Contact Us

Batu Berlayar



Batu Berlayar adalah susunan batu-batu granit raksasa dimana terdapat 2 batu besar yang berdiri vertikal sehingga berbentuk seperti layar dengan pulau pasir putih sebagai kapal nya. Susunan batu seperti itulah yang membuat penduduk Belitung menamakan tempat ini Batu Berlayar. Pulau kecil seukuran lapangan tenis ini anda salah satu lokasi yang bagus untuk anda yang melakukan tour island atau menyelam . Lokasi dapat ditempuh sekitar 15 menit dari pelabuhan Tanjung Kelayang.
Pulau Batu Berlayar terdiri atas 2 batu granite utama yang berdiri vertikal setinggi kurang lebih 10 meter. Di sekitarnya terdapat banyak batu-batu granit dengan formasi yang tidak kalah artistik. Pulau ini terletak tidak jauh dari daratan utama pulau Belitung, masih berada di area pantai Tanjung Kelayang di sisi pantai sebelah Barat.

Ada satu bagian yang unik dari pulau Berlayar, yaitu sebuah batu granit di tepi pantai yang sebagian tertutup air dimana bagian atasnya berbentuk seperti sirip ikan hiu atau mirip juga dengan gigi ikan hiu. Belum ada nama batu ini, jadi mari kita namakan saja Batu Shark Fin (sirip hiu). Batu ini sering diabadikan oleh para fotografer karena bentuknya yang unik dengan mercusuar pulau Lengkuas sebagai latar belakang pemandangan.
Di pulau ini, pasir putih di pulau ini hanya akan tampak pada saat air laut surut, artinya perahu hanya akan bisa berlabuh pada saat air surut juga. Jadi jika anda ingin singgah ke pulau Batu Berlayar ini, harap tanyakan kepada pengendara boat anda kapan waktu yang tepat. Berkunjung ke Batu Berlayar adalah bagian dari tour island hopping yang paling disenangi oleh wisatawan di Belitung.

Laut di sekitar pulau sangat indah dan dangkal, dengan air laut jernih dan banyak juga terdapat terumbu karang. Tetap HATI-HATI, kadangkala ada banyak Bulu Babi (Sea Urchin) sejenis binatang laut berduri seperti landak dengan duri-duri yang tajam setajam jarum. Pastikan anda menggunakan sepatu atau sandal jika berjalan di atas air khususnya di pantai sisi Timur dari pulau ini.

Bagaimanapun juga melakukan aktivitas snorkeling adalah aktivitas yang menyenangkan di sekitar pulau Batu Berlayar ini khususnya di pantai sebelah Barat dimana terdapat banyak terumbu karang dengan ikan yang banyak. Jika anda melakukan snorkeling harap hati-hati karena kadang kala arus laut cukup kuat. Pastikan anda menggunakan jaket pelampung pada saat melakukan aktivitas snorkeling.



3451batu5.jpg

103250batu3.jpg

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori