Contact Us

Empat Jenis Pencahayaan Ruangan

47pencahayaan%20ruangan.jpg

Pernahkan Anda memerhatikan tata cahaya ruang di lobi atau selasar hotel? Terkadang tidak terlalu terang, tetapi nyaman dan indah untuk dinikmati. Memang, pencahayaan mampu menyempurnakan dekorasi ruangan jadi semakin indah dan menciptakan nuansa bagi sebuah ruangan.

Akan tetapi, menciptakan suasana ruangan lewat tata cahaya bukanlah hal mudah. Selain mengetahui fungsi dan tujuan pencahayaan tersebut, Anda juga harus mengetahui jenis lampu, penempatan lampu, dan warna cahaya yang cocok dipakai.

Dilihat berdasarkan fungsi, ada empat jenis cahaya buatan yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik tata cahaya ruangan di rumah:

General Lighting
General Lighting atau ambient lighting merupakan pencahayaan untuk keseluruhan ruangan. Pencahayaan jenis ini harus membuat penghuni melihat segala sesuatu di ruangan dengan jelas—tanpa menafikan kenyamanan mata.

General lighting dapat menggunakan lampu gantung, down light, chandelier, lampu langit-langit, dan lain-lain. Luas, warna, dan dekorasi ruangan akan memengaruhi intensitas cahaya yang diperlukan.

Ada baiknya Anda menggunakan beberapa lampu yang dilengkapi dengan dimmer, sehingga cahaya dapat diatur berdasarkan kebutuhan.

Decorative Lighting
Pencahayaan dekoratif atau focal lighting memerlukan lampu yang memiliki bentuk menarik sekaligus memberi karakter bagi ruangan yang diteranginya. Pencahayaan jenis ini bisa diperoleh lewat lampu gantung, chandelier, light strip, atau lampu dinding—yang juga dapat digunakan untuk general lighting.

Task Lighting
Task lighting atau pencahayaan terarah dibuat untuk tujuan tertentu. Cara ini akan memberikan lebih banyak cahaya pada area tertentu, lebih banyak daripada yang cahaya sekitar.

Lampu meja atau lampu gantung di langit-langit merupakan contoh pencahayaan ini. Sebuah lampu meja di ruang kerja dapat memberikan pencahayaan tambahan yang diperlukan untuk membaca buku atau surat kabar.

Accent Lighting
Pencahayaan dengan aksen merupakan serupa dengan pencahayaan terarah, tetapi mampu menghadirkan nuansa berbeda melalui bentuk-bentuk visual yang menarik.

Biasanya pencahayaan ini khusus menyorot bagian tertentu di ruangan, seperti lukisan ukiran, tanaman, dan barang berharga lainnya. Bisa juga dibuat untuk menonjolkan tekstur dinding atau tirai.

Pencahayaan jenis ini setidaknya memerlukan tiga kali lebih banyak cahaya pada titik fokus dibanding pencahayaan di sekitarnya. Anda dapat menggunakan track light, lampu canister, atau lampu dinding untuk membuat pencahayaan beraksen.

sumber : HERE
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori