Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Ini Pengganti Istilah Selamat Ulang Tahun

sunting Agustus 15 dalam Berita Bangga Indonesia
happy+birthday.jpgDi Indonesia, sering kita mendengar ucapan Selamat Ulang Tahun atau Happy Birthday di negara barat dan Selamat Hari Jadi di Malaysia, ketika seseorang yang di kenalnya memasuki tanggal dan bulan kelahirannya di tahun yang baru berjalan.

sepintas ungkapan-ungkapan di atas bermakna sama, yakni ucapan selamat bahagia atas bertambahnya usia seseorang pada tanggal dan bulan lahirnya setiap tahun.

namun yang sering menjadi pertanyaan apakah tepat penggunaan istilah selamat ulang tahun ? apakah benar tahun itu dapat berulang-ulang ? setahu saya yang bukan ahli bahasa, yang namanya tahun yang telah berlalu tidak akan pernah kembali dan terulang lagi, misal kita memulai tahun Masehi dari Tahun 1 sampai sekarang tahun 2013 atau Tahun Hijriyah dari Tahun 1 sampai tahun sekarang 1434H. tidak ada yang berulang dan terus maju seiring perputaran bumi.

sekarang Happy Birthday, saya juga bukan ahli bahasa Inggris, kalau di artikan perkata "Happy"= selamat/gembira, "birthday" = hari lahir, dapat di artikan selamat hari lahir, pertanyaannya betulkah tanggal dan bulan kelahiran seseorang selalu bertepatan dengan hari lahirnya ? tentu tidak meski kadang jatuh bersamaan, kalau tidak salah yang tepat bersamaan saat merayakan sweet seventeen alias 17 tahun.

dalam bahasa Malaysia, istilahnya selamat hari jadi, kurang lebih bermakna sama dengan istilah happy birthday.

sekarang yang menunjukkan arti sebenarnya apa ? kalau menurut saya lebih tepat mengatakan selamat Tanggal dan Bulan lahir, karena yang dirayakan orang-orang setiap tahunnya adalah tanggal dan bulan yang sama, meski tahunnya sudah berganti. apakah kita masih akan terus menggunakan istilah yang tidak tepat, selamat ulang tahun ? atau kita akan menggunakan istilah yang baru "Selamat Ulang Tabul". semua terserah kepada anda...

sumber[/size]

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori