Contact Us

Curik Bali Terancam Punah

[size=large]Curik Bali Terancam Punah, Bali Safari Menggagas Program Konservasi[/size]


curik_bali.jpg




Bali, Sigmanews.co.id - Apa yang terpikirkan ketika mendengar nama Curik Bali? Salah satu satwa endemik yang menjadi khas dari pulau dewata ini telah menjadi bagian dari satwa langka yang terancam punah. Lantas apakah kita akan berpangku tangan menyaksikan burung bernama latin Leucopsar Rothschildi yang memiliki keterkaitan dengan tanah bali ini terabaikan begitu saja? Untuk itulah Bali Safari & Marine Park yang tergabung dalam Asosiasi Pelestari Curik Bali (APCB) menyelenggarakan kegiatan ‘Sosialisasi Program Konservasi Curik Bali’ pada (14/12) lalu kepada masyarakat Desa Serongga, Lebih dan Medahan sebagai desa-desa yang berada di sekitar Bali Safari & Marine Park.

Melalui kegiatan yang diselenggarakan di Lobi Teater, Bali Safari & Marine Park, APCB bersama Bali Safari & Marine Park mengajak masyarakat untuk turut mendukung pelestarian curik bali baik ex-situ maupun in-situ. Selain sebagai desa budaya, diharapkan juga ke depannya desa-desa penyangga Bali Safari & Marine Park menjadi desa konservasi, terutama terhadap spesies langka burung Curik Bali.

Curik Bali, dengan karakteristik bulu yang dominan putih dengan ujung sayap dan ekor berwarna hitam serta kulit di sekitar mata yang berwarna biru ini mengalami penurunan populasi yang kian mengkhawatirkan. Hal ini membuat peran masyarakat, pemerintah, lembaga konservasi hingga LSM terkait perlu untuk turut ambil andil dalam upaya pelestariannya.

Tony Sumampau, Ketua APCB, serta Board Director of Taman Safari Indonesia mengatakan, “Semakin langkanya populasi Curik Bali membuat kami dari Asosiasi Pelestari Curik Bali (APCB) merasa khawatir dan kemudian mengajukan usul kepada pemerintah agar masyarakat diberi ijin dalam memelihara Curik Bali, tentunya dengan mengikuti seluruh aturan dan kaidah-kaidah yang berlaku.”


Info Selengkapnya :
http://sigmanews.co.id/id/read/7725/curik-bali-terancam-punah-bali-safari-menggagas-program-konservasi-.html#sthash.vfP6vrWs.dpuf

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori