MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia
Contact Us

Saatnya MA Mereformasi Diri !

Saatnya MA Mereformasi Diri !

Saya membaca dari media online bahwa permohonan pengujian terhadap Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 Tentang PERUBAHAN KEDUA ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 32 TAHUN 1999 TENTANG SYARAT DAN TATA CARA PELAKSANAAN HAK WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN (http://www.kemendagri.go.id/media/documents/2012/12/13/p/p/pp_no.99-2012.pdf) ditolak oleh Mahkamah Agung (MA).Saya sendiri belum baca putusannya. Konon baru ada di website MA yang mengatakan bahwa permohonan ditolak.

Saya tidak tahu apa pertimbanan hukum MA menolak permohonan tersebut, sehingga tidak bisa berkomentar apa-apa. Sebagaimana dimaklumi sidang Judicial Review (JR) di MA bersifat tertutup, beda dengan JR di Mahkamah Konstitusi (MK). Pemohon hanya mengirimkan permohonan, lalu menunggu. Pemohon tidak tahu apa yang terjadi. Tiba saatnya, membaca website MA, baru tahu permohonan diterima atau ditolak.

Sudah lama saya mengeluhkan hukum acara MA terkait JR yang tertutup seperti pemeriksaan Kasasi saja. Selain tertutup, model perkara JR di MA mengikuti gaya pengadilan Tata Usaha Negara (TUN). Setahun yang lalu saya sudah sampaikan saran kepada Ketua MA, Hatta Ali, baiknya MA memperbaharui hukum acara JR, agar ada sidang, bukan hanya membaca berkas. Tapi sampai sekarang masih begitu saja, tidak ada perubahan apa-apa.

Seandaianya ada persidangan yang terbuka, Pemohon dapat dengan leluasa menjelaskan argumentasi dan alat bukti permohonannya. Pihak yang menerbitkan peraturan yang di JR juga leluasa mempertahankan argumentasinya. Biarkan ada perdebatan, dan hakim juga leluasa bertanya kepada para pihak untuk menggali materi JR lebih dalam. Dengan cara itulah hakim akan mampu membuat pertimbangan hukum yang mendalam untuk kabulkan atau tolak permohonan JR.

Saatnya MA mereformasi diri untuk meningkatkan kualitas putusannnya. Hanya dengan cara itu MA akan menjadi berwibawa di mata para pencari keadilan.

Ditulis oleh Prof. Yusril Ihza Mahendra
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!