,koraltex,texture dan bisa juga untuk plamur tembok.Cara pakainya yaitu poleskan lem ini dengan tipis dan merata pada satu permukaan. Kedua bagian ditempelkan dan diberi tekanan secukupnya bila dikehendaki bisa diencerkan dengan air 5-10 %.Untuk plamur tembok satu bagian lem ini dengan dua bagian calcium carbonat serta satu bagian semen putih.Tambahkan air secukupnya dan aduk sampai rata


3.Lem Isarplas
Lem isarplas adalah lem yang berguna untuk merekatkan pipa atau fitting pvc.Aturan pakainya yaitu bersihkan pipa/fitting yang akan disambung dan poleskan dengan lem isarplas.Sambungkan kedua bagian sewaktu lem masih basah.Biarkan sambungan tersebut sehingga lem menjadi keras.




4.Lem G(Lem Korea)

Lem G adalah lem serbaguna terbuat dari bahan Cyanocrylate Etil yang bisa digunakan untuk melekatkan plastik,kayu,karet,logam,kulit,keramik.Cara penyimpanan hindari dari cahaya matahari simpan ditempat kering dan sejuk.


5.Lem Dextone

Lem Dextone atau Dextone Epoxy Adhesive adalah lem epoxy yang dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas tinggi dengan dua komponen resin dan hardener,aduk dan oleskan.Lem ini akan merekatkan besi,baja,tembaga,plastik,kayu,keramik dan aneka bahan lainnya.
lem ini tahan dan kuat terhadap temperatur tinggi dan sangat luar biasa dalam segala macam hal pemakaian untuk speaker,pecah belah,perabot rumah tangga,radiator bocor,perhiasan,mainan,tangki dan lain-lain.

Cara pemakaian
-Bersihkan dan keringkan bagian-bagian yang akan direkatkan,lalu tekan keluar resin dan hardener dalam jumlah yang sama.
-Aduk resin dan hardener hingga merata,lem akan mulai mengeras dalam 5 menit.
-Oleskan pada bagian yang akan diperbaiki lalu gabungkan dengan permukaan lainnya selama 10 menit.
-Tunggu hingga 3 jamagar benar-benar keras daya rekat maksimal akan diperoleh dalam 16 jam.



6.Lem Sealant


Silicone Rubber Sealant adalah silikon asam acetat curing, yang memiliki daya rekat luar biasa dengan kaca, kayu, karet, kanvas, beberapa plastik termasuk polystyrene ,kaca keramik dan permukaan bangunan.Silikon berkinerja tinggi ini telah formulasikan untuk kaca dan konstruksi akuarium.

sumber : http://www.supplierbaut.com/article-detail-184-jenisjenis-lem-dan-fungsinya.html
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori