Contact Us

Awas, Takjil Mengandung Bahan Berbahaya

aneka+kue+basah.jpg
Bulan Ramadhan seperti sekarang ini membuat penjual hidangan-hidangan takjil di pinggir jalan semakin banyak yang bermunculan karena memang ini adalah musimnya sehingga dapat memudahkan kita untuk mendapatkan makanan saat berbuka puasa.

Eitss, tapi anda juga harus waspada lho dengan apa yang di lakukan oleh pedagang-pedagang takjil. Dari hasil survei dadakan oleh BPOM di pasar jajanan yang ada di kawasan Bendungan Hilir Jakarta ditemukan takjil yang mengandung bahan berbahaya dan tentunya rhodamin B. Sudah seperti yang kita tahu bahwa itu adalah bahan yang meliputi perwarna tekstil, boraks dan juga formalin. Itu semua tak hanya buruk untuk kesehatan tapi juga menurunkan daya tahan tubuh.

Menurut Roy Sparingga mengatakan bahwa dari hasil inspeksi itu di temukan sekitar 21% jajanan yang ada disana berbahaya meskipun tahun lalu jumlahnya turun 5%. Jajanan yang berbahaya tersebut meliputi pacar cina, mie, tahu dan juga kue mutiara serta kerupuk asinan.

Menurut Roy bahwa kandungan rhodamin bisa diketahui dari warna panganan yang cenderung lebih menyala dan formalin pada tahu serta mie membuat kondisi makanan tetap bagus dan utuh meskipun sudah lewat 1 hari, lebih lanjut Roy mengatakan bahwa boraks yang ada pada kerupuk akan menyebabkan sedikit warna coklat.

Roy juga akan membimbing para penjual makanan tersebut tentang bahan-bahan yang aman untuk makanan apabila dia yang membuatnya sendiri apabila mereka mengambil dari orang lain maka akan diselidiki lebih lanjut produsennya. Jadi berhati-hatilah kalian jika menemukan takjil-takjil mencurigakan atau jangan-jangan kalian sudah menjadi korbannya?
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori