Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Kristen Bertanya Kepada Islam. ( Good)

Komentar

  • Bagus, video yang bagus.
    Saya bahkan baru tahu kalau Alexander Agung ternyata beragama katolik. :)

    Sepanjang yang saya tahu, nama "catholic" pertama kali disebutkan dalam surat Kisah para rasul 9:31, yang berasal dari kata “Ekklesia Katha Holos“. Nama ‘Gereja Katolik’ baru resmi digunakan pada awal abad ke-2 (tahun 107), ketika Santo Ignatius dari Antiokhia menjelaskan dalam suratnya kepada jemaat di Smyrna 8, untuk menyatakan bahwa Gereja Katolik adalah Gereja satu-satunya yang didirikan Yesus Kristus, untuk membedakannya dari para heretik pada saat itu -yang juga mengaku sebagai jemaat Kristen- yang menolak bahwa Yesus adalah Allah yang sungguh-sungguh menjelma menjadi manusia. Ajaran sesat itu adalah heresi/ bidaah Docetisme dan Gnosticisme. Coba dilihat disini.

    Untuk natal, umat kristen mulai merayakannya sekitar tahun 200 M. Sedangkan dewa matahari, mulai dirayakan pada tahun 274 M. Hanya saja catatan pertama perayaan natal ditulis pada tahun 336. Untuk perbedaan tanggal, ada baiknya jika kita mengetahui sejarah tentang kalender julian dan kalender gregorian untuk menambah wawasan.

    Untuk konsili nicea. Pertanyaan-pertanyaan seperti, apakah Yesus baru dituhankan melalui konsili nicea, apakah alkitab baru dibuat pada konsili nicea, dsb, itu muncul jika memang tidak mengetahui sejarah gereja perdana.

    Untuk 10 perintah Allah, berasal dari Perjanjian Lama Surat Keluaran 20. Memang ada perbedaan antara katolik dan protestan (mengingat pembicara dalam youtube diatas adalah mantan pendeta protestan). Katolik mengikuti penomoran St. Agustinus, dan protestan mengikuti penomoran Origen. Berikut perbedaannya ;
    1. Akulah Tuhan, Allahmu: Jangan ada allah lain di hadapan-Ku. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit dan di bumi, dan jangan sujud menyembah kepadanya (ay. 2, 3, 4, 5)
    2. Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat (ay.7)
    3. Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat/ hari Tuhan (ay.8)
    4. Hormatilah ayahmu dan ibumu (ay.12)
    5. Jangan membunuh (ay.13)
    6. Jangan berzinah (ay.14)
    7. Jangan mencuri (ay.15)
    8. Jangan mengungkapkan saksi dusta tentang sesamamu (ay.16)
    9. Jangan mengingini isteri sesamamu (ay.17 a)
    10. Jangan mengingini hak milik sesamamu (ay. 17 b)
    1. Akulah Tuhan, Allahmu yang membawa engkau keluar dari Mesir, dari tempat perbudakan (ay. 2,3)
    2. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit, di bumi dan di dalam bumi. (ay. 4)
    3. Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan sembarangan (ay.7)
    4. Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat/ hari Tuhan (ay.8)
    5. Hormatilah ayahmu dan ibumu (ay.12)
    6. Jangan membunuh (ay.13)
    7. Jangan berzinah (ay.14)
    8. Jangan mencuri (ay.15)
    9. Jangan mengungkapkan saksi dusta tentang sesamamu (ay.16)
    10. Jangan mengingini rumah sesamamu, jangan mengingini isterinya, atau apapun yang menjadi milik sesamamu (ay. 17)
    Lihatlah perbedaannya, dan saya tidak heran kenapa pembicara diatas mengatakan hal seperti itu. Jika memang mengikuti penomoran origen, maka berdosalah semua pemahat dan pelukis di dunia karena menentang perintah Allah yang ke-2.

    Kita harus paham dulu apakah berhala itu. Adalah benda yang dibuat oleh manusia yang kemudian disembah, didewakan, atau dipuja. Apakah berarti umat Islam menyembah berhala jika bersujud menghadap hajar aswad? Saya jawab TIDAK!! Apakah artinya umat Islam menyembah berhala jika memasang gambar الله dan محمد‎ ? Saya jawab TIDAK!! Apakah katolik menyembah berhala ketika Allah sendiri mengutus Musa membuat patung ular pada tiang? (Bil 21:8-9; Yoh 3:14; Kel 25:1,18-20; 1Taw 28:18-19; 1Raj 6:23-35, 7:23-26; Yos 7:6; Yeh 41:17-18).

    Saya punya 2 buah kertas HVS, anggap saja kertas A dan B.
    Kertas A saya biarkan kosong, dan kertas B saya masukkan printer dan kemudian tercetak wajah ibu yang melahirkan anda.
    Setelah itu, saya meludahi kertas A, saya remas-remas, saya sobek, saya injak-injak dan saya kencingi. Apakah anda marah? Kenapa?
    Saya memperlakukan hal yang sama pada kertas B dimana kertas itu ada gambar ibu yang telah melahirkan anda. Apakah anda marah? Kenapa? Saya hanya melakukan hal itu pada selembar kertas .. ..
  • atas

    postingan yang cerdas dan halus tp tepat..
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!