MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia
Contact Us

5 Pantai Eksotis Yang Wajib Dikunjungi Di Malang

Berwisata ke pantai di akhir pekan atau saat liburan pastinya akan menyenangkan. Pemandangan alam laut yang memukau akan membuat pikiran kita menjadi segar. Tak perlu jauh-jauh ke Bali yang menjadi surga pecinta pantai di Indonesia. Di Pulau Jawa ada banyak pantai eksotis yang belum terjamah, misalnya di kota Malang. Berikut ini beberapa destinasi wisata pantai di Malang yang eksotis:

1. Pantai Sendang Biru
pantai-sendang-biru-pulau-sempu-23.jpg
Pantai Sendang Biru berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumbermanjing, tepatnya 30 km bagian selatan Malang. Pantai indah ini berada di Samudera Hindia yang terhalangi oleh sebuah pulau tak berpenghuni. Nama ‘sendang biru’ berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti ‘sumber air yang berwarna biru’. Di pantai ini masih ada tradisi yang unik. Wisatawan yang ingin menyeberangi laut menuju Pulau Sempu harus mengambil air tawar yang dinilai keramat. Jika Anda ingin menyaksikan tradisi tersebut datanglah ke Pantai Sendang Biru pada tanggal 7 dan 8 bulan Syawal. Di sini para pengunjung bisa melihat sebuah telaga yang sangat mempesona bernama Telaga Anakan. Tiket masuk pantai ini adalah Rp 5.000,- per orang.

2. Pantai Balekambang
Pantai-Balekambang-Malang1.jpg
Pantai Balekambang berada di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, sekitar 70 kilometer arah selatan Kota Malang, Jawa Timur. Pantai ini landai dan dipenuhi dengan karang laut yang membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 meter ke arah laut. Pantai yang dijuluki Tanah Lot-nya Jawa ini cukup menawan dan layak dikunjungi, khususnya di akhir pekan. Suasananya sangat asri, pantainya juga bersih dan terawat. Pasir putih sepanjang dua kilometer berpadu dengan ombak yang menggulung sungguh memanjakan mata pengunjung. Pantai Balekambang memiliki semua fasilitas yang diperlukan wisatawan, mulai dari warung makan tradisional, restoran, penjaga pantai, toko suvenir, toilet umum, camping ground, kantor informasi, bungalow sederhana, mushola dan pendopo, hingga penginapan. Bahkan kini ada wahana flying fox. Harga tiket masuk lokasi wisata ini adalah Rp 15.000 per orang.    

3. Pantai Gua China
gua-china.jpg1_.jpg
Jika Anda sedang berkunjung ke Pantai Sendang Biru, cobalah mampir sejenak ke Pantai Gua China ini. Pantai ini terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Selatan. Pantai Gua China memiliki kisah dan sejarah yang unik. Seperti namanya, di pantai ini terdapat sebuah gua yang menjadi daya tarik tersendiri. Gua ini terlihat memiliki nilai magis yang kuat. Mitosnya, gua ini sering dijadikan sebagai tempat mencari 'nomor keberuntungan'. Terlepas dari mitos tersebut, pesona pantai ini sungguh menakjubkan. Warna air laut yang jernih dan bersih, dibalut oleh pasir putih yang lembut membuat pantai ini wajib dikunjungi. Pohon-pohon seperti cembirit, ketapang, dan pohon jenis tutup berjajar rapi di area pinggir pantai. Tiket masuk ke Pantai Gua China adalah Rp. 4000,- per orang.

4. Pantai Ngliyep
pantai-ngliyep.jpg
Pantai Ngliyep cukup bersih dan sunyi. Anda akan merasakan seolah sedang berada di pantai pribadi. Lokasi Pantai Ngliyep tepatnya berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, sekitar 62 km arah selatan dari kota Malang. Tiket masuk pantai ini adalah Rp 5.000,- per orang. Di pantai ini, wisatawan akan menemui banyak batu karang. Paduan antara pasir putih, tebing yang curam serta kawasan hutan lindung akan membentuk lanskap alam yang indah dan menakjubkan. Setiap tahun, tepatnya pada bulan Maulud dalam penanggalan Jawa, pantai Ngliyep lebih ramai dari biasanya. Tepatnya pada tanggal 15 digelar acara ritual bertajuk upacara Labuhan. Konon upacara Labuhan ini pertama kali dilaksanakan untuk menghindarkan wabah penyakit yang sedang menyerang penduduk desa setempat.

5. Pantai Kondang Merak
kondang-merak1.jpg
Pantai ini terletak di Kecamatan Bantur sekitar 64 km dari kota Malang atau tepatnya berada 2 km di sebelah Pantai Balekambang. Awal mula mengapa pantai ini disebut dengan nama ‘kondang merak’ adalah ketika penduduk setempat sering melihat burung Merak singgah untuk minum air tawar yang ada di sekitar pantai. Kondang Merak merupakan pantai yang masih alami. Selain luas, pasir putihnya bersih dengan ombak yang bersahabat alias tidak terlalu tinggi. Di beberapa bagian pantai dihiasi rindang pepohonan serta batu karang besar yang kokoh dan menambah kecantikan kawasan ini. Keindahan panorama Kondang Merak semakin nyata terlihat kala air laut sedang surut. Ada koral dan ganggang laut yang menyejukkan mata Anda. Sesekali burung elang berterbangan menambah indah suasana. Berwisata ke Kondang Merak akan menjadi pengalaman liburan yang tidak akan terlupakan. Eksotisme Pantai Kondang Merak dapat kita nikmati dengan membayar tiket masuk Rp. 3000 per orang.
    
Kelima pantai di Malang tersebut merupakan pantai yang memiliki daya tarik tersendiri. Ternyata pantai yang nyaman dan indah tak hanya di Bali. Beberapa destinasi pantai tersebut bisa Anda jadikan alternatif wisata ketika di Malang.
(selain itu masih ada beberapa pantai indah lainnya di Malang).

*Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!