Contact Us
MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia

Minum Kopi di Bangka dan Belitung

Gelas berukuran mungil disodorkan di hadapan Anda. Kopi hitam yang disebut 'kopi o' memantulkan cahaya lampu yang menyinari meja kecil yang cukup mengakomodir 4 tamu. Memang sedikit lebih sempit bila dibandingkan dengan sebuah café modern di Jakarta. Akan tetapi, kemesraan sebuah persahabatan menjadi sangat kental terasa, sekental susu dalam teh tarik yang dipesan pengunjung di warung kopi yang mempertahankan gaya kesederhanaan Pangkalpinang tahun 1940-an. Sebutkan nama Tung Tau dan setiap warga Pangkalpinang tentu akan mengetahuinya sebagai salah satu warung kopi termahsyur di Pulau Bangka.

DSC03620%20Warung%20Kopi%20Legendaris%20Tung%20Tau,%20Pangkalpinang,%20Bangka.jpg

WARUNG%20KOPI%20TUNG%20TAU%20PANGKALPPINANG%20%2812%29.jpg

Papan menu segera disodorkan oleh waiter. Desainnya sudah modern tapi menu makanan dan minumannya sangat kental dengan cita rasa Melayu dan Cina abad ke-19 dan 20. Karena beroperasi sepanjang malam dan siang, Waroeng Kopi dan Roti Panggang Tung Tau selalu dikunjungi tamu setiap saat.

Di Belitung sudah umum diketahui, bahwa berita apapun akan menjadi besar bila sudah dibicarakan di warung kopi. Tidak heran sumber berita tercepat adalah warung kopi. Muncul kabar yang berputar sekitar kisah kopi di Belitung, bahwa warung kopi di ujung pasar pagi tepi sungai memiliki aroma dan rasa yang tak tertandingi. Didirikan sejak tahun 1945, warung kopi ini tetap kecil namun punya rasa yang melebihi ruangannya.

Menariknya, di sebuah kota yang terdapat di tepi timur Pulau Belitung, yaitu Manggar, warung kopi muncul sebagai bisnis yang sangat umum, lebih banyak dari jumlah masjid, kelenteng, atau geraja yang ada. Karena itu, Kota Manggar disebut sebagai Kota 1001 Warung Kopi.

Beberapa tempat ngopi yang perlu dikunjungi di Bangka berikut ini.

1. Waroeng Kopi dan Roti Panggang Tung Tau

Jalan Muhidin No. 87 – Kota Sungailiat, Bangka. Perjalanan ke Sungailiat sekira 45 menit mengendarai mobil atau motor dari Pangkalpinang. Tempatnya berada di sebuah pojok jalan dan pernah dikunjungi berbagai selebritis kuliner. Warung ini yang pertama kali didirkan oleh Fung Tung Tau tahun 1938 dan akhirnya dilanjutkan hingga sekarang oleh anak cucunya.

Jalan Sudirman No. 74 – Kota Pangkalpinang, Bangka. Berada di antara bank, toko-toko modern di ruas jalan yang paling hidup dengan toko cenderamata, restoran, dan café, warung kopi ini menjadi pembeda dan paling nyaman untuk menikmati malam.

Jalan Depati Hamzah, Semabung Lama, Bangka. Tak jauh dari Pangkalpinang, warung kopi ini didirikan di sebuah ruko modern dengan sentuhan lebih modern tetapi tetap mempertahankan sentuhan zaman dulu.

2. Kingkong Kopitiam di Jalan Sudirman, Pangkalpinang, Bangka, tak jauh dari Tung Tau.
3. Kopi Taman – Jalan Balai, Pangkalpinang, Bangka.
4. Teras Kopi Gotaji – Jalan Abdurrahman Siddik, Pangkalpinang, Bangka.
5. Belitong Timpo Duluk – Jalan Mat Daud, Kampung Parit, Tanjung Pandan, Belitung. Suasana rumah tradisional yang dihidupkan lagi dengan desain paling apik di Pulau Belitung. Kopinya sungguh menghidupkan hari Anda setelah berkunjung ke tempat ini.
6. Warung Kopi Gang 60 – Kota Tanjung Pandan, Belitung. Warung sederhana untuk backpacker dan bertemu dengan warga lokal yang suka berbincang-bincang.
7. Kopi Belitung Rumah Kata Andrea Hirata (Laskar Pelangi) – Jl. Laskar Pelangi, Gantung, Belitung Timur. Nuansa rumah ‘jadul’ yang memang asli dari 200 tahunan lalu, dihidupkan lagi oleh Andrea Hirata, penulis Laskar Pelangi. Kopi seduhan Mas Sandi yang menjaga rumah tua itu begitu nikmat, siang, sore, maupun pagi.
8. Kedai Kopi Atet – Kota Manggar, Belitung Timur. Satu jam perjalanan menyusuri jalur luar kota yang mulus dan halus membuatnya tak terasa dan sangat sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan di Kota Manggar yang asri. Setiap kedai kopi punya rahasia rasa sendiri.
9. Warung Kopi Kongfu – Jalan Jend. Sudirman No. 41, Manggar, Belitung Timur.
10. Warung Kopi Angi – Jalan Jend. Sudirman No. 43, Manggar, Belitung Timur.
11. Warung Kopi Ali – Jalan Masjid Agung Assalaam (pinggir kolong hijau). Salah satu warung kopi tertua di Manggar.

sumber : http://www.mobil-sewa.com/detailnews-55.html
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori