Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

tips memasang jendela pada rumah

6jendela.jpg

Jendela rumah adalah salah satu hal yang penting dalam sebuah bangunan rumah. Anda perlu memiliki jendela rumah ketika membangun rumah.


Letak Jendela Rumah


Barangkali anda pernah bertanya-tanya mengenai letak jendela rumah ketika anda ingin membangun rumah. Dimanakah peletakan jendela rumah yang bagus? Begitu mungkin. Well, berikut ini ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan anda.


• Untuk sirkulasi udara yang baik, peletakan jendela rumah atau bukaan di bagian dinding sebelah atas. Hal ini dimaksudkan karena aliran udara panas selalu bergerak ke atas. Dengan adanya ventilasi pada rumah tinggal tentunya akan mengurangi udara panas dalam ruang.

• Anda dapat membuat kanopi atau konsol beton yang diletakkan diatas jendela agar sinar matahari tidak langsung masuk ke dalam ruangan.

• Agar pergerakan udara lancar serta optimal, letakkan jendela pada sisi yang bersebrangan atau siku pada dua sisi dinding.



Perhitungan Jendela Rumah


Jika Anda kesulitan dalam menghitung luas jendela rumah yang Anda perlukan dalam ruangan, berikut ini trik mudah untuk untuk mengatasinya. Perhatian luas ruangan yang Anda punya . total luas jendela yang ideal kurang lebih 1/6 – 1/ 8 luas lantai ruangan. Unrtuk lubang penghawaan besarnya kira – kira 1/ 2 luas jendela.


Memperkirakan Luas Bukaan pada Rumah

Untuk luas bukaan atau ventilasi pada rumah tinggal dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera penghuni rumah. selain itu, bentuk bangunan dan arah aliran angin disekitar bangunan juga dapat mempengaruhi luas bukaan yang ada. Besar kecilnya bukaan bergantung pada fungsi ruang dan besarnya potensi menghasilkan panas. Untuk ruang dapur tentu harus mendapat bukaan yang lebih dari pada tempat lain. Sebaiknya sirkulasi udara pada sebuah bangunan berkisar antara 40 – 80% dari luas dinding secara keseluruhan.

sumber : HERE
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori